Pemerintah Kota Batam Dukung Penuh Fun Run Adhyaksa Ikal VI

Rapat terkait acara Fun Run Adhyaksa Ikal VI yang akan digelar pada Minggu 6 Oktober 2024, di Harbour Bay Downtown. (Foto: Humas Pemko Batam)

J5NEWSROOM.COM, Batam – Pemerintah Kota Batam melalui sejumlah dinas terkait memberikan dukungan penuh untuk acara Fun Run Adhyaksa Ikal VI yang akan digelar pada Minggu 6 Oktober 2024, di Harbour Bay Downtown, Batam.

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mendampingi pimpinan rapat, Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau Bapak Teguh Subroto, SH. MH. menyampaikan komitmen tersebut saat mengikuti rapat finalisasi persiapan acara, di Aula Kantor Kejaksaan Negeri Batam, Jumat (04/10/2024). Turut hadir juga, Kepala Kejaksaan Negeri Batam, I Ketut Kasna Dedi dan Kapolresta Barelang yang diwakili oleh, Kabag Ops Polresta Barelang, Kompol ZAC Tamba.

Dalam rapat tersebut, Jefridin memastikan bahwa berbagai aspek pendukung telah disiapkan secara matang oleh Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam yang dihadiri langsung Kadishub Salim, Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar).

“Pemerintah Kota Batam akan memberikan bantuan melaui OPD terkait untuk memastikan acara berjalan dengan aman dan lancar,” ujar Jefridin.

Fun Run Adhyaksa Ikal VI disambut antusias oleh masyarakat Batam hingga luar Batam, dengan total 5.423 peserta kategori 5K dan 10K. Jefridin berharap acara ini tidak hanya sukses dari sisi pelaksanaan, tetapi juga memberikan manfaat ekonomi bagi Kota Batam.

“Semoga acara ini mendatangkan berkah bagi Batam. Orang-orang yang datang dari luar kota akan makan di restoran dan menginap di hotel, dan tentu saja itu akan berkontribusi pada pendapatan pajak daerah,” katanya.

Untuk memastikan keselamatan peserta, Dishub Batam akan menugaskan 16 personel untuk ditempatkan di titik-titik strategis sepanjang rute lari.

“Dishub, Polantas, dan tim keamanan lainnya akan menjaga setiap lampu merah dan area putar balik untuk memastikan peserta dan lalu lintas masyarakat tetap aman selama event berjalan,” kata Jefridin.

Tim medis juga telah disiagakan di beberapa titik kritis, termasuk di dekat water station. Sebanyak 10 ambulans beserta satu dokter dan tiga petugas medis akan bersiaga sepanjang rute lari.

Sebagai bagian dari dukungan untuk acara ini, DLH Batam juga akan memastikan kebersihan jalur lari dengan membersihkan jalan-jalan yang akan dilalui peserta.

“Kami akan memantau dengan cermat rute lari karena acara dimulai setelah subuh. DLH akan membersihkan tumpukan tanah di beberapa titik agar peserta dapat berlari dengan nyaman,” ungkap Jefridin.

Event ini juga menggandeng pelaku UMKM lokal dengan menyediakan 8.000 paket konsumsi gratis yang dibeli dari para pelaku usaha kecil.

Editor: Agung