Teriakan “Free Palestine” Menggema dari Suara Ribuan Warga Karimun di Coastal Area

Ribuan warga masyarakat Karimun menggelar aksi solidaritas untuk Palestine di Coastal Area Tanjungbalai Karimun. (Foto: Humas Pemkab Karimun)

J5NEWSROOM.COM, Karimun – Ribuan warga Kabupaten Karimun tumpah ruah di kawasan Coastal Area Tanjungbalai Karimun untuk menggelar aksi solidaritas Palestina, Sabtu (19/11/2023).

Mereka yang ikut aksi solidaritas itu berasal dari berbagai kalangan. Mereka menggunakan pakaian serba putih dan  membawa bendera merah putih dan bendera Palestina, serta spanduk bertuliskan “Free Palestina” sambil meneriakkan yel yel “Free Free Palestina” diiringi teriakan takbir Allahu Akbar.

Sekda Karimun Muhammad Firmansyah yang hadir dalam aksi tersebut menyampaikan orasi di panggung Putri Kemuning Coastal Area. Dia mengatakan, pagi hari ini kita berdiri di lapangan ini tidak lain tidak bukan bahwa pendiri Bangsa kita sangat anti terhadap penjajahan dan itu sudah termaktub dalam UUD 1945. Artinya, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.

Sekarang ini kita semua sudah melihat, menyaksikan dan mendengar dari media bahwa ada satu negara hingga saat ini masih berjuang untuk merebut kemerdekaannya. Untuk itu kita bangsa Indonesia yang sudah merdeka harus tetap mengingat sejarah bahwa bangsa Palestina saat ini masih berjuang dengan menumpahkan darah untuk merebut kemerdekaannya. Untuk itu, kita wajib memberikan dukungan kepada mereka.

Muhammad Firmansyah melanjutkan, untuk memberikan dukungan bagi rakyat dan bangsa Palestina untuk merdeka, kita tidak mesti harus pergi ke sana untuk ikut berperang. Tetapi kita ikut berjuang melalui cara kita sendiri, antara lain dengan melakukan donasi atau pengumpulan dana yang nantinya dikirim kepada rakyat Palestina. Selain itu kita perlu memberikan semangat, dukungan melalui media dan bersama-sama berdo’a serta berbagi materi.

Sekda Karimun Muhammad Firmansyah saat menyampaikan orasi pada aksi bela Palestina di Coastal Area Tanjungbalai Karimun. (Foto: Humas Pemkab Karimun)

“Maka pada hari ini kita berkumpul di lapangan ini dengan meninggalkan pekerjaan dan segala aktivitas, tidak lain tidak bukan karena memiliki nasib sepenanggungan bagaimana untuk rakyat dan Palestina merdeka,” ungkapnya.

Sebelum menutup orasinya, Muhammad Firmansyah mengajak semuanya untuk meneriakan yel-yel “Free -Free Palestine” berulang kali dan ditutup dengan takbir Allahu Akbar

Aksi bela Palestina ini dikoordinir Komite Solidaritas untuk Rakyat Palestine (KNRP) ini juga dilakukan lelang dua buah foto Mesjid Al Aqsa yang sudah terbingkai dan terjual dengan harga Rp 15 juta dan Rp 10 juta

Selain itu juga dilakukan pengumpulan donasi untuk membantu rakyat Palestina

Aksi solidaritas Bangsa Palestina  yang dilaksanakan di Coastal Area Tanjungbalai Karimun ditutup dengan pembacaan do’a.

Sementara itu, Polres Karimun menerjunkan puluhan personelnya yang dipimpin langsung oleh Kapolres Karimun AKBP Fadli Agus dan didampingi Wakapolres Karimun Kompol Herie Pramono, Kabag Ops, Kasat Intelkam dan Kapolsek Balai memberikan
pengamanan dalam kegiatan aksi solidaritas untuk Palestina itu.

“Kegiatan pengamanan yang kami laksanakan hingga sampai akhir kegiatan ini berjalan dengan lancar, aman dan kondusif, tidak terjadi hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas,” ujar Kapolres Karimun.

Editor: Agung