Sempena 77 Tahun Indonesia Merdeka, Majalah Siber Indonesia, J5NEWSROOM.COM Hadir untuk Mencerdaskan & Mencerahkan

(Dari ke kanan) Dr. Agung Prabowo, M.Si, Drs. Arif Wibawa, M.Si, Dr. Susilastuti DN, M.Si dan Saibansah Dardani, S.Ag. (Foto: Rassel)

ADAGIUM ‘Old Soldiers Never Die’, seperti halnya dengan ‘Journalisme Takkan Pernah Mati’. Sebab selama manusia masih menjadi makhluk sosial, maka selama itu pulalah, jurnalisme tidak akan mati. Karena manusia perlu informasi, perlu kabar berita dan tak bisa dipisahkan dengan kehidupan bersosialisasi.

Di sinilah wartawan memainkan peran penting melakukan tugas pokok dan fungsinya. Mencari, mengumpulkan, memilih, mengolah dan menyajikan berita secepatnya kepada masyarakat luas melalui media massa, baik media cetak, siber atau pun televisi dan radio.

Maka, bersempena dengan 77 hari kemerdekaan Republik Indonesia, J5NEWSROOM.COM, hadir. Kelahiran Majalah Siber Indonesia ini “dibidani” oleh empat wartawan senior. Dr. Agung Prabowo, M.Si, Dr. Susilastuti DN, M.Si, Drs. Arif Wibawa, M.Si dan Saibansah Dardani, S.Ag.  

Agung Prabowo, mantan wartawan Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta, Susilastuti DN mantan wartawan Harian Bernas Yogyakarta (Kompas Group), Arif Wibawa mantan wartawan televisi SCTV dan Saibansah Dardani yang sejak tahun 1992 sampai hari ini, tetap istiqomah menjalani profesi wartawan. Sejak bekerja di Harian Riau Pos Pekanbaru (Jawa Pos Group) hingga hari ini menjabat sebagai Pemimpin Redaksi BATAMTODAY.COM.

Kini Agung Prabowo menjabat sebagai Ketua Jurusan Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi UPN (Universitas Pembangunan Nasional) Veteran Yogyakarta, Arif Wibawa sebagai Ketua Progam Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi UPV Veteran Yogyakarta dan Susilastuti DN sebagai Direktur Lembaga Penguji Kompetensi Wartawan (LPKW) UPN Veteran Yogyakarta.

Selain ketiga dosen senior tersebut, kelahiran Majalah Siber Indonesia, J5NEWSROOM.COM ini juga mendapat support dan dukungan penuh dari dua orang dosen dari dua kampus lain di Pekanbaru Riau dan Tanjungpinang Kepri. Yaitu, Dr. Muchid Albintani, MPhil, mantan wartawan Majalah Tempo yang saat ini menjadi dosen di Universitas Riau (Unri) Pekanbaru. Dan, support dari Drs. Zamzami A Karim, MA, seorang ahli pers di Dewan Pers yang juga dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Raja Haji Tanjungpinang.

Lalu, kelima dosen tersebut masing-masing mengasuh kolom sendiri-sendiri. Dr. Agung Prabowo, M.Si mengasuh kolom ‘Lensa J5’, Dr. Susilastuti DN, M.Si mengampu kolom ‘Lensa Politik’, Drs. Arif Wibawa, M.Si mengawal kolom ‘Catatan si Bro’, Drs. Zamzami A Karim, MA akan mengulas secara rutin isu-isu perbatasan di kolok ‘Teropong Sempadan, dan terakhir, Dr. Muchid Albintani, MPhil, penulis kolom di berbagai media dalam dan luar negeri ini, akan mengawal kolom dengan nama unik, KORPORAGLOBALITE.

Selanjutnya, untuk mengasuh ‘bayi’ yang baru lahir ini, J5NEWSROOM.COM  dipercayakan kepada Saibansah Dardani sebagai Penanggung Jawab merangkap Pemimpin Redaksi. Dan persoalan teknis IT serta manajemen dipercayakan kepada anak muda, sarjana IT alumni Universitas Muhammadiyah Malang Jawa Timur, Abdul Hakim, S.Kom.

Mengapa J5? J5 itu apa? Apakah itu sandi? Jawabnya, tidak!

J5 bisa dibaca J-Lima atau J-Five. Kalau di Madura, dibaca J-Lema’ atau di Surabaya dibaca, J-Limo. Tidak ada sandi apa pun di satu huruf-angka J5 ini. Tapi, J5 boleh diartikan, Jurnalis Pancasila yang lahir berbarengan dengan terbitnya mentari di langit nusantara pada tanggal 17 Agustus 2022. Boleh juga J5 diartikan, Jurnalis, Jujur, Jernih, Jenaka dan Jenak. Anda pun boleh mengartikan J5 sesuai perspektif Anda sendiri. Kebetulan, alamat kantor J5NEWSROOM.COM juga di blok J No. 5 (J5).

Yang pasti, J5NEWSROOM.COM digawangi oleh 5 dosen dari 3 perguruan tinggi, 2 kampus negeri dan 1 lagi dari kampus swasta unggulan di Provinsi Kepri. Kelima-limanya wartawan, yang dua di antaranya adalah ahli pers di Dewan Pers. Yaitu, Susilastuti DN dan Zamzami A Karim.

Majalah Siber Indonesia, J5NEWSROOM.COM menghaturkan terimakasih atas support dan dukungan berbagai pihak. Khususnya kepada Muhammad Ikhsan (Pemimpin Redaksi wartaekonomi.co.id), A.R Loebis (Pemimpin Redaksi mimbar-rakyat.com), Satrio Arismunanda (Pemimpin Redaksi orbitindonesia.com) dan Sofyan Badri (Pemimpin Redaksi www.portonews.com).

Kemudian, Esti Susilarti (Pemimpin Redaksi patmamedia.com), Frans Nainggolan (Pemimpin Umum batamtoday.com), Ilham Bintang (Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat yang juga pimpinan ceknricek.com), Rida K Liamsi (wartawan senior dan budayawan Kepri), Dedy Suwadha (CEO WartaKepri.co.id) dan Hendry Ch Bangun (wartawan senior yang juga mantan anggota Dewan Pers).

Juga, kepada Wina Armada (wartawan senior juga mantan anggota Dewan Pers), Denny Januar Ali (penulis produktif dan peneliti nasional), Akmal Nasery Basral (wartawan senior dan penulis produktif), Swary Utami Dewi (penulis produktif dan sekretaris Satupena) serta kepada semua pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu. Terimakasih, matur suwon, mauliate, syukron katsiron, xie xie…

Terakhir, kami mohon doa dan dukungan para pembaca agar Majalah Siber Indonesia, J5NEWSROOM.COM dapat merealisasikan semangat nasionalisme di hari kemerdekaan republik Indonesia ke-77 ini dalam karya jurnalistik yang konsisten berjalan di atas rel kode etik jurnalistik dan di bawah payung hukum UU Pers.

Media ini hadir untuk Anda semua, terutama kaum milenial. Ada banyak ruang kanal untuk Anda di J5NEWSROOM.COM.*