Khutbah Salat Iduladha 1444 Hijriah di Lapangan Temenggung Abdul Jamal Batam Ditutup Hujan Lebat

Dosen Universitas Bung Hatta Padang Sumatera Barat, Dr. Muslim Tawakal, SH,. M.Pd saat menjadi khotib di Lapangan Temenggung Abdul Jamal Mukakuning Batam. (Foto: Saibansah/J5NEWSROOM.COM)

LAPORAN: Alia Safira

J5NEWSROOM.COM, Batam – Dosen Universitas Bung Hatta Padang Sumatera Barat, Dr. Muslim Tawakal, SH,. M.Pd menjadi imam sekaligus khotib sholat Iduladha 1444 Hijriah di Lapangan Temenggung Abdul Jamal Mukakuning Batam, Rabu (28/6/2023). Ribuan warga Kota Batam memadati lapangan parkir yang masih basah setelah disiram hujan malam hari.

Dalam khutbahnya, Muslim Tawakal mengajak para jamaah untuk senantiasa memanjatkan syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang terus menerus tiada henti-hentinya dianugerahkan kepada kita semua. Mulai dari nikmat sehat, nikmat hidup, nikmat bernapas sampai dengan nikmat tertinggi, yaitu nikmat Iman dan Islam. “Qorun dengan harta bendanya yang berlimpah, habis ditelan bumi karena tidak mau bersyukur,” ujarnya.

Ingatlah kisah Tsa’labah, lanjut dosen Universitas Bung Hatta Padang Sumatera Barat itu, sahabat Nabi Muhammad SAW yang begitu soleh ketika masih miskin. Tetapi, ketika sudah kaya raya dengan hewan ternaknya yang melimpah, enggan bersyukur dan membayar zakatnya. Apa yang terjadi? Tsa’labah mati dalam keadaan hina dan dilaknak Allah SWT.

Di tengah khutbahnya yang sarat makna itu, langit di atas Lapangan Temenggung Abdul Jamal Mukakuning Batam mulai gelap. Mendung yang membawa air hujan tinggal menunggu waktu untuk mengguyur para jamaah. Majalah Siber Indonesia J5NEWSROOM.COM yang berada di tengah-tengah jamaah menyaksikan para jamaah yang mulai resah. Benar saja, ketika Dr. Muslim Tawakal, SH,. M.Pd mengajak para jamaah untuk memakmurkan masjid-masjid sebagai rumah Allah, rintik hujan mulai turun.

BACA JUGA: Ribuan Umat Islam Batam Laksanakan Sholat Idul Fitri di Lapangan Stadion Temenggung Abdul Jamal

“Marilah kita memakmurkan masjid-masjid, rumah-rumah Allah. Karena tidaklah mungkin kaum kafirin yang akan memakmurkan masjid, siapa lagi kalau bukan kita umat Islam,” tegasnya.

Tidak lama kemudian, air seperti disiram begitu saja dari langit. Beberapa jamaah sudah ada yang mulai berdiri untuk menghindar, tetapi banyak yang masih duduk mendengerkan khutbah sampai selesai. Dan begitu doktor pendidikan itu menutup khutbah dengan salam, hujan turun begitu lebatnya. Alhamdulillah. “Inilah berkah dari Allah SWT, tanda cinta kasih Allah kepada kita, sehingga kita diberi nikmat hujan ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Batam, H. Zarmi Mazridanto, S.Kom,.CPS.CHT menjawab J5NEWSROOM.COM, mengajak kepada umat Islam di Kota Batam untuk bersama-sama melaksanakan ibadah sholat Iduladha di Lapangan Temenggung Abdul Jamal Batam. “Silahkan bawa keluarga dan teman teman untuk mendengarkan ilmu dari khotbah beliau,” ajaknya.

Sementara itu, Ketua Panitia Sholat Iduladha PDM Muhammadiyah Batam, Rahmantoro mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak antara lain Pemerintah Kota Batam, Badan Pengusahaan (BP) Batam, kepolisian terkait pelaksanaan salat Iduladha.

BACA JUGA: Besok, Dosen Universitas Bung Hatta Muslim Tawakal Jadi Khotib Iduladha di Lapangan Temenggung Batam

Untuk mengantisipasi keramaian dan kemacetan yang biasa terjadi setiap pelaksanaan salat Id di Stadion Temenggung Abdul Jamal, lanjut Rahman, panitia telah merencanakan skenario dan skema pengaturan kantung parkir dan pintu masuk ke lapangan.

“Untuk pelaksanaan salat Iduladha tahun ini akan ada dua pintu masuk yaitu pintu masuk utama Stadion Sepak Bola dan pintu masuk Sport Hall,” jelasnya.

Panitia mengerahkan 100 orang lebih personel Ortom Muhammadiyah yang akan mengatur dan mengarahkan jemaah agar tertib dalam mengikuti rangkaian pelaksanaan salat Iduladha.

Panitia mengimbau para jemaah hadir tepat waktu, serta teratur memarkirkan kendaraan agar pelaksanaan salat Id dapat berjalan dengan lancar, dimana pelaksanaan salat Id akan dimulai pukul 07.15 WIB. “Semoga pelaksanaan salat Iduladha tahun ini bisa berlangsung lebih lancar dan tertib,” tutup Rahman.

Editor: Saibansah