Kembali ke Rumah Bogor Setelah 10 Hari di Jateng, Jatim, DIY, Kaltara, dan Kaltim

Dr Aqua Dwipayana bersama dengan Dirpolairud Polda Kalimantan Timur Kombes Pol Pahala H. M. Panjaitan, S.I.K., M.Si. (Foto: J5NEWSROOM.COM)

Oleh Dr Aqua Dwipayana

J5NEWSROOM.COM, Bogor – Minggu (28/4/2024) siang saya meninggalkan rumah di Bogor, Jawa Barat. Lewat Bandara Soekarno-Hatta Tangerang ke Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Agenda di kota itu hanya satu yakni menghadiri pelantikan Prof Suharnomo sebagai Rektor Universitas Diponegoro masa bakti 2024-2029. Jauh-jauh hari pria rendah hati tersebut telah mengingatkan saya untuk menghadiri acara pelantikannya.

Senin (29/4/2024) siang seusai menghadiri pelantikan Prof Suharnomo, saya naik mobil dari Semarang ke Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Direktur Kepolisian Air dan Udara Polda Jawa Tengah Kombes Pol Hariadi yang meminjamkan mobilnya. Plus dua anggota terbaiknya Brigadir Mat Zuliyanto dan Bripda Wahyudha mendampingi saya.

Kami tiba di Surabaya sudah malam. Menginap di “rumah” saya di kota itu yakni Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama.

Malam itu saya ketemu sama pengusaha sukses Rudi Budiman. Bersama Kepala Cabang United Motors Centre Surabaya Arif Tenggara, Rudi menjamu makan malam di resto Chao Phraya Thai Fine Cuisine Jalan Trunojoyo No. 74 Surabaya.

Selasa (30/4/2024) pagi saya silaturahim ke Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar) 2 Brigjen TNI Mar Muhammad Nadir di kantornya. Saya sangat terkesan dengan sambutan tuan rumah yang totalitas memuliakan dan menjamu tamunya.

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI Mar Endi Supardi yang mengenalkan saya kepada Nadir. Endi mempersilakan saya silaturahim ke semua jajarannya yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia.

Para pejabat utama mendampingi Nadir. Mereka adalah Wadan Kolonel Mar Edy Prayitno, Asintel Kolonel Mar Alim Firdaus, Asops Kolonel Mar Joko Fitrianto, Aspers Kolonel Mar Suroso, Aslog Kolonel Mar Bayu Alabama, dan Asrena Kolonel Mar Carlos Deda.

Setelah ramah tamah, naik bus, saya diajak keliling markas komando Pasmar 2 yang luasnya sekitar 39 hektar. Di sepanjang perjalanan Nadir menjelaskan tentang berbagai fasilitas yang ada.

Setelah itu latihan menembak. Kemudian menikmati aneka makanan yang yummy. Diakhiri dengan pemberian cinderamata.

Hasil pertemuan dengan Nadir, saya diminta memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada ribuan prajuritnya dan istri mereka. Semuanya dua sesi, pada Kamis dan Jumat (2 & 3/5/2024).

Dari Yogyakarta Kembali ke Surabaya

Malamnya saya ke Tulungagung. Silaturahim ke teman akrab, Mbah Sutrimo yang namanya viral karena membangun Masjid Al Fattah senilai puluhan miliaran rupiah di kota itu.

Kami ngobrol sekitar 2 jam. Setelah itu saya pamit melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta. Tiba di rumah Yogyakarta saat Subuh pada Rabu (1/5/2024).

Saya hanya istirahat sebentar. Kemudian silaturahim ke Ketua Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Arif Yuniarto Kurniawan di rumahnya di Bantul. Juga ketemu sama ibunya, Jazimah.

Arif mengajak saya ke usaha penggilingan padinya. Besar sekali. Mempekerjakan ratusan karyawan termasuk yang menyopiri puluhan truk miliknya.

Sorenya pukul 17.15 dari Stasiun Tugu Yogyakarta, naik kereta Sancaka, saya ke Surabaya. Begitu tiba di Kota Pahlawan, saya langsung istirahat. Persiapan acara dua sesi di Pasmar 2 Surabaya.

Selama Kamis dan Jumat, setiap pagi saya melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Pasmar 2. Selesai acara itu saya silaturahim ke teman-teman di Lamongan, Malang, dan Mojokerto.

Sharing Dua Sesi di Kalimantan Minggu (5/5/2024) malam naik pesawat Lion Air JT 268 saya dari Bandara Juanda ke Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara). Tiba di sana pukul 23.30 WITA.

Senin (6/5/2024) saya Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Meningkatkan Motivasi dan Integritas Personel Ditpolairud Polda Kaltara yang ‘Lurik’ (Lurus dalam Pengabdian, Ikhlas dalam Melayani)” kepada personel Ditpolairud Polda Kaltara.

Selasa (7/5/2024) siang saya ke Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Begitu mendarat di Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan International Airport Balikpapan, langsung silaturahim ke teman-teman termasuk ketemu Direktur Utama Sadena Mitra Bahari Dr Sabri Ramdhany.

Rabu (8/5/2024) saya Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Peningkatan Kemampuan Personel Ditpolairud Melalui Penguatan Komunikasi Guna Menghadapi Tantangan Tugas di Wilayah Perairan Dalam Rangka Mendukung Pembangunan IKN di Kalimantan Timur”, di Aula Gedung C Ditpolairud Polda Kaltim.

Sorenya naik Lion Air JT 761 meninggalkan Balikpapan. Mendarat di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten. Sekira pukul 22.30 tiba di rumah Bogor.

Saya sangat bersyukur karena selama 10 hari di lima provinsi aktivitas utama saya yakni silaturahim serta Sharing Komunikasi dan Motivasi sebanyak empat sesi kepada ribuan prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Republik Indonesia, dan Aparatur Sipil Negara lancar sekali.

Alhamdulillah.

Minggu depan insyaAllah kegiatan serupa saya lanjutkan ke wilayah Sumatera. Semoga semuanya bernilai ibadah.

Aamiin ya robbal aalamiin.*

Penulis adalah Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional