Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana: Jangan Malas Berkomunikasi!

Dr Aqua Dwipayana semangat menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada unsur pimpinan dan pegawai Hotel Santika Premiere Padang dan Hotel Amaris Padang. (Foto: Aqua/J5NEWSROOM.COM)

J5NEWSROOM.COM, Padang – Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana mengingatkan untuk selalu membangun dan mengembangkan komunikasi silaturahim dalam setiap lingkup pergaulan. Hal ini karena salah satu ciri khas sebuah layanan adalah interaksi dan berkomunikasi antara pemberi dan penerima layanan. Maka komunikasi berbasis silaturahim menjadi jembatan kuat yang dapat memunculkan sikap saling percaya.

Dr Aqua Dwipayana menegaskan hal tersebut saat Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Kunci Sukses Komunikasi di Organisasi” pada Selasa 16 Mei 2023 di Ballrom 1 Hotel Santika Premiere Padang, Sumatera Barat. Pemaparan itu disampaikan kepada unsur pimpinan dan karyawan hotel terbaik di Kota Padang tersebut dan Hotel Amaris yang masih satu grup.

Komunikasi berbasis silaturahim menurut Dr Aqua Dwipayana merujuk pada pendekatan komunikasi yang menekankan hubungan yang hangat, akrab, dan saling mengenal antara individu atau kelompok yang terlibat. “Semua dilandasi oleh keikhlasan dan meniatkan semua aktivitas yang dilakukan sebagai bagian dari ibadah kepada Tuhan,” ucap motivator kawakan tersebut.

Dalam konteks komunikasi berbasis silaturahim, penting untuk membangun hubungan yang positif dan saling mengenal dengan baik. Komunikasi berbasis silaturahim mendorong keterbukaan dan kedekatan antara individu atau kelompok yang terlibat. Hal ini melibatkan saling berbagi informasi, pemikiran, serta perasaan secara jujur dan terbuka.

“Penting untuk menunjukkan empati dan penghargaan terhadap orang lain dalam komunikasi berbasis silaturahim. Menyimak dengan penuh perhatian, memahami perspektif orang lain, dan menghargai kontribusi mereka adalah elemen penting dalam pendekatan ini,” ucap Dr Aqua Dwipayana.

Lebih jauh ditegaskan bahwa kejujuran dan integritas adalah hal mendasar dalam komunikasi berbasis silaturahim. Juga,  setiap pihak memiliki kesempatan untuk berbicara dan didengarkan. Komunikasi dua arah memungkinkan adanya pertukaran informasi yang lebih baik dan pemahaman yang lebih mendalam.

Butuh Kolaborasi dan Sinergi

Dr Aqua Dwipayana menyatakan kesuksesan dalam pekerjaan membutuhkan kolaborasi dan sinergi dengan pihak lain. Untuk itu, sangat penting memiliki teman di tempat kerja. Tanpa kontribusi orang lain maka tidak mungkin kita dapat menyelesaikan semua pekerjaan dengan optimal.

Dengan membangun hubungan yang baik dengan teman di tempat kerja, lanjut Dr Aqua Dwipayana, maka dapat meningkatkan kolaborasi, produktivitas, dan mencapai kesuksesan secara bersama-sama.

“Namun, penting juga untuk memastikan bahwa hubungan dengan teman di tempat kerja tetap profesional dan tidak mengganggu produktivitas atau etika kerja. Perlu sekali menjaga keseimbangan antara aspek pribadi dan profesional dalam interaksi dengan mereka,” ucap pria yang menempuh studi linier S1, S2, dan S3 di bidang Komunikasi tersebut.

Dr Aqua Dwipayana didampingi General Manager Hotel Santika Premiere Padang dan Hotel Amaris Padang Ainur Rofik Mustamar bersama para peserta Sharing Komunikasi dan Motivasi. (Foto: Aqua/J5NEWSROOM.COM)

Kolaborasi dan sinergi dengan pihak lain, lanjut Dr Aqua Dwipayana, sangat penting dalam mencapai kesuksesan dalam pekerjaan. Banyak sekali manfaat selalu berkomunikasi baik sama teman.

Menurut Dr Aqua Dwipayana di tempat kerja, teman dapat menjadi mitra kolaboratif yang membantu memecahkan masalah, berbagi ide, dan saling mendukung dalam mencapai tujuan bersama. Dengan bekerja sama, dapat menggabungkan keahlian, pengetahuan, dan pengalaman yang berbeda untuk mencapai hasil yang lebih baik.

“Dalam lingkungan kerja yang sering kali penuh tekanan dan tantangan, memiliki teman yang akrab dapat memberikan dukungan emosional. Mereka bisa menjadi pendengar yang baik, memotivasi, dan membantu mengurangi stres. Dukungan sosial ini penting untuk menjaga keseimbangan dan kebahagiaan di tempat kerja,” kata Dr Aqua Dwipayana.

Selanjutnya, pria yang suka membantu sesama ini mengatakan, teman di tempat kerja dapat menjadi sumber inspirasi dan kesempatan untuk belajar. Melalui pertukaran ide, pengalaman, dan umpan balik, dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan  secara lebih baik. Mereka bisa membantu  melihat hal-hal dari sudut pandang yang berbeda dan mendorong pertumbuhan pribadi serta profesional.

Lebih jauh disampaikan, melalui kolaborasi dan dukungan tim, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam pekerjaan. Dengan berbagi tugas, saling membantu, dan bekerja sebagai tim, bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik dan lebih cepat daripada jika melakukannya sendiri.

