Bidik Industri Galangan Kapal, Milwaukee Tool Ekspansi ke Batam

Commercial Director Milwaukee Tools Indonesia Husen Kasim saat memaparkan ekspansi bisnisnya ke Batam dan keunggulan berbagai produknya di Hotel Radisson Batam. (Foto: Saibansah/J5NEWSROOM.COM)

LAPORAN: Saibansah 

J5NEWSROOM.COM, Batam – Produsen perkakas tanpa kabel berusia 100 tahun asal Amerika Serikat (AS), Milwaukee Tool melebarkan sayap bisnisnya ke Batam. Targetnya, industri galangan kapal. Karena Kota Batam di mata manajemen Milwaukee Tool Indonesia, adalah pangsa pasar yang menarik dan menjanjikan. 

Demikian ungkap Commercial Director Milwaukee Tool Indonesia, Husen Kasim, saat konferensi pers di Radisson Golf & Convention Center, Batam, Rabu (29/11/2023). Tentu saja, selain membidik industri shipyard, Milwaukee Tool juga akan menyasar berbagai sektor lain di Kota Batam. “Kami ingin banyak pengguna dan industri di Batam dapat merasakan kualitas produk-produk Milwaukee Tool,” ujar Husen Kasim.

Menurut Husen, ekspansi Milwaukee ke Batam mendapat sambutan positif dari profesional di bidang industri. Dengan hadirnya Milwaukee di Batam, para profesional di bidang konstruksi dan manufaktur di Batam kini memiliki akses yang lebih mudah untuk mendapatkan perkakas profesional yang berkualitas tinggi. 

Batam dianggap kota yang strategis untuk pengembangan bisnis Milwaukee di Indonesia. Punya banyak industri dan pangsa pasar besar untuk perkakas alat berat maupun perkakas tangan. Ada empat bidang pengaplikasian untuk industri yang dipetakan Milwaukee di Batam yakni transportasi, metalworking, industri berat dan fasilitas perawatan dan perbaikan.

Milwaukee memetakan industri shipyard atau galangan kapal sebagai target pasar mereka. Industri ini masuk dalam kategori metalworking yang perkakasnya bisa disediakan Milwaukee. Selain shipyard, industri MRO atau maintenance repair overhaul pesawat juga menjadi target pasar. “Rata-rata 70 persen industri di Batam adalah metalworking,” ujar Husen Kasim.

Milwaukee, lanjut Husen, adalah perusahaan asal AS yang memproduksi perkakas listrik tanpa kabel, aksesori, perkakas tangan, dan penyimpanan modular. Produknya untuk pengguna profesional dan industri.

Seluruh produk perkakasnya nirkabel atau cordless, tapi memakai baterai yang bisa diisi ulang. Perkakas tanpa cabel atau cordless, adalah spesialisasi Milwaukee yang membedakan dari merek lain. Produk Milwaukee menjadi solusi untuk 22 pengaplikasian pekerjaan terutama industri. Misalnya, listrik, pipa saluran air, otomotif hingga metalworking.

Commercial Director Milwaukee Tools Indonesia Husen Kasim saat memaparkan ekspansi bisnisnya ke Batam dan keunggulan berbagai produknya di Hotel Radisson Batam. (Foto: Saibansah/J5NEWSROOM.COM)

Milwaukee Tool memiliki perkakas performa tinggi M18 FUEL, M12 FUEL dan MX FUEL, dengan lebih dari 400 produk perkakas nirkabel pada baterai litium. Milwaukee Tools menawarkan berbagai macam perkakas profesional semisal mulai dari bor, impact wrench, grinder, hingga alat-alat listrik lainnya. Kemudian peralatan keselamatan, hingga perlengkapan kerja. Produk-produk Milwaukee Tool dikenal dengan kualitasnya yang tinggi dan daya tahannya yang lama.

Di Indonesia, Milwaukee sudah beroperasi sejak Mei 2023 dengan dengan bendera prinsipal PT Milwaukee Tool Indonesia. Distribusi Milwaukee sudah mencapai semua negara di Asia dan terakhir Indonesia. Di Tanah Air, Batam menjadi satu-satunya kota distribusi Milwaukee di wilayah Sumatera. Selain Batam, Milwaukee memiliki dealer dan distribusi di Jakarta, Bandung, Surabaya, Balikpapan, dan Timika. Untuk Timika, Milwaukee ingin memasarkan produknya kepada perusahaan tambang, Freeport.

Konsumen bisa membeli perkakas Milwaukee di empat dealer di Kota Batam yaitu di dealer PT Long Time di Ruko Fanindo Blok E No. 12-12A Tanjung Uncang. Lalu dealer PT Han-Indo Millenium di Ruko Mahkota Raya Blok G No 1,2,3. Kemudian dua dealer lagi yakni PT Great Dynamic dan PT Beta Wijaya.

Milwaukee juga menyediakan layanan purnajual atau aftersales baik servis dan garansi. Untuk garansi, pembeli mendapat garansi satu tahun termasuk baterai dan charger. Layanan servis di Batam bisa mendatangi dealer tempat konsumen membeli perkakas Milwaukee.

Editor: Agung