Warga Lamongan di Batam Gelar Silaturahmi dan Berbagi Sembako Ramadhan 1444 H

Para warga Pawala Batam dan sesepuh serta Forkom Sejati Imam Tohari seusai berbagi sembako. (Foto: J5NEWSROOM.COM)

LAPORAN: Alia Safira

J5NEWSROOM.COM, Batam – Bulan Ramadhan adalah bulan suci penuh berkah dan momentum paling baik untuk menggelar silaturahmi dan berbagi. Karena itulah, warga Kota Batam asal Lamongan Jawa Timur yang tergabung dalam paguyuban Pawala (Paguyuban Warga Lamongan) Batam menggelar silaturahmi dan berbagi sembako, Minggu (16/4/2023).

Total paket sembako yang dibagikan Pawala Batam sebanyak 150 paket. Isinya, beras 5 kg, teh celup 1 kotak, gula 1 kg, minyak goreng 1 kg dan mie instan 5 bks. Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin tahunan setiap bulan suci Ramadhan. Spiritnya, saling berbagi dari warga Pawala Batam untuk warga Lamongan di Batam, sehingga semakin menguatkan tali silaturahmi seduluran warga Lamongan.

“Alhamdulillah, Ramadhan tahun 1444 hijriah ini warga Lamongan kembali bisa melaksanakan acara silaturahmi dan berbagi sembako, dari Pawala Batam untuk warga Lamongan,” ujar Ketua Pawala Lamongan, Arif Setiawan kepada J5NEWSROOM.COM, yang didampingi Ketua Pania Pawala Berbagi, Cak Siqiq dan Sekretaris Cak Nasihin serta Kabid Sosial Pawala Batam, Cak Suep Wibisono.

Tujuan utama dari kegiatan ini, lanjut pria yang akrab disapa Cak Agiek itu, adalah saling silaturahmi antar sesama warg Batam asal Lamongan. Karena ada beberapa warga Lamongan yang hanya kenal nama, tapi tidak kenal wajah. “Nah, dengan momentum silaturahmi ini, mereka bisa saling kenal seduluran,” tegas Ketua Pawala Batam.

Kemudian, tujuan kedua dari pembagian sembako ini adalah untuk saling berbagi, dari warga Lamongan untuk warga Lamongan. Paket-paket sembako tersebut dibagikan kepada warga Lamongan baik yang mampu secara ekonomi atau tidak. “Intinya, paket ini untuk warga Lamongan baik yang mampu atau yang tidak, nanti setelah itu monggo paketnya mau dikonsumsi sendiri atau didistribukan kembali kepada tetangga, kerabat atau sahabat,” papar Arif Setiawan.

Tampak para warga Lamongan sumringah dan saling bercengkrama dengan sesama seduluran di rumah seorang sesepuh warga Pawala Batam, Cak Man alias Haji Rochman yang beralamat di Jalan Bunga Raya, Komp Baloi Total No 60 Batam.

Hadir juga ketua komunitas paguyuban warga Batam asal Jawa Timur, Ketua Forkom Sejati, Imam Tohari dan Sekretaris DPW Gelora Kepri Agus Purwanto yang juga warga Lamongan. Pria berkacamata yang akrab disapa Agus Cuprit itu mengaku bersyukur karena bisa bersilaturahmi dengan sesama warga Batam asal Lamongan. “Kalau tidak begini kapan lagi bisa silaturahmi dengan seduluran asal Lamongan di Batam ini,” ujarnya kepada J5NEWSROOM.COM.

Sementara itu, sesepuh dan tokoh warga Lamongan Cak Har alias Harianto mengatakan, dirinya sebagai orang yang dituakan di kalangan warga Lamongan di Batam mengucapkan terimakasih kepada pengurus dan ketua panitia beserta para donatur warga Lamongan, kami selaku salah satu sesepuh Pawala Batam merasa sangat terharu dan bangga karena saudara saudara sekalian yg masih peduli kepada saudara saudaranya yang membutuhkan bantuan dari para donatur warga Lamongan,” tutur Cak Har berkaca-kaca.

Cak Har juga tak lupa mengucapkan syukur alhamdulilah karena sebagai salah satu pendiri Pawala Batam, ternyata tradisi baik setiap Ramadhan ini masih dapat terus dilaksanakan. Meskipun beberapa sesepuh Pawala Batam sudah banyak yang telah dipanggil menghadap Allah SWT.

“Semoga beliau yang sudah mendahului kita merasa bangga di sana serta diterima amalannya, khususnya untuk pendiri Pawala Batam yan sudah almarhum serta para donatur dan para pengurus Pawala Batam semuanya, marilah kita hadiahkan al-fatihah buat mereka,” ajak Cak Har lagi.

Editor: Saibansah