Melintasi Batas 3 Negara Hanya dalam 3 Langkah

Meja batu segitiga ini menandai batas 3 negara, Slovakia, Austria dan Hungaria. (Foto: Akbar/J5NEWSROOM.COM)

PERJALANAN keliling eropa di akhir tahun 2022 ini, menjadi pengalaman sangat mengesankan. Apalagi, setelah seluruh dunia didera corona. Bagaimana keseruan perjalanan keliling eropa itu? Berikut penuturan pengusaha kuliner yang juga owner Restoran Jepang Misticanza, Akbar, kepada wartawan Majalah Siber Indonesia, J5NEWSROOM.COM, Abdul Hakim.

Bratislava adalah ibu kota dan kota terbesar di Slowakia. Memisahkan diri dari Cekoslovakia pada 1 Januari 1993 lalu. Data resminya, penduduk kota ini hanya sekitar 500.000 jiwa.

Bratislava berada di barat daya Slowakia, di kaki pegunungan Little Carpathians. Ia berada di kedua tepi Sungai Danube dan tepi kiri Sungai Morava.

Bratislava berbatasan dengan Austria dan Hongaria. Sehingga, menjadi satu-satunya ibu kota nasional yang berbatasan dengan dua negara berdaulat sekaligus.

Kunci gembok dari para pungunjung yang sengaja ditinggalkan di bukit Kahlenberg. (Foto: Akbar/J5NEWSROOM.COM)

Uniknya, sekitar 20 menit dari pusat kota ini, di tengah ladang pertanian jagung, terdapat lokasi perbatasan 3 negara. Hanya ada satu benda yang menandai batas ketiga negara itu, meja. Ya, meja batu segitiga dengan lambang negara masing-masing, Slovakia, Austria dan Hungaria.

Padahal, melalui perjalanan darat, jarak antara Bratislava dengan Wina, Ibukota Austria, adalah 79 km. Sedangkan dari Budapest, ibukota Hungaria adalah 200 km.

Uniknya, penduduk sebuah desa yang ada di tengah kebun jagung di teritori Slovakia itu, setiap harinya bertani di 3 negara bertetangga itu. Memang, masih ada sisa-sisa potongan kawat berduri di situ. Inilah sisa kenangan pahit yang memisahkan antara blok Barat NATO dengan blok Timur Pakta Warsawa.

Di Kota tua Bratislava juga ada sebuah patung perunggu yang sangat viral dan selalu menjadi tujuan wisata para turis mancanegara, namanya “men at work”. Menurut kepercayaan orang sana, siapa pun yang bisa memegang helm si patung, dipercayai akan kembali ke Bratislava lagi. Makanya, orang-orang pun antri untuk melakukannya.

1