Umat Budha Rayakan Magha Puja Di Vihara Dharma Santi Tanjunguban Bintan

Perayaan Magha Puja oleh umat Budha di Tanjunguban Bintan Kepri. (Foto: Harjo)

J5NEWSROOM.COM, Bintan – Ratusan umat Budha, dari Kecamatan Bintan Utara, Serikuala Lobam, Teluk Sebong, Tanjung Pinang dan Batam, merayakan Magha Puja di Vihara Dharma Santi Tanjunguban, Bintan Kepri, Selasa (27/2/2024) malam.

Ketua Yayasan Vihara Dharma Shanti Tanjunguban Hongku menjelaskan, dirayakan Magha Puja adalah untuk mengenang peristiwa ketika sang Budha bertemu dengan 1250 muridnya, yang ditasbihkan langsung oleh sang Budha dan pertemuan bersipat tidak disenggaja.

Perayaan Magha Puja oleh umat Budha tersebut, dilakukan pawai keliling kota Tanjunguban, dengan membawa patung sang Budha dan membawa lilin yang dinyalakan. Serta dimeriahkan dengan barongsai, naga, hingga membawa Kitab Suci Tri Pitaka saat pawai.

“Parayaan ini, memang sudah menjadi agenda tahunan. Peserta pawai keliling, diikuti mulai dari anak-anak hingga orangtua. Untuk menyemarakkan Magha Puja tahun ini,” katanya

Dari sisi lain, kata Hongku, sebelumnya juga digelar sejumlah acara tradisi, mulai dari tanggal 23 hingga 26 Februari 2024. Hal ini juga disejalankan dengan Cap Go Meh atau rangkaian dari perayaan Imlek 2024.

Acara Cap Go Meh diisi dengan sejumlah kegoatan seperti musik dengan menghadirkan sejumlah artis, baik lokal dan luar daerah. Serta dilakukan lelang sejumlah barang-barang, untuk pengumpulan dana untuk pengembangan vihara.

“Acara ini dikemas seperti pesta rakyat, sehingga selama empat malam acara sangat meriah,” paparnya.

Editor: Agung