Miliki Berbagai Keunggulan, FKIP Unri Pekanbaru Tawarkan Kerjasama dengan Pemkab Karimun

Rombongan FKIP UNRI yang dipimpin Prof Dr Firdaus L.N.M.Si melakukan audiensi Kemitraan Pendidikan dengan Pemkab Karimun. (Foto: Fredy/BTD)

J5NEWSROOM.COM, Karimun – Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau (Unri) Pekanbaru ingin menjalin kerjasama dan kemitraan di bidang pendidikan dengan Pemerintah Kabupaten Karimun.

Untuk itu, rombongan FKIP Unri yang dipimpin Wakil Dekan III Prof, Dr. Firdaus L,N,M.Si bersama dengan Prof Dr. Jimmi Copriyadi, M.Si (Wakil Dekan I), Dr.Sumarno, M.Si (Wakil Dekan II) dan Prof Dr. Suarman, M.Pd melakukan audiensi kemitraan pendidikan dengan Pemerintah Kabupaten Karimun.

Kehadiran rombongan para guru besar itu Sekda Karimun, Dr. Muhammad Firmansyah,S.Sos, M.Si di kantor Bupati Karimun, Jumat (17/3/2023).

Dalam audiensi itu, Firdaus menyampaikan maksud kehadiran mereka, sekaligus memperkenalkan FKIP Unri dengan berbagai keunggulan program studi yang dimiliki FKIP Unri saat ini.

“FKIP Unri sudah menjalin kerjasama, baik nasional maupun internasional, sudah ada 31 FKIP di Indonesia yang sudah menjalin kerjasama dengan FKIP Unri dan kerjasama internasional juga sudah dilakukan dengan sejumlah universitas di luar negeri,” ujar Firdaus.

Ia menambahkan, sekarang ini FKIP Unri memiliki 27 program studi (prodi) yang terdiri dari 6 prodi sarjana, 1 prodi profesi, 9 prodi magister dan 1 prodi doktor.

Selain itu, keunggulan yang dimiliki FKIP Unri yakni memiliki dosen S3 sebanyak 92 orang dan S2 sebanyak 140 orang dengan jabatan fungsional, dengan jumlah guru besar 21 orang, lektor kepala 77 orang, lektor 60 orang, asisten ahli 58 orang dan belum fungsional 16 orang.

Sedangkan jumlah mahasiswa di FKIP Unri hingga saat ini tercatat sebanyak 6.521 orang yang tersebar di sejumlah program studi yang ada  di FKIP UNRI.

Firdaus menjelaskan, FKIP Unri terus berkembang dan akan dijadikan sebagai Fakultas Riset dan bermartabat dalam bidang pendidikan dan keguruan di Asia Tenggara pada tahun 2035 .

“Dengan segala keunggulan yang ada di FKIP Unri sekarang ini, kami ingin mengajak Pemerintah Kabupaten Karimun untuk bermitra atau menjalin kerjasama khususnya di bidang pendidikan,” ungkap Firdaus.

Ia berharap semoga dari audiensi Kemitraan Pendidikan FKIP Unri yang dilaksanakan itu akan berlanjut dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara FKIP UNRI dengan Pemkab Karimun.

“FKIP UNRI memang ingin menawarkan kerjasama dengan Pemkab Karimun, tetapi sebagai fakultas riset dan bermartabat dalam bidang pendidikan, FKIP Unri akan tetap mengedepankan kwalitas bukan kuantitas,” pungkasnya

Sementara itu, Sekda Karimun, Muhammad Firmansyah mengucapkan terima kasih dan menyambut baik audiensi kemitraan pendidikan yang dilaksanakan FKIP Unri di Pemkab Karimun tersebut.

Menurutnya, setelah adanya audiensi dari FKIP UNRI ini kemungkinan nanti akan ditindaklanjuti lagi dalam suatu bentuk kerjasama antara Pemkab Karimun dengan Unri, khususnya FKIP Unri.

Hadir dalam aaudiensi kemitraan pendidikan tersebut, Asisten 3 Pemkab Karimun Djunaidi, Kepala Dinas Disdukcapil M.Tahar, Kabag di lingkungan Pemkab Karimun, Perwakilan Universitas Karimun, Universitas Cakrawala dan Ketua PGRI Kabupaten Karimun Kodri.

Wakil Dekan III Prof, Dr. Firdaus L,N,M.Si (kanan) dan Sekda Karimun, Muhammad Firmansyah. (Foto: Fredy/BTD)

Sumber: Batamtoday.com
Editor: Saibansah