Dua Sosok Calon Wakil Bupati Yang Ideal Dampingi Nizar Di Pilkada 2024

Ahmad Nasirudin (Kiri) dan Raja Muchsin (Kanan). (Foto: Net)

LAPORAN: Iwan

J5NEWSROOM.COM, Lingga – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) akan segera terselenggara di seluruh provinsi, kabupaten/kota se Indonesia. Begitu juga di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau.

Hiruk pikuk Pilkada sudah mulai menjadi bahan pembicaraan warga. Hingga saat ini di daerah yang berjuluk Bunda Tanah Melayu ini, hanya Partai Nasdem yang telah menetapkan Bakal Calon (Balon) Bupati yang nantinya akan bertarung di Pilkada Lingga, yakni Muhammad Nizar.

Sebagai calon petahana, tentunya Muhammad Nizar, membutuhkan sosok pendamping yang dapat mendukungnya menjalankan visi misi untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten Lingga, apabila kembali diberi amanah oleh masyarakat.

Figur tersebut tentunya harus memiliki pengalaman baik dibirokrasi maupun politik yang mumpuni. Meski, belum final DPD Partai Nasdem telah menetapkan dua sosok yang nantinya mendampingi, Nizar sebagai calon wakil bupati, yakni, Raja Muchsin dan Ahmad Nasirudin.

Berdasarkan penetapan tersebut, Ketua Ormas Projo Kabupaten Lingga, Selamat Riyadi, menilai Raja Muchsin adalah figur yang paling ideal mendampingi Muhammad Nizar sebagai calon wakil bupati di Pilkada Lingga Tahun 2024.

Latar belakang pernah mengabdi di Pemerintah Kota Batam selama 30 Tahun dengan berbagai jabatan strategis dan dua periode duduk sebagai anggota DPRD Kabupaten Lingga menjadi bekal yang nantinya diaplikasikan dalam menjalankan visi misi yang diusung untuk kemajuan Kabupaten Lingga.

“Nizar adalah tokoh muda yang agamis dan memiliki tekad besar untuk memajukan Kabupaten Lingga. Beliau membutuhkan figur yang memahami kondisi birokrasi dan politik hingga dapat menjalankan dengan maksimal visi misi yang diusung untuk kemajuan Kabupaten Lingga. Raja Muchsin adalah figur yang memenuhi semua kriteria tersebut,” kata Selamat Riyadi,

Berbagai jabatan strategis yang pernah diemban Raja Muchsin, diantara bendahara Kantor Pembantu Gubernur Tahun 1986-1987, Kasubag Perokomian Rakyat (1987-1989), Kasubag Tata Usaha (1989-1990), Kasubag Perencanaan Program 1990-1997. Kasi PKB dan BBNKB (1997-1999), Kacab Dispenda Provinsi Kepri (1999-2004). Selanjutnya, Kabag Keuangan Kota Batam (2004-2007), Kadis Pariwisata Kota Batam (2007-2009) dan terakhir sebagai Kadis Kominfo Kota Batam (2009-2012).

“Setelah pensiun dari ASN selanjutnya Raja Muchsin dipercaya masyarakat untuk duduk sebagai anggota DPRD Lingga selama dua periode. Tidak banyak figur di Kabupaten Lingga ini yang memiliki “paket komplit” untuk layak mendampingi Nizar,” sebutnya.

Dengan jabatan birokrasi di Kota Batam tersebut, tidak salah jika disebutkan Raja Muchsin adalah salah satu abdi negara yang meletakkan dasar kebijakan strategis di Kota Batam hingga maju seperti saat ini.

Dengan pengalaman dibidang tata kelola pemerintahan, keuangann dan pariwisata diharapkan dapat diaplikasikan saat mendampingi Nizar untuk membangun Lingga yang kaya akan potensi alam dan budaya.

“Apalagi Raja Muchsin adalah sekertaris DPD Partai Nasdem Lingga yang notabene memiliki pemikiran selaras dengan Muhammad Nizar untuk melanjutkan program pembangunan,” imbuhnya.

Saat ini berdasarkan penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga, Partai Nasdem Lingga mendapatkan 11 kursi dari 25 kursi calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Lingga pada Pileg 2024.

Berdasarkan hal tersebut berdasarkan aturan Partai Nasdem Lingga dapat mengusung pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada Lingga Tahun 2024.

Editor: Agung