Dr Aqua Dwipayana Ingatkan Mahasiswa Harus Dapat Membangun Komunikasi Efektif Selama Perkuliahan

Flayer kegiatan sharing komunikasi dan motivasi yang dilakukan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana di Universitas Mahkota Tricom Unggul Medan, Jumat 16 Juni 2023. (Foto: Aqua/BATAMTODAY.COM)

J5NEWSROOM.COM, Medan – Selama mengikuti perkuliahan, mahasiswa harus dapat membangun komunikasi efektif. “Pertama, harus menyesuaikan diri dengan karakter dosen selama perkuliahan tersebut. Kemudian menggunakan pola komunikasi dua arah, aktif dan cerdas   dalam kuliah. Selanjutnya, menghargai dosen apapun metode pengajaran yang diberikannya,” ungkap Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana.

Pada Jumat 16 Juni 2023, doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut menyampaikan dua sesi sharing dengan materi berbeda kepada kalangan mahasiswa dan dosen serta pegawai Universitas Mahkota Tricom Unggul Medan. Tempatnya di lantai 25 Grand Jati Jalan Perintis Kemerdekaan No 3A Kota Medan, Sumatera Utara.

Pada sesi pertama pagi hari, pria dengan jejaring pertemanan sangat luas tersebut akan menyampaikan materi bertajuk “Sukses Belajar dan Sukses Bekerja” di hadapan para mahasiswa. Sedangkan pada siang harinya di sesi kedua, penulis buku super best seller trilogi The Power of Silaturahim itu akan menyampaikan paparan bertajuk “Sharing Komunikasi dan Motivasi Budaya Kerja dalam Meningkatkan Kerja”.

Bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana ini melanjutkan membangun komunikasi efektif juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahasa yang baik dan selalu mengedepankan sopan santun.

“Selain itu, mahasiswa juga harus dapat mempelajari konsep bahasa nonverbal sehingga dalam setiap proses komunikasi kita dapat menyampaikan dan menerima pesan komunikasi secara efektif,” ujar Dr Aqua Dwipayana.

Untuk mencapai efektivitas komunikasi, menurut penulis buku “super best seller” yang berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” yang semakin padat jadwal kegiatannya di masa pandemi Covid-19 ini, mahasiswa juga dapat menjalankan rumus REACH Plus AC. Hal ini mengacu pada lima aspek yakni “Respect” atau perhatian yaitu di mana saja, kapan pun, kepada siapa pun selalu menghormati, jangan pernah meremehkan.

Kemudian, “Empathy” atau bisa menempatkan diri yaitu bagaimana merasakan apa yang dirasakan orang lain. Melayani dengan optimal dan standar, tidak ada perbedaaan atau diskriminasi.

“Selanjutnya “Audible” atau mudah dimengerti yaitu semua yang disampaikan gampang dipahami. Sehingga seluruh pesannya dapat diterima oleh penerima pesan.

“Clarity” atau kejelasan pesan yang diutarakan dengan mengutamakan etika komunikasi sehingga mudah  dimengerti. Untuk itu agar menggunakan kalimat sederhana.

Terakhir, “Humble” atau rendah hati. Tidak ada yang perlu disombongkan oleh setiap manusia. Semua itu perlu dilengkapi dengan huruf “AC” yakni “Action” atau Tindakan nyata dan cepat serta “Consistency” atau Konsistensi yang dilakukan secara terus-menerus,” papar Dr Aqua Dwipayana.

Dr Aqua Dwipayana menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di lingkungan PT Mahkota Group Tbk termasuk Universitas Mahkota Tricom Unggul atas undangan Direktur Utama Usli Sasri. Mereka pertama kali ketemu awal 2023 di Medan. Kepala Lembaga Pembiayaan Ekspor Cabang Medan Alexander Halim yang berjasa mempertemukan mereka.

Saat mereka ketemu di kantor Usli, salah satu yang dibicarakan adalah upaya meningkatkan kualitas para pegawai PT Mahkota Group Tbk baik yang bertugas di kantor pusat maupun yang di lapangan. Mereka sepakat bahwa semua karyawan perlu mendapatkan Sharing Komunikasi dan Motivasi.

“Saya akan mengundang Bapak Aqua Dwipayana untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada para pegawai PT Mahkota Group Tbk. Mereka perlu mendapat motivasi dan kemampuan komunikasinya ditingkatkan,” ujar Usli.

Di sela-sela jadwalnya yang sangat padat, baik untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi maupun silaturahim, Dr Aqua Dwipayana ke Medan memenuhi undangan Usli. Pria rendah hati itu tiba di Ibu kota Sumatera Utara tersebut pada Rabu pagi 14 Juni 2023.

Dari Aceh hingga Papua

Selama ini Dr Aqua Dwipayana sering menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Lokasinya mulai dari Aceh hingga Papua.

