RS Anak Philadelphia Berhasil Pisahkan Bayi Kembar Siam

Bayi kembar siam, Amari dan Javar Ruffin, di Rumah Sakit Anak Philadelphia, 20 Maret 2024. Keduanya berhasil dipisahkan dalam operasi 21 Agustus, dan diperbolehkan pulang ke rumah 8 Oktober 2024.

J5NEWSROOM.COM, Bayi kembar siam Amari dan Javar Ruffin berhasil dipisahkan setelah hampir setahun di Rumah Sakit Anak Philadelphia (CHOP). Kedua bayi laki-laki tersebut, yang tinggal bersama keluarga mereka di Philadelphia, terhubung pada bagian bawah tulang dada, diafragma, dinding perut, dan hati. Kini, setelah perjalanan medis yang panjang, mereka telah kembali ke rumah bersama keluarga.

Amari dan Javar didiagnosis sebagai kembar siam sebelum lahir dan telah dipantau selama 10 bulan di rumah sakit untuk persiapan pemisahan. Tim bedah yang terdiri dari lebih dari dua lusin spesialis, termasuk dokter bedah, ahli anestesi, ahli radiologi, dan perawat, menjalani operasi selama delapan jam untuk memisahkan kedua bayi tersebut.

Setelah pemisahan, perut setiap bayi ditutup dan dibentuk ulang menggunakan berlapis-lapis jaring dan teknik bedah plastik untuk menstabilkan perut masing-masing.

Kembar siam merupakan kejadian langka, dengan frekuensi sekitar satu dalam setiap 35.000 hingga 80.000 kelahiran. CHOP merupakan salah satu dari sedikit rumah sakit di AS yang memiliki keahlian dalam melakukan pemisahan kembar siam. Sejak tahun 1957, CHOP telah melaksanakan 32 pemisahan kembar siam, yang merupakan jumlah terbanyak di seluruh Amerika Utara.

Kedua bayi lahir sebagai kembar omphalopagus, yang berarti mereka saling berhadapan dan terhubung di dinding perut anterior.

Sumber: voaindonesia.com
Editor: Saibansah