Angin Puting Beliung Hantam Puluhan Rumah di Pulau Kasu Kota Batam

Kondisi rumah rusak di Pulau Kasu, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam setelah dihantam angin puting beliung, Sabtu (24/6/2023) dini hari. (Foto: BTD)

J5NEWSROOM.COM, Batam – Puluhan rumah warga di Kampung Baru RT01/RW01, Pulau Kasu, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, porak poranda usai diterjang angin puting beliung, Sabtu (24/6/2023) sekitar pukul 02.00 WIB.

Camat Belakang Padang, Yudi Admadji mengungkapkan, sebanyak 83 rumah warga terdampak angin puting beliung yang terjadi dini hari. Dengan rincian, rusak ringan sebanyak 32 rumah, rusak sedang sedikitnya 6 rumah, dan rusak berat sebanyak 45 rumah.

“Puluhan rumah ini tidak hanya di tepi laut, tetapi yang di darat juga terdampak. Untuk yang rusak berat di sekitar tepi laut, ada yang tersapu rata. Tim masih masih mendata apakah masih ada rumah warga yang terdampak,” kata Yudi.

Yudi menjelaskan, selain rumah yang rusak, ada beberapa warga yang terluka. Saat ini tim dokter sudah turun ke lapangan untuk memberikan tindakan medis kepada warga yang terdampak.

“Ada enam orang yang terluka, dua orang di antaranya tertimpa pohon, sebagian luka ringan. Tim medis sudah turun dari tadi,” jelasnya.

Yudi menambahkan, tim dari Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batam, rencananya akan mendirikan tenda tanggap darurat. Meski menempuh jalur laut, sejumlah bantuan terus berdatangan hingga saat ini.

“Bantuan terus berjalan. Meskipun, agak lambat karena kejadian ini kan di pulau. Tetapi sebisa mungkin bantuan kita antar dengan segera. Tenda segera didirikan, dapur umum dan lainnya,” ungkap Yudi.

Nurul, salah seorang warga Pulau Kasu saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, menuturkan, saat ini warga ada yang mengungsi di rumah kerabatnya atau ke pulau lain. Karena, masih trauma.

“Itu kejadiannya di desa Kampung Baru. Memang ada yang rusak parah, jadi sebagian warga numpang di rumah saudaranya. Termasuk rumah teman saya yang dekat laut,” kata Nurul.

Editor: Saibansah