Misi Dagang Kadin Kepri ke Amerika Berhasil Teken Empat Kesepakatan Kerjasama Investasi

Ketua Kadin Kepri Akhnad Ma’ruf Maulana (kanan) menandatangani kontrak kerjasama dengan perusahaan Amerika Serikat dalam misi dagangnya ke negeri paman Sam. (Foto: Kadin Kepri)

J5NEWSROOM.COM, Washington DC – Misi dagang rombongan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kepri ke Amerika Serikat (AS) untuk melakukan promosi investasi di kawasan BBK (Batam Bintan Karimun) berhasil menggaet investor asing.

Kunjungannya ke negeri Paman Sam tersebut, Kadin Kepri yang dipimpin Ketuanya, Akhmad Ma’ruf Maulana sejak 22 Februari 2023 lalu. Akhmad Ma’ruf Maulana, atau akrab disapa Maruf, mempromosikan BBK Murah kepada para investor.

Dalam lawatan bisnis ini, rombongan Kadin Kepri melakukan perjalanan ke sejumlah negara bagian AS. Yaitu:

1. Los Angeles, California
2. Temecula, California
3. Phoenix, Arizona

4. Salt Lake City, Utah
5. San Fransisco, California
6. Sacramento, California

7. Washington DC
8. New York

Tidak sia-sia, kunjungan ke sujumlah negara bagian itu menuai hasil menggembirakan. Kadin Kepri berhasil memboyong empat kesepakatan investasi.

Pertama, dua investor yang akan menanamkan modalnya di sektor industri pembuatan semikonduktor serta smart city. Sedangkan dua lagi merupakan kontrak dagang ekspor produk-produk yang dihasilkan beberapa perusahaan di kota Batam.

“Dari 8 kota yang kami singgahi berakhir di New York. Industri yang berhasil kami tarik di antaranya industri PLTS, industri semi konduktor dan perdagangan lainnya. Kami juga akan incar data centre dari Amerika yang masih kami komunikasikan,” ungkap Akhmad Ma’ruf Maulana dari Amerika Serikat.

Seorang pengusaha Amerika, Henri Lim mengatakan, pihaknya telah menjalin kontrak kerja sama dengan Akhmad Ma’ruf Maulana untuk menerima beberapa hasil produksi industri di Batam. “Di antaranya street felm dan beberapa produk turunan lainnya,” kata Hendri.

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini disaksikan langsung oleh Konjen Indonesia di Los Angeles, Wawan.

Wawan mengatakan, pihaknya mengapresiasi gerakan misi dagang promosi investasi BBK Murah oleh Ketua Kadin Provibsi Kepri.

“Kita butuh pengusaha-pengusaha seperti Bapak Ma’ruf untuk membuat langkah-langkah maju menjemput bola. Kita harapkan lebih banyak lagi pengusaha-pengusaha seperti beliu. Kita akan fasilitasi dan ‘giring’ sampai bisa terwujud kontrak dagang,” ujarnya.

Kadin Kepri menandatangani kesepakatan kerja sama investasi dan ekspor dagang produk-produk dari industri Batam, di Kantor Kedubes Indonesia di AS. (Foto: Kadin Kepri)

Tak berhenti sampai di situ, Kadin Kepri kembali akan berangkat promosi investasi tepatnya Hannover Messe di Jerman di mana dalam acara tersebut terdapat agenda penandatanganan hasil kesepakatan di Amerika Serikat.

“Dalam hal penandatanganan tersebut kami dari Kadin Provinsi Kepri akan mengajak dan mengundang Kepala BP Batam dan juga Pemprov Kepri untuk ikut menyaksikan penandatanganan kerjasama Hannover Mesee Jerman pada 16 sampai 21 April 2023,” lanjut Ma’ruf.

Dengan letak wilayah yang sangat strategis untuk pengembangan kegiatan ekonomi, Kadin Kepri berkomitmen untuk menunjukkan kepada investor secara utuh apa saja potensi yang terkandung di Kepulauan Riau.

“Peran investasi sangatlah penting, salah satunya penciptaan lapangan kerja. Dengan banyaknya investor yang akan menanamkan modalnya ke Indonesia khususnya di Kepri maka bisnis yang ada akan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan sehingga mampu meningkatkatkan pertumbuhan ekonomi,” ujar Ma’ruf mengakhiri.

Editor: Saibansah