Kapal Roro KMP DLN Nusantara Resmi Layani Penumpang Rute Jakarta-Batam-Belawan

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, bersama pejabat lainnya melihat langsung fasilitas kapal KPM DLN Nusantara di Pelabuhan Bintang 99 Batuampar Batam, Jumat (13/10/2023). (Foto: Aldy/BTD)

J5NEWSROOM.COM, Batam – Kapal angkutan penyeberangan kapal roro fery KMP PT Damai Lautan Nusantara (DLN) resmi melakukan pelayaran perdana dari Pelabuhan Batuampar Batam, Jumat (13/10/2023), melayani rute Jakarta-Batam-Belawan.

Peresmian pelayaran perdana KMP DLN Nusantara itu digelar di Pelabuhan Bintang 999 Batuampar, Kota Batam, ditandai dengan pelepasan burung merpati ke udara oleh Walikota Batam ex-officio Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, H. Muhammad Rudi.

Rudi menyampaikan terimakasih kepada PT DLN atas partisipasinya dalam mendukung Kota Batam menuju Kota Smart City atau Kota Modern. Dengan adanya moda transportasi baru, hal ini terut menunjang Batam sebagai Hub Logistik.

“Dengan dukungan pelayaran dalam negeri dari PT DLN, ini akan menjadi moda transportasi pendukung kota Batam sebagai hub logistik,” ujar Muhammad Rudi, Jumat (13/10/2023).

Dengan kecepatan dan ketepatan waktu yang diusung KMP DLN Nusantara, diharapkan bisa menjadi pilihan bagi masyarakat. Terlebih bagi para pengusaha angkutan atau ekspedisi, karena jenis kapal ini bisa memuat kendaraan besar dan penumpang.

“Terima kasih kepada DLN, ini bisa menjadi moda transportasi pilihan bagi masyarakat Batam,” kata Muhammad Rudi.

Sementara itu, Direktur Operasional PT DLN, Chadra Danamik mengatakan, peluncuran KMP DLN Nusantara ini bisa menjadi pilihan bagi masyarakat yang akan ke Batam dan Jakarta. Dengan model kapal pengangkut kendaraan dan penumpang, diharapkan kapal ini bisa menjadi moda transportasi bagi para pelaku usaha lintas daerah.

“Kita berbeda dengan Kapal Pelni. Kami bisa mengangkut sekita 250 kendaraan roda 4 campuran, seperti tronton, truk besar dan mobil penumpang,” kata Chadra.

Chadra menjelaskan, KMP DLN Nusantara memiliki rute Jakarta-Batam-Belawan. Selain bisa mengangkut ratusan kendaraan, kapal ini juga berkapasitas hingga 1.100 penumpang dengan jumlah tempat tidur 680 unit, kursi 350 unit, kamar VIP 12 unit. Selain itu memiliki fasilitas ruang makan, kantin, ruang merokok, dan taman bermain anak-anak juga ada.

Sedangkan untuk lower deck-nya berkapasitas 24 unit tronton, main deck dengan kapasitas 62 unit truk besar, 6 unit truk sedang, serta upper deck dengan kapasitas 50 unit truk sedang, dan 80 unit kendaraan kecil.

“Kapal ini diproduksi pada tahun 2022. Ini pelayaran perdana kami, semoga dengan fasilitas yang kita miliki ini bisa menjadi pilihan utama bagi masyarakat Batam,” ungkapnya.

Kemudian, Kepala Cabang PT DLN Batam, Zuharli Nata mengatakan, pada pelayaran perdana dari Jakarta menuju Batam, KMP DLN Nusantara mengangkut 30 kendaraan dan 25 penumpang. Untuk keberangkatan hari ini yang sudah masuk dalam sistem , terdata ada 6 kendaraan roda 4 dan 2 kendaraan roda 2 serta 15 penumpang. Kemungkinan akan ada tambahan, semua melalui sistem.

“Perjalanan dari Jakarta ke Batam itu memakan waktu sekitar 34 jam, sementara, dari Batam ke Belawan memakan waktu sekitar 20 jam,” kata Nata, sapaan akrabnya.

Editor: Agung