Lion Air Terbangi Rute Baru Batam-Madinah Langsung

Pesawat Lion Air di Bandara Hang Nadim Batam. (Foto: Batamtoday.com)

LAPORAN: Alia Safira

J5NEWSROOM.COM, Batam – Maskapai Lion Air kini melayani penerbangan langsung dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam menuju Bandara Internasional King Mohammad bin Abdul Aziz, Arab Saudi (MED) Madinah Saudi Arabia.

Layanan penerbangan ini dibuka mulai hari ini, Senin (16/1/2023) lalu. Layanan penerbangan Batam-Madinah untuk mendorong penguatan ekosistem ibadah umrah.

Corporate Communications Strategic, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, tingkat peminatan ibadah umrah dari masyarakat Indonesia menunjukkan peningkatan yang positif. Sehingga mendatangkan pasar wisata religi dan ibadah. Pihaknya juga optimis, pasar ini akan terus tumbuh.

“Berdasarkan data awal musim umrah pada 1 Muharram 1444 Hijriyah (30 Juli-4 Oktober 2022), tercatat 1.267.490 jemaah dari berbagai negara. Pada periode tersebut, jamaah asal Indonesia mencapai 317.200 orang, Pakistan dengan 195.224, India berada urutan ketiga yaitu 133.517 dan 86.803 jamaah dari Irak,” ujar Danang, dalam keterangan persnya.

Danang melanjutkan, Ihram Republika dan Saudi Gazette menyebutkan, 880.929 jamaah menggunakan transportasi udara. Penerbangan keberangkatan jemaah umrah Batam menuju Madinah. Kepulangan jemaah melalui rute Jeddah – Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz, Arab Saudi (JED) menuju Bandara Internasional Hang Nadim.

Penerbangan umrah khusus dari Batam akan memberikan manfaat kemudahan perjalanan udara bagi masyarakat yang berasal dari Provinsi Kepulauan Riau, seperti Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Lingga dan Provinsi Jambi serta wilayah lain.

“Lion Air juga mengucapkan terima kasih atas koordinasi dan dukungan dari regulator, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara, mitra perjalanan udara (tour and travel umrah), pihak terkait (otoritas bandar udara, kantor kesehatan pelabuhan, imigrasi, BMKG serta lembaga berwenang yang lain), kru pesawat, dan seluruh karyawan, semoga penyelenggaraan umrah berjalan lancar,” papar Danang.

Selain itu, Lion Air juga mengapresiasi bentuk kerja sama, sehingga memberikan nilai lebih kepada jamaah umrah dalam mempermudah perjalanan udara dari dan menuju Arab Saudi.

“Penerbangan langsung umrah dari Batam menjadi embarkasi baru setelah Jakarta Soekarno-Hatta (CGK), Surabaya Juanda, Jawa Timur (SUB), Medan Kualanamu, Sumatera Utara (KNO), Makassar Sultan Hasanuddin, Sulawesi Selatan (UPG), Kertajati Majalengka, Jawa Barat (KJT), Padang-Minangkabau, Sumatera Barat (PDG) dan Banda Aceh, Aceh (BTJ),” lanjutnya.

Danang menambahkan, rute Batam ke Medinah dan Jeddah ke Batam dioperasikan pesawat Boeing 737, pesawat ini berkapasitas 215 kursi. Kelas ekonomi mempunyai tata letak kursi (konfigurasi) 3-3 lorong tunggal (single aisle).

“Setiap tamu (jamaah umrah) dapat merasakan terbang nyaman karena setiap kursi berlapis kulit, sangat ergonomis dan dilengkapi sandaran kepala (head rest), dengan jarak antarkursi (seat pitch) tergolong lega,” terang Danang.

Danang menambahkan, ruang penyimpanan barang di dalam kabin di atas kursi (overhead) atau kompartemen memiliki ukuran lebih besar. Keuntungannya dapat mengakomodir barang bawaan sesuai dengan ketentuan yang boleh dibawa dan memudahkan penyusunan.

“Fitur lainnya, keleluasaan dapat dirasakan karena pesawat didesain dengan tampilan jendela tampak lebih besar dan bentuk dinding kabin bagian samping (sidewalls) lebih luas. Nuansa selama penerbangan dapat disesuaikan dan tetap terjaga yang didukung Boeing Sky Interior,” ujar Danang Mandala Prihantoro mengakhiri.

Editor: Saibansah