Pelabuhan Telaga Punggur Batam Masih Dipadati Penumpang Lebaran Idul Fitri 1444 H

Suasana kepadatan penumpang hari raya Idul Fitri 1444 H di Pelabuhan Telaga Punggur Batam. (Foto: Aldy/BTD)

J5NEWSROOM.COM, Batam – Hari ketiga pasca lebaran idul fitri 1444 hijriah, pelabuhan Roro Telaga Penggur masih dipadati penumpang, baik yang akan berangkat tujuan Kuala Tungkal, Sei Pakning maupun yang ke Tanjung Uban.

Dari pantauan wartawan media ini di pelabuhan Telaga Punggur, Senin (24/4/2023), sejumlah penumpang yang memadati pelabuhan Angkatan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) tersebut mayoritas sedang mengisi hari libur, dengan tujuan pelabuhan tanjung uban.

Fahri, salah satu penumpang kapal Roro tujuan pelabuhan Tanjung Uban menuturkan, dia bersama keluarganya akan mengisi sisa hari libur di pulau Bintan. Dia memilih berwisata ke Pulau Bintan karena tidak terlalu jauh dan keluarganya juga baru pertama kali berkunjung ke sana.

“Kami baru kali ini ke Bintan. Kami pikir sudah agak sepi, ternyata penumpang masih ramai, kawan lain ada yang yang mau ke Kuala Tungkal juga, kami pilih yang dekat saja,” ujar Fahri.

Sementara itu, Lukman, penumpang kapal Roro dengan tujuan Kuala Tungkal mengatakan, pada H+3 lebaran kali ini, penumpang dengan tujuan Sumatra tidak terlalu padat.

“Saya tadi ngantri beli tiket sebentar saja, paling beberapa orang saja yang berangkat ke Kuala Tungkal, atau mungkin ini masih siang juga, sesuai jadwal kan kapal berangkat sekitar jam 3 sore,” kata Lukman.

Kapospam Terpadu Pelabuhan Roro Telaga Penggur, OPS ketupat Seligi 2023, AKP Kens, dan tim, saat ditemui di lokasi, Senin (24/4/2023). (Foto: Aldy/BTD)

Sementara itu, Kapospam Terpadu Pelabuhan Roro Telaga Penggur, Ops Ketupat Seligi 2023, AKP Kens mengatakan, kendati padat dan sibuk, Kamtibmas di pelabuhan Ro-ro Telaga Punggur masih tetap terkendali, bahkan bisa dikatakan dalam kondisi aman dan terkendali.

“Belum ada kendala yang berarti, ini berkat kerja sama masyarakat dan semua instansi terkait yang bertugas di Posko Terpadu Angkutan Lebaran ini,” ujarnya.

Ditambahkan AKP Kens, memasuki H+3 lebaran ini, penumpang masih terbilang ramai, terutama masyarakat yang akan berkunjung ke Tanjunguban. Hal itu dikarenakan saat ini masih dalam suasana liburan atau masih masuk pada hari cuti bersama.

“Hari ketiga lebaran sudah mulai padat merayap lagi. Terlebih yang akan berangkat ke Tanjunguban, termasuk yang pulang dari sana, juga cukup ramai,” jelasnya.

AKP Kens mengimbau kepada masyarakat yang akan menggunakan kapal Roro, agar lebih memperhatikan keselamatan masing-masing. Terutama bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan roda dua, agar lebih memperhatikan keselamatan terlebih yang membawa anak-anak dan ibu hamil.

“Yang riskan itu yang menggunakan kendaraan roda dua. Kami imbau masyarakat agar lebih menjaga keselamatan, termasuk ibu hamil yang menggunakan roda dua,” pungkasnya.

Sumber: Batamtoday
Editor: Saibansah