Dr Aqua Dwipayana Paparkan Urgensi Komunikasi Berdimensi Silaturahim di Kalangan Karyawan Perhotelan

Flyer kergiatan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana di Hotel Santika Premier Semarang. (Foto: Aqua/J5NEWSROOM.COM)

J5NEWSROOM.COM, Semarang – Bagi Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana yang kerap berbicara dan menyampaikan sharing komunikasi dan motivasi di lingkungan BUMN, perusahaan swasta nasional, TNI dan Polri, serta lembaga lainnya, penyampaian materi di lingkungan perhotelan atau terkait dengan hospitality bukanlah yang pertama serta bukan hal baru

Sudah berkali-kali, pria yang telah memberikan umroh gratis lebih dari 165 orang dari hasil penjualan buku-buku super best seller Trilogi The Power of Silaturahim itu berbicara tentang aspek bisnis di bidang hotel dan pariwisata secara umum.

Saat di Sumatera Barat pekan lalu, misalnya, Dr Aqua Dwipayana bahkan dua kali berbicara di hadapan unsur manajemen dan karyawan hotel. Pada Rabu 17 Mei 2023, doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut memaparkan materi bertajuk “Fokus terhadap Service Excellent Menciptakan Pelayanan Hotel yang Terbaik, Terunggul, dan Pilihan Utama di Bukittinggi dan Sumatera Barat”.

Kegiatan yang digelar di Santika Meeting Room 3 & 5 Hotel Santika Bukittinggi Jalan Tuanku Nan Renceh No 33 Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tersebut diarahkan kepada puluhan unsur pimpinan dan karyawan hotel itu.

Ini adalah Sharing Komunikasi dan Motivasi ketiga kalinya dalam kehadiran pria dengan jejaring pertemanan sangat luas tersebut di Sumatera Barat. Sebelumnya, Dr Aqua Dwipayana telah berbicara di jajaran tim redaksi salah satu media terbesar di Padang yakni Padang Ekspres Group serta kemudian kepada jajaran karyawan dan unsur pimpinan Hotel Santika Premiere Padang dan Hotel Amaris Padang.

Pada Rabu 24 Mei 2023 ini, Dr Aqua Dwipayana kembali dijadwalkan menyampaikan materi bertajuk “Peran Komunikasi Efektif dalam Mendukung Pelayanan  ‘Hospitality from The Heart’ untuk Menciptakan Kepuasan Tamu” di Premiere Room Hotel Santika Premiere Semarang Jalan Pandanaran No. 116-120 Kota Semarang, Jawa Tengah. Di “Kota Lumpia” tersebut, pria santun dan memiliki jejaring pertemanan sangat luas itu kembali akan berbicara di hadapan sekitar 50 orang dari unsur manajemen dan karyawan salah satu hotel bintang 4 itu.

Dr Aqua Dwipayana mendapat undangan langsung dari General Manajer Hotel Santika Premiere Semarang Agus Suyatna. “Saya merasa bahwa kehadiran Bapak Dr Aqua Dwipayana dengan segudang pengalaman berkeliling Nusantara dan mancanegara dengan praktik silaturahimnya akan mampu menyuntikkan spirit dan motivasi teman-teman di Hotel Santika Premiere Semarang ini untuk menunjukkan kinerja terbaik,” ucap Agus Suyatna.

Sharing Komunikasi dan Motivasi di Hotel Santika Premiere Semarang bagi Dr Aqua Dwipayana bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya saat pandemi Covid-19 secara mendadak pernah melakukan hal serupa. Waktu itu juga atas undangan Agus Suyatna.

“Saya sangat bersyukur dan senang sekali mendapatkan undangan dari Bapak Agus Suyatna. Beliau memberi saya lahan ibadah untuk menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajarannya,” ucap Dr Aqua Dwipayana.

Urgensi Komunikasi di Perhotelan

Bahkan jauh sebelumnya, sudah berkali-kali Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik ini juga telah berbicara menekankan urgensi komunikasi berdimensi silaturahim di kalangan karyawan perhotelan.

Pada 14-15 Maret 2023 lalu, Dr Aqua mempresentasikan materi  bertajuk “Membangun Semangat Karyawan dan Bekerja Dari Hati” di depan sekitar 500 karyawan Hotel Golden Tulip Holland Resort Batu, Holland Bakery Jawa Timur, dan Optik Internasional. Hotel bintang lima dan terbaik di Kota Batu itu milik Sonny Njonoriswondo dan Linggarjanto Boedi Oetomo.

Sebelumnya, pria yang senang membantu banyak orang ini sudah sering memberikan materi inspiratif dan bernasnya kepada para pimpinan staf yang bekerja di sektor hospitality atau perhotelan dan pariwisata.

Dr Aqua Dwipayana didampingi General Manager Hotel Santika Bukittinggi Alik Hidayat bersama jajarannya sesuai Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Fokus terhadap Service Excellent Menciptakan Pelayanan Hotel yang Terbaik, Terunggul, dan Pilihan Utama di Bukittinggi dan Sumatera Barat”, Rabu 17 Mei 2023. (Foto: Aqua/J5NEWSROOM.COM)

Pada Februari 2022, bapak dari Alira Vanis Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu terbang ke Makassar, Sulawesi Selatan untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Menjadi Pribadi yang Dicintai Rezeki” kepada unsur pimpinan dan karyawan Hotel Novotel, Makassar. Dr Aqua Dwipayana memenuhi undangan dari General Manager Hotel Novotel Makassar Grand Shayla, Antonius Whisnu Wijaya.

Saat itu, Dr Aqua Dwipayana mengulas banyak hal. Di antaranya agar selalu bersyukur dan meniatkan bekerja sebagai ibadah. Pria rendah hati itu menceritakan berbagai pengalaman pribadinya sehingga lancar melaksanakan beragam aktivitas dan mendapat banyak rezeki termasuk selama pandemi Covid-19.

“Kuncinya agar selalu bersyukur dan bersikap ikhlas melaksanakan semua aktivitas. Kemudian meniatkannya sebagai ibadah. Melakukan sepenuhnya karena Tuhan, bukan yang lain,” jelas Dr Aqua Dwipayana.

Kemudian, pada 21 September 2022, pria yang menempuh studi S1, S2, dan S3, linier di bidang Komunikasi tersebut menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi untuk Mengoptimalkan Kinerja” di hadapan unsur pimpinan dan karyawan Hotel Grand Inna Tunjungan Surabaya.

Sebelumnya, Dr Aqua Dwipayana juga pernah berbicara di hadapan unsur pimpinan dan para karyawan Hotel Grand Mercure Malang Mirama dan Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama serta hotel-hotel terkemuka lainnya di Indonesia.

Secara umum, Dr Aqua Dwipayana yang sudah berkeliling Nusantara bahkan mancanegara untuk menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasinya tersebut, menegaskan bahwa dalam konteks relasi di dunia bisnis hospitality atau perhotelan, peran komunikasi tidak boleh disepelekan.

Sekilas Hotel Santika Premiere Semarang

Hotel Santika Premiere Semarang adalah hotel berbintang 4 di bawah naungan manajemen Santika Indonesia Hotels & Resorts Group, bagian dari Kelompok Kompas Gramedia Group. Hotel Santika Premiere merupakan salah satu hotel legendaris di Kota Semarang yang dikenal selalu mengedepankan keramahtamahan dalam pelayanan dan mengutamakan kekhasan nusantara dalam sajian kulinernya.

Lokasinya sangat strategis, di tengah kota, dekat dari Simpang Lima, Masjid Baiturrahman, tempat wisata Lawang Sewu, pusat perbelanjaan, kuliner, toko oleh-oleh dan kantor pemerintahan. Hotel Santika Premire Semarang terdiri dari 125 kamar, dengan kategori deluxe, premiere, executive suite & premiere suite. Fasilitas ballroom, kemudian 7 ruang meeting, cafe, bar & lounge, gym, sauna, pool

Dr Aqua Dwipayana dan General Manager Hotel Santika Premiere Padang Ainur Rofiq Mustamar bersama jajajarannya seusai acara Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Kunci Sukses Komunikasi di Organisasi” pada Selasa 16 Mei 2023. (Foto: Aqua/J5NEWSROOM.COM)

Visi Hotel Santika Premiere Semarang adalah menjadi hotel bintang 4 pilihan utama dan terbaik di Kota Semarang

Misinya menciptakan nilai lebih bagi stakeholder dengan menyajikan produk bermutu disertai pelayanan profesional yang ramah dalam mewujudkan “Sentuhan Indonesia” sebagai citra Santika

Dalam melakukan pekerjaan, Nilai-nilai Santika merupakan dasar dan pedoman. Nilai-nilai tersebut adalah:

– Bersyukur pada Tuhan
– Profesional
– Kedisiplinan

– Kejujuran
– Kebersamaan
– Keterbukaan
– Tanggung jawab sosial.

Hotel Santika Berawal di Bandung

Seperti dikutip dari wikipedia, PT. Grahawita Santika didirikan untuk mengelola bisnis perhotelan di bawah Kelompok Kompas Gramedia pada tanggal 22 Agustus 1981. Hotel Soeti adalah hotel pertama yang dibeli dari pemiliknya, Ibu Soetiyah Pudjosuwarno.

Cikal bakal Hotel Santika ini terletak di Jalan Sumatra No. 52-54, Bandung. Pada tahun 1988, hotel sederhana dengan 33 kamar yang dibangun di area seluas 3.200 meter persegi ini direnovasi menjadi 70 kamar. Setelah renovasi tersebut selesai, hotel ini diresmikan sebagai Hotel Santika Bandung berbintang tiga oleh Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi, Susilo Sudarman pada tanggal 27 Maret 1989. Hotel Santika Bandung inilah yang menjadi pelopor pendirian Santika Indonesia Hotels & Resorts.

Latar belakang pendirian Hotel Santika ini disebabkan pembredelan Harian Kompas pada tahun 1978. Oleh karena itu, para pendiri Kelompok Kompas Gramedia harus memikirkan diversifikasi unit bisnis di luar bisnis intinya sebagai media komunikasi. Mereka membuat rencana untuk mencegah pemecatan massal. Jika suatu hari harian Kompas akan dibredel kembali, masih ada anak perusahaan yang bisa menyokong karyawan mereka. Beberapa bisnis mulai dilakukan, termasuk di antaranya adalah industri perhotelan.

Pada awalnya, rencana pendirian sebuah hotel tidak disetujui oleh pihak manajemen, karena pada saat itu bisnis hotel dianggap memiliki konotasi yang negatif serta return on investment dinilai berjalan lamban. Binawarna Sardjan, anggota Tim Investasi Kelompok Kompas Gramedia pada saat itu, bisa meyakinkan Ketua Tim Investasi Kelompok Kompas Gramedia, Indra Gunawan, untuk menyetujui rencana pendirian hotel. Berkat kegigihan dan kerja keras Binawarman Sardjan, maka Hotel Santika berhasil didirikan.

Beberapa tahun setelah Hotel Santika yang pertama diresmikan dan dikelola, Hotel Santika pun berhasil mengembangkan sayapnya dan mencapai lebih dari 40 properti yang tersebar di Indonesia. Sesuai dengan brand value-nya, yaitu “Indonesian Home” dan motto pelayanannya, yaitu “Hospitality from the Heart”, Santika Indonesia Hotels & Resorts selalu menonjolkan nilai kebudayaan Indonesia, termasuk sisi keramah-tamahannya kepada seluruh tamunya.

Editor: Saibansah