Jet Pribadi Kecelakaan Dekat Bandara Los Angeles, 6 Penumpang Tewas!

Seluruh penumpang yang berjumlah enam orang di dalam pesawat jet kecil tewas ketika pesawat itu jatuh dan terbakar di lapangan dekat bandara Los Angeles. (Foto: Ilustrasi/AFP)

J5NEWSROOM.COM, Los Angeles – Seluruh penumpang yang berjumlah enam orang di dalam pesawat jet kecil tewas ketika pesawat itu jatuh dan terbakar di lapangan dekat bandara Los Angeles, Amerika Serikat (AS), Sabtu (8/7/2023), kata pihak berwenang setempat dan federal.

Pesawat jet bisnis Cessna C550, sedang terbang dari Las Vegas dan jatuh di dekat Bandara French Valley di Riverside County, sekitar 137 km selatan Los Angeles. Insiden tersebut terjadi sekitar pukul 04.15 waktu setempat, kata Administrasi Penerbangan Federal dalam sebuah pernyataan.

Para penumpang dan pilot yang meninggal semuanya orang dewasa, kata Elliott Simpson, penyelidik penerbangan untuk Dewan Keselamatan Transportasi Nasional, dalam jumpa pers.

Pesawat milik pribadi itu jatuh 300 kaki dari landasan pacu di bandara kecil tersebut, setelah mencoba melakukan pendaratan dengan instrumen yang ada menyusul adanya fenomena cuaca lapisan laut di daerah itu, kata Simpson.

Pilot tampaknya telah memenuhi standar minimum untuk melakukan pendaratan di bandara, katanya.

Beberapa hari sebelumnya, pada 4 Juli 2023, sebuah pesawat kecil dengan empat penumpang jatuh di dekat bandara yang sama, menewaskan pilot dewasa dan melukai tiga remaja, kata pihak berwenang.

Dalam insiden yang menelan korban enam orang itu, api melahap hampir semua bagian pesawat, kecuali ekor pesawat setelah jatuh, kata Simpson.

Video udara dari media lokal menunjukkan puing-puing yang terbakar berbentuk pesawat kecil di bagian lapangan yang menghitam di seberang jalan dari lapangan terbang.

Data radar dari situs pelacakan penerbangan FlightAware menunjukkan hanya satu jet bisnis yang melakukan perjalanan dari Las Vegas ke French Valley pada saat itu. Pesawat tersebut berputar sekali di dekat lapangan sebelum turun.

Kantor sheriff di Riverside County, di mana Bandara French Valley berada, mengatakan para pejabat menemukan sebuah pesawat yang terbakar habis di sebuah lapangan dan enam penumpang dinyatakan meninggal di tempat kejadian.

Sumber: voaindonesia.com
Editor: Saibansah