“Hubungan yang positif dengan teman di tempat kerja dapat meningkatkan kepuasan dan kebahagiaan dalam bekerja. Koneksi sosial yang baik menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan dan mengurangi rasa kesepian atau isolasi,” ucap pria kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara, 23 Januari 1970 ini.

Jangan Malas Berkomunikasi

Dr Aqua Dwipayana menegaskan, komunikasi pada intinya menjadi kunci keharmonisan sebuah organisasi. Dengan adanya komunikasi, seseorang bisa memahami orang lain. Tak hanya itu, hal ini juga akan membuat sebuah organisasi menjadi sejalan melaksanakan visi, misi, dan program kerja.

Tak hanya komunikasi, kekompakan juga menjadi kunci keberhasilan sebuah organisasi. Untuk menjadi kompak, maka tidak boleh ada jarak antara anggota satu dengan yang lain. “Atasan bisa memahami apa yang diinginkan dan dikeluhkan bawahan. Sebaliknya bawahan juga mengetahui dan melaksanakan apa yang diinginkan dan perintahkan atasannya. Semua itu akan terlaksana bila atasan dan bawahan sering berkomunikasi, tidak ada jarak,” tutur pria yang telah memotivasi lebih sejuta orang baik di Indonesia maupun di puluhan negara ini.

Menurut Dr Aqua Dwipayana, tidak hanya organisasi besar saja, bahkan dalam keluarga pun komunikasi juga menjadi hal yang penting buat meminimalisir kesalahpahaman. Untuk itu agar membiasakan diri belajar komunikasi di lingkungan terkecil.

Pria rendah hati itu mengungkapkan, kehadiran teknologi sudah mempermudah komunikasi sekarang ini. Orang tak perlu lagi menunggu lama untuk mendapatkan kabar dari orang lain. Namun semua kemudahan itu jangan membuat malas berkomunikasi secara langsung, tatap muka.

Para penanya yang mendapatkan hadiah buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim foto sama penulisnya Dr Aqua Dwipayana. Turut mendampingi General Manager Hotel Santika Premiere Padang dan Hotel Amaris Padang Ainur Rofik Mustamar. (Foto: Aqua/J5NEWSROOM.COM)

Dr Aqua Dwipayana sangat memberikan perhatian pada upaya meningkatkan kompetensi komunikasi sumber daya manusia di berbagai bidang. Mantan karyawan di sembilan perusahaan ini menegaskan, kekompakan dan kebersamaan tim harus selalu diutamakan dan konsisten dilaksanakan. Itu bisa tercipta jika seluruh anggota tim memiliki kemampuan komunikasi yang efektif.

“Kita dapat melakukan hal itu di dalam sebuah tim atau lingkungan. Caranya, pertama, kita harus menyesuaikan diri dengan karakter orang yang diajak berkomunikasi. Kemudian menggunakan pola komunikasi dua arah, aktif dan cerdas. Selanjutnya, selalu menghargai lawan bicara,” ujar Dr Aqua Dwipayana.

Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik itu melanjutkan membangun komunikasi efektif juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahasa yang baik dan selalu mengedepankan etika dan kesantunan.

“Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting. Manusia tidak dapat menghindari berbagai macam bentuk komunikasi karena dengan komunikasi manusia bisa membangun relasi yang dibutuhkannya sebagai makhluk sosial. Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari seseorang ke orang lain dengan tujuan tertentu. Maka, kita sebagai manusia tidak mungkin tidak berkomunikasi,” ungkap Dr Aqua Dwipayana yang memiliki jejaring pertemanan sangat luas tersebut.

Penulis belasan buku tersebut menegaskan bahwa kepuasan tamu merupakan inti pokok dari pelayanan yang diberikan di dalam industri perhotelan.

“Tamu akan merasa sangat dihargai dan dihormati apabila setiap karyawan hotel memiliki komunikasi yang baik. Komunikasi sangat penting bagi setiap departemen terutama di bagian Front Office. Karena Front Office adalah bagian yang paling utama di saat tamu tiba di hotel. Dengan demikian tamu akan merasa nyaman untuk tinggal di dalam hotel tersebut,” kata pria ramah yang hobi bersilaturahim tersebut.

Namun, Dr Aqua Dwipayana menambahkan, semua unsur di dalam sebuah perusahaan atau lembaga mutlak harus memiliki kompetensi atau keterampilan komunikasi yang baik. “Di dalam sebuah lembaga atau organisasi termasuk hotel, ada yang disebut komunikasi vertikal dan horizontal serta komunikasi internal dan eksternal. Masing-masing harus dipersepsi dan dikuasasi dengan baik,” tegas motivator kawakan ini menguraikan.

Di awal acara dalam sambutannya General Manager Hotel Santika Premiere Padang dan Hotel Amaris Padang Ainur Rofik Mustamar mengatakan semua pegawai yang hadir sangat beruntung dapat menyimak Sharing Komunikasi dan Motivasi dari Dr Aqua Dwipayana. Ini merupakan kesempatan yang langka.

“Bapak Dr Aqua Dwipayana ini jadwalnya padat sekali. Sehingga merupakan rezeki buat kita semua bisa menyimak Sharing Komunikasi dan Motivasi dari beliau. Mari kehadiran Pak Aqua kita optimalkan. Belajar langsung kepada Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional,” ujar Ainur.

Editor: Saibansah