Jangan Putus Asa, Terus Bergerak dan Berdoa Mohon Rezeki kepada TUHAN

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana. (Foto: J5NEWSROOM.COM)

Oleh Dr Aqua Dwipayana

HIDUP makin susah. Banyak orang merasakannya. Situasi ini sangat terasa setahun terakhir. Apalagi gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) semakin besar. Jumlahnya jika ditotal mencapai puluhan ribu orang.

Data di Kementerian Tenaga Kerja, pada periode Januari-Agustus 2024 terdapat 46.240 orang tenaga kerja yang mengalami PHK. Paling banyak di Provinsi Jawa Tengah yaitu sekitar 31,82 persen dari total yang di-PHK.

Hampir setiap minggu, selalu ada yang menyampaikan curahan hatinya kepada saya. Tidak hanya korban PHK, tapi juga yang perusahaannya mengalami kemunduran secara drastis. Dampaknya penghasilan yang diterima berkurang.

Ada yang mengatasinya melalui pinjaman online (pinjol). Masalahnya bukan selesai, tapi makin banyak. Setiap bulan harus mengembalikan pokok dan bunganya yang lumayan besar.

Kepada mereka yang curhat saya tegaskan paling utama harus percaya adanya TUHAN. Selanjutnya yakin semua rezeki dari TUHAN. Paling penting TUHAN tidak akan memberikan cobaan di luar batas kemampuan hambahNya.

Jadi harus yakin seberat apa pun cobaan kepada seseorang termasuk mengalami PHK, bakal ada solusi terbaik. TUHAN tidak akan membiarkan umatnya terlunta-lunta.

Saya berpesan agar jangan sekali pun putus asa. Jadi hati dan pikirannya harus sinkron yakni selalu positif. Hal itu sangat menentukan keberhasilan seseorang untuk keluar dari masalah hidupnya.

Selain itu terus bergerak. Saya memaknainya dengan mencari rezeki yang halal. Rajin silaturahim dan melakukannya tanpa pamrih. Dengan konsisten melaksanakannya secara ikhlas maka akan merasakan keajaiban yang tak terduga. Rezekinya datang dari berbagai penjuru mata angin.

Pengalaman Pribadi

Selain memberikan saran, saya juga menceritakan pengalaman pribadi. Telah puluhan tahun konsisten silaturahim dengan ikhlas. Hasilnya dahsyat dan luar biasa.

Tidak kalah pentingnya bahkan hal utama adalah terus berdoa secara khusyuk kepada TUHAN. Memohon untuk mendapatkan rezeki yang halal dan keluar dari semua masalah.

Lakukan semua itu dengan penuh keyakinan. Sehingga hasilnya maksimal, sesuai doa dan harapannya.

Saat saya menyampaikan semua itu, teman-teman yang curhat dengan serius menyimak. Mereka sudah tidak sabar mencoba semua saran saya tersebut.

Mereka setiap saat bisa mengontak saya. Selain curhat, menceritakan perkembangan dan kemajuan dari melaksanakan saran-saran saya.

Semoga gelombang PHK segera reda. Kondisi perekonomian kembali membaik agar semakin sedikit orang yang susah menjalani hidup ini. Aamiin ya robbal aalamiin…

Sesaat setelah mendarat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, saya ucapkan selamat meyakini keberadaan TUHAN dan terus bergerak untuk mendapatkan rezeki yang halal.

Salam hormat buat keluarga.*

20.10 23092024

Penulis adalah Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional