Jefridin Realistis, Kalau Survei Dirinya Tak Naik Ya Tak Maju Pilwako Batam 2024

Sekda Kota Batam Jefridin Hamid (kedua dari kiri) saat mendampingi Walikota Batam H. Muhammad Rudi menerima aksi buruh, Rabu (1/5/2024). (Foto: Aldy/BTD)

J5NEWSROOM.COM, Batam – Mendekati Momen Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang rencananya digelar pada November 2024, konstelasi politik Kota Batam sudah semakin terasa panas. Hasil sejumlah lembaga survey pun berseliweran di kanal media sosial membandingkan sejumlah calon Walikota dan Wakil Walikota Kota Batam yang akan bertarung pada Pilkada nanti.

Elektabilitas para calon seakan menjadi harga tawar tersendiri bagi partai politik, tak hanya partai politik, elektabilitas ternyata mempengaruhi pandangan masyarakat terhadap sejumlah calon yang akan maju pada Pilkada mendatang.

Salah satu calon Wakil Walikota yang digadang-gadang mendampingi Wakil Gubernur Kepri yang juga calon Walikota Batam, Hj. Marlin Agustina, dalam pertarungan nanti adalah Jefridin Hamid, yang saat ini masih menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam.

Menjawab wartawan saat pemotongan tumpeng sempena May Day, Rabu (1/5/2024), di Kantor Walikota Batam, Jefridin Hamid merespon hasil survey yang menunjukkan bahwa elektabilitasnya stagnan alias tidak begitu memperlihatkan kenaikan signifikan.

“Kalau survei tak naik, ya tak usah maju. Survei dari siapa? Pada intinya belumlah, nanti kalau sudah pas waktunya akan disampaikan,” ungkap Jefridin Hamid.

Namun demikian, Jefridin menyebutkan masih belum menentukan langkah politiknya, biarpun dirinya digadang-gadang untuk mendampingi Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina sebagai calon Wakil Walikota Batam.

“InsyaAllah. Kalau Allah mengizinkan saya siap. Tapi masih menunggu tahapan dan peraturan dari KPU juga,” lanjutnya sambil tersenyum.

Mengenai elektabilitas bakal calon kepala daerah, Jefridin masih menunggu hasil survei. Mengenai adanya kabar mengenai elektabilitas dirinya yang tidak kunjung mengangkat untuk maju di Pilkada, menurutnya masih terus berjalan.

Akan tetapi, Jefridin tetap akan mendukung pembangunan Kota Batam untuk dilanjutkan. Disinggung mengenai kesiapan maju di Pilkada mendatang, ia masih berjalan sesuai tugas dan fungsinya (tupoksi) sebagai Sekretaris Daerah Batam.

“Saya kerja masih on the track. Kalau memang diberikan kepercayaan untuk maju, tentu saya akan coba. Namun sejauh ini belum ada persiapan yang luar biasa mengenai rencana langkah politiknya,” ungkapnya.

Editor: Agung