Sensasi Menikmati ‘Hucasie Hodi’ di Resto Najatarsia Slowakia

Begini penampakan satu porsi ‘Hucasie Hodi’, menu sajian olahan angsa utuh yang cuma ada di bulan Oktober-November. (Foto: Akbar/J5NEWSROOM.COM)

J5NEWSROOM.COM, KELILING eropa taklah cukup hanya untuk sekadar mengunjungi berbagai destinasi wisatanya saja, tapi juga wajib mencicipi kulinernya. Termasuk, menikmati sensasi wiskul di restoran berusia ratusan tahun. Bagaimana sensasinya aneka menu khas tiga negara eropa itu?

Berikut ini penuturan pengusaha kuliner yang juga owner Restoran Jepang Misticanza, Akbar, kepada wartawan Majalah Siber Indonesia, J5NEWSROOM.COM, Abdul Hakim, mengenai pengalamannya wiskul khas tiga negara yang berbatasan langsung itu.

Setelah sampai di Bratislava, ibu kota dan kota terbesar di Slowakia yang memisahkan diri dari Cekoslovakia pada 1 Januari 1993 lalu. Bratislava berada di barat daya Slowakia, di kaki pegunungan Little Carpathians. Ia berada di kedua tepi Sungai Danube dan tepi kiri Sungai Morava.

Bratislava berbatasan dengan Austria dan Hongaria. Sehingga, menjadi satu-satunya ibu kota nasional yang berbatasan dengan dua negara berdaulat sekaligus.

 Begini tekstur masakan semur daging rusa khas Hungaria. (Foto: Akbar/J5NEWSROOM.COM)

Uniknya, sekitar 20 menit dari pusat kota ini, di tengah ladang pertanian jagung, terdapat lokasi perbatasan 3 negara, yang ditandai dengan meja batu segitiga dengan lambang negara masing-masing, yaitu Slovakia, Austria dan Hungaria.

Ternyata di musim lain, ladang ini akan menjadi kebun bunga matahari untuk produksi kwaci.

Berada di tiga negara bertetangga dekat ini, tentu saja tidak boleh melewatkan kesempatan mencicipi menu ciri khas masing-masing.

Tidak jauh dari perbatasan tadi, ada kota kecil dengan resto-restonya yang menarik dan historis. Tapi naluri wiskul (wisata kuliner) kami membawa ke Resto Najatarsia. Ini memang bukan resto biasa, ini resto yang memiliki sejarah sangat panjang. Berdiri sejak tahun 1759.

“Alhamdulillah, kami hari ini bernasib baik. Karena ketemu menu khas yang  adanya cuma di bulan September hingga November saja setiap tahunnya. Menu spesial itu adalah ‘hucasie hodi’ atau pesta angsa,” ujar Akbar, girang.

Ternyata, ‘hucasie hodi’ itu adalah satu set angsa lengkap dengan lembaran pancake tawar. Porsinya hampir sama dengan satu ekor kambing guling (batibul) utuh. Ada potongan paha angsa ukuran jumbo.

1