IJTI Kepri Sukses Gelar Pelatihan Kehumasan Kominfo Kepri Hotel Planet di Batam

Ketua Pengda IJTI Kepri, Gusti Yenosa sedang menyampaikan sambutannya saat pembukaan Kegiatan Kehumasan di Hotel Planet Nagoya Batam, Rabu (21/6/2023). (Foto: Saibansah/J5NEWSROOM.COM)

J5NEWSROOM.COM, Batam – Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sukses menyelenggarakan pelatihan kehumasan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kehumasan, di Hotel Planet Holiday, Batam, Rabu (21/6/2023).

Kegiatan yang diikuti sekitar 150 orang pegawai bidang humas dari berbagai instansi di Provinsi Kepri itu dibuka oleh Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi Kepri, Andri Rizal

Pelatihan kehumasan ini diikuti oleh dua orang peserta dari masing-masing kantor Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten/kota seluruh Provinsi Kepri dan instansi vertikal lainnya seperti Kepolisian dan Bea Cukai. Melalui pelatihan ini, diharapkan para jurnalis televisi dapat lebih efektif dalam menyampaikan informasi kepada publik dan meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai isu-isu penting yang sedang berkembang.

Andri Rizal dalam pembukaannya menyampaikan pentingnya kehumasan dalam dunia jurnalistik televisi. Kehumasan memiliki peran yang sangat vital dalam membentuk citra dan reputasi media.

“Melalui pelatihan ini, diharapkan jurnalis televisi di Provinsi Kepri dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan dalam mengelola komunikasi publik dengan lebih baik, sehingga informasi yang disampaikan dapat lebih mudah dipahami dan dinikmati oleh masyarakat,” kata Andri Rizal.

Selama pelatihan berlangsung, para peserta akan mendapatkan materi yang meliputi strategi komunikasi publik, manajemen krisis, penguatan hubungan dengan media, serta etika dan kode etik jurnalistik. Pelatihan ini juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk berbagi pengalaman dan best practice dalam praktik kehumasan.

Pemimpin Redaksi Majalah Siber Indonesia J5NEWSROOM.COM, Saibansah Dardani memimpin pembacaan doa di acara Kegiatan Kehumasan IJTI Kepri di Hotel Planet Nagoya Batam, Rabu (21/6/2023). (Foto: Ricky/J5NEWSROOM.COM)

Sementara itu, Ketua Pengda IJTI Kepri, Gusti Yenosa, menyampaikan harapannya bahwa pelatihan ini akan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan profesionalisme jurnalis televisi di Provinsi Kepri.

“Kami berharap para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkaya pengetahuan dan meningkatkan keterampilan mereka dalam bidang kehumasan. Kami berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan yang bermanfaat bagi perkembangan jurnalis televisi di Kepri,” ujar jurnalis MNCTV yang akrab disapa Oca itu.

Peserta diharapkan dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam dunia kehumasan jurnalistik televisi.

Turut hadir Sekretaris Diskominfo Kepri James Simon Pattikawa, Kadiskominfo Batam Rudi Panjaitan, Kasubdit Multimedia Polda Kepri  AKBP Surya Iswadar, Waka Polresta Batam AKBP Safruddin, Pasitel Kodim Batam Kapten Harry Siregar, Ricky M. Hanafie, Kepala Seksi Layanan Informasi/Humas Bea Cukai KPU Bea Cukai Batam.

Editor: Agung