Demi ‘Ken Dedes’, Rela Rogoh Kocek Rp 900 Ribu

Bunga Ken dedes

J5NEWSROOM.COM, Sleman – Medio 2022, bisnis tanaman hias makin moncer. Pandemi virus corona berangsur lenyap, membuat para pencinta tanaman hias kembali bergairah.

Ini terlihat pada acara temu darat yang diselenggarakan para pegiat tanaman hias Yogyakarta. Ratusan pegiat tanaman Antorium, Aglonema dan Romosan berkumpul dalam acara bertajuk “Kopi Darat Penggiat Tanaman Hias 2022” di SGPC Bu Wiryo 1959, Senin, 6 Juni 2022 lalu.

Ketua Panitia Kopi Darat, Danang AS mengatakan, gagasan pertemuan ini untuk memotivasi dan menyatukan paguyuban pegiat tanaman hias yang ada di Yogyakarta.

Bukan tanpa maksud, ide acara tersebut untuk menyatukan antar paguyuban dan membangun komunikasi serta koordinasi dalam upaya membangun keberadaan para pelaku usaha tanaman hias.

“Sementara ini kelompok spesipic Antorium, Aroid selama ini mengadakan pertemuan sendiri. Dengan pertemuan ini kita bareng-bareng berpikir bagaimana tanaman hias di Yogyakarta bisa maju dan menjadi barometer Nusantara,” ujar
pemilik usaha berlabel ‘Sentra Florykultura’ asal Karang Anyar, Wedomartani Ngemplak Sleman Yogyakarta itu.

Danang mengakui kurangnya koordinasi diantara paguyuban pelaku usaha tanaman hias. Selama ini mereka mengadakan pertemuan sendiri.

“Kami mewakili Sentra Florykulutura Yogyakarta sebagai lembaga usaha yang sudah berbadan hukum berupaya menggandeng paguyuban-paguyuban lain untuk bekerjasama. Dan bisa memediasi kepentingan pedagang berhubungan dengan birokrasi,” imbuh Danang.

Sentra Florykultura saat ini sedang mempersiapkan pasar tanaman hias di wilayah Tajem, Wedomartani, Ngemplak Sleman. Direncanakan bulan Juli akan Grand Opening. Pasar yang digagas akan mengkolaborasikan pasar tanaman hias dan kuliner.

Pelaku usaha yang akan hadir dari berbagai Kabupaten se DIY. Ada Pejuang Antorium, Komunitas Arora Yogyakarta, Suket Godhong Dadi Rewang, Lelang Tanduran Yogya, Jual Beli Tanaman jogja, Aglonema dan Romosan DIY, STJ, Ngijo.

Kopdar di akhiri dengan Lelang berbagai tanaman hias Philo Dendron, Singonium, Kuping Gajah, Monstera, Aglonema. Ada tanaman hias yang menjadi primadona Lelang. Jenis Ken Dedes bisa menembus harga Rp 900 ribu. Sungguh angka yang fantastis untuk situasi saat ini.

Sumber: patmamedia.com
Editor: Saibansah