Dr Aqua Dwipayana: Jangan Bangun Silaturahim Pakai Asas Transaksional

Kiri-kanan: Pemred J5NEWSROOM.COM, Saibansah Dardani, Kepala Staf Koarmada I Laksma TNI Sawa, Dr. Aqua Dwipayana, Ikhsyat Syukur dan Pemimpin Perusahaan J5NEWSROOM.COM, Adil Abdul Hakim. (Foto: J5NEWSROOM.COM)

J5NEWSROOM.COM, Tanjungpinang – Masyarakat awam mungkin belum mengenal dengan sosok Dr Aqua Dwipayana. Namun tidak dengan para tokoh nasional, TNI/Polri, maupun pengusaha nasional yang sudah akrab dengan pakar komunikasi dan motivator nasional Dr. Aqua Dwipayana. Mantan wartawan ini seakan tak kenal lelah mengunjungi sahabat-sahabatnya, baik tatap muka maupun melalui jari-jari.

Seperti yang dilakukannya pada Selasa (12/6/2023), dia mengunjungi sahabatnya Laksma TNI Sawa, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Koarmada I di Tanjungpinang. Bahkan, dalam bersilaturahmi ini, Dr. Aqua Dwipayani pun mengajak serta abang kandungnya, Ikhsyat Syukur, Pemred J5NEWSROOM.COM, Saibansah Dardani dan Pemimpin Perusahaan J5NEWSROOM.COM, Adil Abdul Hakim.

Salah satu cara membangun silaturahim itu adalah membuka diri untuk memberi bantuan kepada orang lain tanpa pamrih. Kepada siapa saja bisa atasan atau anak buah jangan sampai pilih-pilih, konglongmerat atau orang biasa.

Itulah pesannya hari ini yang esok, lusa, dan hari-hari berikutnya akan berganti. Seakan stok pesan kebaikan tak pernah habis di benak pria murah senyum ini. “Kalau bisa bantu, bantu saja dan jangan berharap bantuan itu langsung berbalas, sebab akan jatuh pada situasi transaksional,” ujarnya.

Dr Aqua Dwipayana melanjutkan, ini tidak baik dalam menjalin silaturahim. Membangun silaturahim yang baik itu penting. Hal ini penting bagi jejaring dan menjaga eksistensi media, karena bisa memudahkan langkah ke mana saja dan dengan mudah pula bisa berbuat banyak hal.

Pada dasarnya ungkap Dr Aqua Dwipayana, ketika memberikan bantuan kepada orang lain, itu sama dengan membantu diri sendiri. Jika ikhlas melakukannya akan merasakan hasilnya yang dahsyat dan luar biasa.

Hal itu disampaikan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana yang pada Senin 12 Juni 2023 pagi dijadwalkan memberikan pembekalan kepada awak redaksi portal berita terverifikasi Dewan Pers di “Kota Industri” Batam.

Awak media yang beruntung tersebut adalah batamtoday.com dan j5newsroom.com. Mereka akan mendapat paparan materi bertajuk “Memperkuat Jaringan Demi Eksistensi Media”.

Dr Aqua Dwipayana tidak tidak sekadar berkata-kata. Sejak puluhan tahun lalu termasuk ketika jadi wartawan di banyak media besar, intens melaksanakan silaturahim tanpa pamrih. Hasilnya pria yang hobi membaca ini memiliki banyak teman baik di Indonesia maupun di puluhan negara.

Saking gilanya bersilaturahim, Dr Aqua Dwipayana yang merasa kurang waktu mendatangi satu persatu sahabatnya di tempat masing-masing, mengundang berkumpul di rumahnya, Yogyakarta.

Tidak sekadar mengundang, tetapi seluruh biaya transportasi, akomodasi plus buah tangan untuk keluarga, sudah disiapkan. Bahkan selama di Yogyakarta, mereka diajak berwisata.

Bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana ini selalu menjaga, memelihara, mengembangkan, dan meningkatkan silaturahim. Setiap ketemu siapa pun, dalam hati dan pikirannya berniat membantu dan memberi. Sama sekali tidak ada keinginan mendapatkan sesuatu dari orang yang diajak berkomunikasi.

Setiap ada undangan dari media, Dr Aqua Dwipayana mengaku sangat bahagia dan dengan penuh suka cita menghadirinya.

Menurutnya, saat menyampaikan sharing komunikasi dan motivasi serasa seperti nostalgia karena pernah sekitar enam tahun (1988-1994) jadi wartawan di berbagai media besar.

Alumnus S1 Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan S2 serta S3 disiplin ilmu yang sama di Universitas Padjadjaran ini mengaku sharing komunikasi dan motivasi di media serasa kembali ke habitatnya. Pekerjaan yang pernah menempanya hingga bisa sukses seperti sekarang ini.

“Insyaallah Mas Saibansah, saya senang mendapat undangan untuk sharing komunikasi dan motivasi. Ini rezeki sekaligus amanah buat saya,” begitu respon Dr Aqua Dwipayana saat mendapat undangan dari pemimpin redaksi kedua media, BATAMTODAY.COM dan J5NEWSROOM.COM, Saibansah Dardani.

Bahkan dengan rendah hati, penulis buku-buku super best seller Trilogi The Power of Silaturahim ini mengatakan, semoga apa yang dia sampaikan nanti dapat memberikan motivasi dan pelecut spirit awak redaksi untuk menjadikan silaturahim sebagai bagian dari membangun jejaring demi keberlangsungan media.

Seorang wartawan, dalam pandangan Dr Aqua Dwipayana, harus dapat membangun “trust” atau kepercayaan dari narasumber. Hal itu hanya bisa dilakukan jika wartawan atau jurnalis terus melakukan upaya pengembangan diri dengan salah satunya memperluas jejaring.

Editor: Saibansah