Santri TPQ Masjid Istiqomah Batam Semangat Galang Donasi untuk Rakyat Palestina

Para santri TPQ Masjid Istiqomah Sei Panas Batam didampingi guru mereka, melakukan penggalangan dana kemanusiaan untuk membantu para korban serangan zionis Israel di Jalur Gaza Palestina. (Foto: J5NEWSROOM.COM)

LAPORAN: Fifi Ch

J5NEWSROOM.COM, Batam – Setelah berhasil menggalang dana dukungan dari warga Perumahan Nusa Jaya Sei Panas Batam untuk rakyat Palestina korban serangan brutal Israel, Minggu (29/10/2023) lalu, kembali para santri TPQ (Taman Pendidikan Al Quran) Masjid Istiqomah Sei Panas Batam keliling kompleks, Minggu (5/11/2023). Ini adalah minggu terakhir mereka berkeliling menggalang donasi masyarakat.

Jika pekan lalu para santri yang didampingi para guru dan wali santri berhasil mengumpulkan dana donasi sebesar Rp 5.160.000. Maka, kali ini mereka berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 4.542.000. Sehingga, total dana donasi yang berhasil dikumpulkan para santri TPQ Masjid Istiqomah dari dua kali penggalangan dana keliling sebesar Rp 9.702.000.

Demikian ungkap Pimpinan TPQ Masjid Istiqomah Batam Ustadz Adi Supriyadi kepada J5NEWSROOM.COM, Rabu (8/11/2023). “Alhamdulillah dana donasi untuk Palestina yang dikumpulkan para santri sudah kami sampaikan ke Badan Musyawarah Guru Al Quran (BMGQ) Kota Batam sebesar Rp 4000.000 dan sebesar Rp 7.402.000 sudah diserahkan ke Baznas Kota Batam,” ujar ustadz alumni Pondok Pesantren Alfalah Ploso Mojo Kediri Jawa Timur itu.

Ditambahkan Ustadz Adi, alhamdulillah selama dua kali kegiatan penggalangan dana donasi Palestina, para santri semangat membawa spanduk, brosur dan kotak kardus. “Mungkin karena melihat para santri begitu antusias dan bersemangat, sehingga warga Nusa Jaya pun juga antusias menyumbangkan infak terbaik mereka,” lanjut Ustadz Adi.

Pimpinan TPQ Masjid Istiqomah Batam Ustadz Adi Supriyadi saat menyerahkan dana donasi Palestina ke petugas Baznas Kota Batam. (Foto: J5NEWSROOM.COM)

Melihat begitu besarnya antusiasme masyarakat dan para santri, ustadz muda yang pernah menimba ilmu di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo Jawa Timur itu ingin menyampaikan terimakasih kepada para donatur dan warga Perumahan Nusa Jaya Batam. Sembari berdoa semoga dana donasi yang mereka sumbangkan itu dapat meringankan beban rakyat Palestina.

Sementara itu, Bendahara DKM Masjid Istiqomah Sei Panas Batam, Edy Darmansyah menambahkan, seluruh dana yang telah diserahkan ke BMGQ Kota Batam dan Baznas Kota Batam tersebut sudah termasuk dengan dana yang disumbangkan masyarakat melalui kotak amal. Total keseluruhannya sebesar Rp 11.402.000.

“Donasi yang disumbangkan para jamaah sholat Jumat Masjid Istiqomah dan kotak amal, telah disalurkan ke BMGQ Kota Batam dan Baznas Kota Batam, untuk kami pengurus masjid menyampaikan ribuan terimakasih kepada para jamaah,” ujar Edy Darmansyah.

Ketua DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) Istiqomah Sei Panas Batam, Saparin menambahkan, penggalangan dana untuk saudara muslim di Jalur Gaza Palestina ini adalah inisiatif jamaah masjid yang tergerak hatinya. “Jamaah meminta kepada pengurus masjid agar membuka dompet penggalangan dana untuk Palestina, karena itulah kegiatan ini kita gelar,” ungkap Saparin.

Donasi dan sumbangan untuk Palestina melalui Masjid Istiqomah dapat ditransfer ke rekening: Bank Riau Kepri Syariah (Kode Bank 119) No: 8212112113 atas nama: Masjid Istiqomah Batam.

Editor: Agung