Menjadi Saksi Sejarah Pencapaian Prestasi Investasi di 51 Tahun Usia BP Batam

Para investor dan tokoh pengusaha yang mendapat penghargaan dari BP Batam berfoto dengan Kepala BP Batam, H. Muhammad Rudi dan para deputinya. (Foto: Saibansah)

SALAH satu tugas wartawan adalah menjadi saksi sejarah, lalu mencatatnya. Kali ini, Majalah Siber Indonesia J5NEWSROOM.COM, menjadi saksi sejarah pencapaian prestasi investasi dan bisnis dari 10 investor Kota Batam. Mereka itulah yang berhasil meraih penghargaan dari Badan Pengusahaan (BP) Batam, di usianya ke-51, Rabu 26 Oktober 2022 di Hotel Radisson Batam.

Beruntung, Pemimpin Redaksi J5NEWSROOM.COM, Saibansah Dardani mendapat kesempatan untuk menyaksikan momen bahagia ini. Bahagia bagi para investor yang telah mendapatkan apresiasi atas kinerja dan kerja keras mereka selama bertahun-tahun. Juga, momen bahagia bagi Ketua BP Batam, H. Muhammad Rudi bersama dengan para deputi dan seluruh keluarga besar BP Batam. Setelah mengawal perjalanan BP Batam selama setengah abad.

Pasti, perjalanan setengah abad BP Batam berjuang membangun gerbong pertumbuhan ekonomi dan investasi di Pulau Batam, bukanlah pekerjaan mudah. Kapal besar bernama BP Batam yang dulunya bernama Otorita Batam (OB) itu, harus dikendalikan oleh ‘kapten’ kapal yang piawai dengan para ‘ABK’ yang mumpuni dengan jam terbang tinggi. Jika tidak, perjalanan BP Batam tidak akan bisa melalui perjalanan setengah abad ini.

Semua pencapaian inilah yang disyukuri dalam rangkaian Hari Bakti ke-51 di Balairungsari BP Batam. Syukuran itu ditandai dengan pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun oleh Kepala BP Batam, H. Muhammad Rudi, Rabu 26 Oktober 2022.

Tentu saja, tumpeng itu tidak hanya menjadi simbol kebahagiaan seorang H. Muhammad Rudi, tapi juga para wakilnya, Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam, Wahjoe Triwidijo Koentjoro, Anggota Bidang Kebijakan Strategis BP Batam, Enoh Suharto Pranoto, Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi BP Batam, Sudirman Saad, Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam, Wan Darussalam dan para Pejabat Tingkat II di lingkungan BP Batam.

“BP Batam telah mendapat citra yang baik dalam tiga tahun terakhir, atas perannya dalam inovasi regulasi dan akselerasi pembangunan infrastruktur yang menjadikan Batam sebagai kawasan ekonomi terdepan,” ungkap H. Muhammad Rudi usai memotong tumpeng.

Pencapaian BP Batam ini juga telah diapresiasi oleh para menteri bahkan Presiden Joko Widodo. Prestasi yang tinggi, sungguh tidaklah patut diikuti rasa tinggi hati. Virus buruk ini pulalah yang dijaga H. Muhammad Rudi agar tidak tumbuh di hati para pegawai BP Batam. Maka, dia pun mengajak agar momentum hari bakti ini dimaknai dengan rasa syukur sekaligus terus berbenah untuk semakin lebih baik lagi.

Kepala BP Batam juga memompa semangat para pengawainya, agar menyerap spirit dari tema “51 tahun BP Batam, Terus Berkarya”. Yaitu, selalu semangat menghadapi lika-liku membangun dan mendukung Kota Batam sebagai kota investasi dan industri yang terdepan di Indonesia.

Dalam mengarungi perjalanan selama ini, BP Batam didukung penuh oleh sinergitas koordinasi antara Pemerintah Provinsi Kepri, Pemerintah Kota Batam dan segenap masyarakat Kota Batam.

Yang juga terus dijaga oleh para petinggi dan seluruh jajaran BP Batam adalah, terus menjalin silaturrahmi menjaga sinergi. Dengan siapa pun yang telah bersama-sama ikut berkontribusi membangun Pulau Batam. Membangun iklim investasi, membuka lapangan kerja, menjaga kondusivitas Batam hingga mengawal Batam tetap on the track.

Tradisi menjaga silaturrahmi dan sinergi itulah yang tahun ini diaplikasikan dengan memberi sejumlah penghargaan. Penghargaan itu tidak hanya diberikan BP Batam kepada para tokoh, investor, pengelola kawasan industri terpadu saja. Tapi juga kepada para pemimpin redaksi di Kota Batam.

1