Pangdam Brawijaya Hadiri Grand Final Karapan Sapi Piala Presiden

Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf, M. A menyerahkan hadiah kepada juara Karapan Sapi Piala Presiden. (Foto: Humas Kodam Brawijaya)

J5NEWSROOM.COM, Bangkalan – Event grand final Karapan Sapi yang digelar di Lapangan Mohammad Noer, Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura, Jawa Timur Minggu (08/10/2023) berlangsung aman dan sukses.

Penutupan Karapan Sapi Piala Presiden itu dihadiri Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf, M. A yang juga berasal dari Bangkalan Madura tersebut.

“Karapan Sapi piala Presiden ini bentuk apresiasi dari Presiden terhadap kekayaan budaya dan tradisi di Indonesia yang menjadi kebanggaan warga Madura,” ujar Pangdam.

Budaya itu, kata Pangdam, merupakan tradisi turun-temurun. Bahkan, adanya pelaksanaan kejuaraan itu mendapat dukungan penuh dari dirinya.

“Bukan hanya menjadi ajang kecepatan dan kekuatan sapi, tapi event ini juga menjadi ajang mempererat silaturahmi,” kata Mayjen Farid Makruf.

Pangdam menyebut, kemenangan bukan menjadi prioritas utama pada pelaksanaan Karapan Sapi saat ini. Namun, kata dia, sportifitas dan semangat kebersamaan seakan menjadi tujuan utama digelarnya kejuaraan tersebut.

“Kegiatan ini juga harus bisa menjadi potensi dalam mempromosikan wisata dan ekonomi lokal di Bangkalan,” jelas Pangdam.

Editor: Agung