Jelang Nataru 2024 Pemkab Lingga Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

Suasana Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Kesiapan Pengamanan Nataru 2024 di Wilayah Resor Lingga di ruang Rupatama Sanika Satyawada Polres Lingga di Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Rabu (20/12/2023). (Foto: Iwan/J5NEWSROOM.COM)Suasana Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Kesiapan Pengamanan Nataru 2024 di Wilayah Resor Lingga di ruang Rupatama Sanika Satyawada Polres Lingga di Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Rabu (20/12/2023). (Foto: Iwan/J5NEWSROOM.COM)

LAPORAN: Iwan Saputra

J5NEWSROOM.COM, Lingga – Bupati Lingga diwakili Asisten II Ekonomi Drs. Zainal Abidin, M.Pd menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Kesiapan Pengamanan Nataru (Natal 2023 dan tahun baru 2024) di Wilayah Resor Lingga di ruang Rupatama Sanika Satyawada Polres Lingga di Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Rabu (20/12/2023).

Rapat dihadiri, Wakapolres Lingga Kompol Adi Sumardi, S. Kom dan jajaran, instansi terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lingga, Forkopimda dan instansi vertikal terkait di Dabo Singkep.

Rapat koordinasi lintas sektoral tersebut dibuka KaroOps Polda Kepri Kombes Pol Ulami Sudjaja, S.H melalui sarana vicon. Ulami mengatakan, rapat koordinasi lintas sektoral ini dalam rangka kesiapan pengamanan menyambut Nataru 2024.

Untuk itu, kepada seluruh jajaran Polri dan semua stakeholder diharapkan dapat bekerjasama, bersinergi dan berkolaborasi dalam rangka memberikan pelayanan, keamanan serta kenyamanan bagi umat Kristiani pada perayaan Natal 2023 dan menyambut tahun baru 2024.

“Seluruh stakeholder jajajaran Provinsi Kepri dapat bekerjasama agar pada pelaksanaan Natal dan Tahun Baru 2024 mendatang berhasil menciptakan situasi kondisi yang aman dan kondusif serta dampak nya dapat dirasakan langsung oleh Masyarakat kita yang merayakan,” ujar Kombes Pol Ulami Sudjaja.

Sementara itu, Wakapolres Lingga KOMPOL Adi Sumardi, S. Kom dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa rapat koordinasi lintas sektoral ini dilaksanakan sebagai langkah awal persiapan dan sebagai wadah untuk memantapkan komitmen bersama dalam mengamankan pelaksanaan Natal tahun 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Kita ikuti rakor lintas sektor tersebut terkait kesiapan dari berbagai elemen dan instansi terkait agar pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru berjalan aman, lancar dan kondusif,”tegas Kapolres.

Pada kesempatan tersebut, para peserta rapat membahas berbagai aspek pengamanan, termasuk pengaturan lalu lintas, pencegahan tindak kriminal, antisipasi potensi konflik, dan upaya penanganan cepat terhadap situasi darurat. Selain itu, diperinci pula strategi pengamanan di titik-titik vital dan lokasi yang menjadi fokus keramaian selama libur Natal dan Tahun Baru.

Kompol Adi Sumardi menambahkan pada prinsipnya pelaksanaan pengamanan fokus pada tiga hal yaitu pengamanan perayaan Natal 2023 di masing-masing gereja yakni Polres Lingga membuat inovasi dengan membangun pos lonceng di setiap rumah ibadah bagi umat kristiani, pelaksanaan pengamanan tempat- tempat hiburan rakyat dan pengamanan arus mudik dan balik bertujuan untuk memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru.

“Rapat koordinasi lintas sektoral ini diharapkan dapat menjadi landasan yang kuat untuk menjamin kelancaran dan kesuksesan operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru di wilayah Kabupaten Lingga, Dengan kerjasama dan sinergis antarinstansi, diharapkan masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan aman, nyaman, dan damai” tutup Wakapolres.

Editor: Agung