Virgina Ulfa Syahida Santriwati Ponpes Al Amien Madura Juara Menulis Puisi Nasional

Virgina Ulfa Syahida didampingi gurunya saat menerima trhopy dan piagam juaranya. (Foto: tmial-amien.sch.id)

LAPORAN: Alia Safira

J5NEWSROOM.COM, Sumenep – Seorang santriwati Pondok Pesantren (Ponpes) TMI (Tarbiyatul Mu’allimin al Islamiyah) Al-Amien Prenduan Sumenep Madura Jawa Timur, Virgina Ulfa Syahida, berhasil mengukir prestasi membanggakan sekolah dan kedua orang tuanya. Ulfa menjuarai ajang ‘Lomba Seni Sastra Indonesia’ tingkat nasional yang digelar Penerbit Aksara Pilar Nusantara, Sabtu (10/8/2023) lalu.

Santriwati asal Jakarta itu tidak menyangka, karya puisinya akan menjadi juara dua tingkat nasional. Karena putri bungsu pasangan H. Muhammad Sodri Saied dan Halilah Rinduwati itu menyadari, pastinya ada ratusan bahkan mungkin ribuan puisi yang masuk dari seluruh Indonesia. Sudah barang tentu, bersaing dengan sebegitu banyaknya puisi, kecil peluang untuk bisa menang.

“Alhamdulillah, tapi awalnya saya tidak menyangka akan memenangkan lomba cipta puisi ini,” ujar Ulfa, santriwati kelas III Regular A TMI Al Amien itu.

Meski demikian, gadis belia yang hoby baca novel dan buku-buku ilmiah itu berharap, pencapaiannya ini akan membawanya pada prestasi dan pencapaian lainnya di masa yang akan datang.

“Semoga ini menjadi awal bagi saya sendiri untuk lebih menggembangkan lagi bakat yang saya miliki, agar tidak hanya menjadi yang kedua tapi dapat terus berada di urutan nomor satu,” tutur gadis belia yang ceria itu.

Keseharian Virgina Ulfa Syahida yang selalu ceria. (Foto: J5NEWSROOM.COM)

J5NEWSROOM.COM kemudian menghubungi kakak kandung Ulfa di Jakarta, Afifah Chairunnisa yang mengakui bahwa adiknya ini sejak masih di bangku sekolah dasar memang sudah kerap mendulang prestasi. Itu dibuktikan dengan deretan thropy, piala dan piagam atas nama Virgina Ulfa Syahida.

“Kalau untuk baca buku-buku sastra aku belum pernah lihat, yang aku lihat yaitu baca novel atau buku bacaan ilmiah. Di samping itu, yang aku lihat kecenderungan untuk membaca memang besar. Sejak menginjak Sekolah Dasar sudah terlihat bahwa adikku itu suka membaca, cepat menghafal dan mengarang kalimat-kalimat puitis atau kalimat bijak gitu, biasanya dipost di IG Story,” ungkap sang kakak.

Kakak Ulfa yang juga alumni Ponpes TMI Al-Amien Prenduan Sumenep Madura itu menambahkan, dirinya sudah mengetahui bahwa adiknya memamg menaruh minat pada bidang sastra ini. Terlihat jelas pada sosial medianya yang selalu menampilkan kutipan puitis.

“Sepertinya Ulfa memang sudah menyukai journaling. Terlihat ketika dibelikan perlengkapan journaling, dia merasa sangat senang,” ujar Afifah Chairunnisa mengakhiri.

Editor: Agung