Biasanya jika menerima undangan untuk menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi pria yang selalu berusaha totalitas setiap melaksanakan aktivitas, menyarankan agar semua unsur di universitas “disentuh” sehingga mereka mendapatkan motivasi yang sama dan pengetahuan tentang komunikasi. Minimal melaksanakan dua sesi. Pertama khusus untuk mahasiswa. Kedua, dosen dan pegawai.

“Jika perguruan tingginya besar, saya menyarankan pemberian Sharing Komunikasi dan Motivasinya tiga sesi. Sehingga lebih fokus saat penyampaian materinya dan tepat sasaran sebab dari awal hingga akhir hanya kepada semua peserta yang aktivitasnya sama,” ujar Dr Aqua Dwipayana.

Pria yang telah memotivasi lebih dari sejuta orang baik di semua provinsi di Indonesia maupun di puluhan negara ini meyakini bahwa kalangan sivitas akademika sangat membutuhkan motivasi. Terutama paska pandemi Covid-19 di mana perkuliahan dilaksanakan secara daring.

Selesai pandemi Covid-19 sivitas akademika —mahasiswa, dosen, dan pegawai— membutuhkan motivasi. Sehingga mereka kembali semangat untuk melaksanakan tugas masing-masing dan berprestasi.

“Alhamdulillah setelah pandemi Covid-19 saya makin intens menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Undangan dari berbagai perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia baik universitas negeri maupun swasta bertambah banyak. Saya berusaha mengatur waktunya sebaik mungkin agar bisa melayani mereka secara optimal,” ucap Dr Aqua Dwipayana.

Pria yang kuliah S1, S2, dan S3 linier di Komunikasi ini sangat mengapresiasi para pemilik dan pimpinan perguruan tinggi yang memiliki kepedulian yang tinggi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di universitasnya. Itu membuktikan bahwa mereka berusaha untuk memajukan kampusnya.

Menurut Dr Aqua Dwipayana dengan pemberian Sharing Komunikasi dan Motivasi itu secara signifikan meningkat kinerja semua orang yang ada di universitas tersebut. Selanjutnya akan kelihatan kualitasnya.

“Para pemilik dan pimpinan perguruan tinggi secara signifikan bakal merasakan hasil dari pemberian Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajarannya. Makanya mereka yang memahami ini selalu antusias melaksanakannya,” pungkas Dr Aqua Dwipayana.

Mengenai Universitas Mahkota Tricom Unggul

Universitas Mahkota Tricom Unggul bermula dari divisi pelatihan Pusat Pendidikan Komputer TRICOM (PPK TRICOM). Tahun 1993, PPK TRICOM membuka Paket Kuliah Komputer 1 Tahun khusus untuk tamatan SMA, dengan serangkaian software-software komputer yang diarahkan ke bidang kerjanya. Selanjutnya PPK TRICOM bernaung di bawah badan hukum tersendiri yakni Yayasan Pusat Pendidikan Komputer TRICOM.

Dengan adanya pilihan yang beragam, permintaan pendidikan komputer mengalami pertumbuhan pesat. Dalam periode pertumbuhannya, ada usulan kepada Yayasan PPK Tricom untuk mendirikan suatu Perguruan Tinggi Ilmu Ekonomi. Pada 5 September 1997 Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan memberi izin untuk STIE TRICOM. dengan dua program studi yakni Manajemen Program S1 Studi dan Akuntansi Program D3.

Tahun 2012, Yayasan Pendidikan Mahkota Tricom mengambil alih penyelenggaraan STIE TRICOM dari Yayasan PPK TRICOM. Tahun 2020 keluar surat Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 279/M/2020 tanggal 18 Februari 2020 Tentang Izin Perubahan Nama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi TRICOM menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahkota Tricom Unggul.

Selanjutnya Tahun 2021 keluar surat Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 349/E/O/2021 tanggal 26 Juli 2021 Tentang Izin Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahkota Tricom Unggul Menjadi Universitas Mahkota Tricom Unggul.

Dengan perubahan bentuk tersebut Universitas Mahkota Tricom Unggul mendapat penambahan prodi dari sebelumnya hanya dua menjadi enam prodi yakni Manajemen Program S1, Akuntansi Program D3, Agribisnis Program S1, Bisnis Digital Program S1, Sistem Informasi Program S1 dan Teknologi Informasi Program S1.

Visi:
Menjadi Universitas unggul di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang berjiwa kewirausahaan, memiliki budaya   SIGAP (Spiritual, Integritas, Gigih, Adaptif, dan Profesional) secara holistik serta berdaya saing di tingkat nasional dan global pada tahun 2047.

Misi:
• Menyelenggarakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan memiliki manfaat.
• Menghasilkan sumber daya manusia yang menjunjung tinggi etika, professional, mandiri serta mampu berkontribusi dalam pembangunan masyarakat dunia yang pluralistic.
• Meningkatkan kinerja universitas agar mampu menjadi pilihan masyarakat ilmiah yang kritis, kreatif dan inovatif.

Editor: Saibansah