Peringatan Isra’ Mi’raj di Masjid Istiqomah Sei Panas Batam Bahas Nasib Palestina

Ustadz Khairul Asman, S. Ag saat menyampaikan tausiahnya di Masjid Istiqomah Sei Panas Batam.  (Foto: Bulhasan/J5NEWSROOM.COM)

LAPORAN: Fifi Ch

J5NEWSROOM.COM Batam – Isra’ mi’raj. Perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW menjemput perintah shalat lima waktu. Diperingati dengan tausiah agama bertajuk ‘Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1445 H’ di Masjid Istiqomah Sei Panas Batam, Kamis (8/2/2024).

Dalam peringatan itu, Pengurus Masjid Istiqomah mengundang penceramah Ustadz Khairul Asman, S. Ag yang menyampaikan tema “Memahami Makna Shalat sebagai Benteng Keimanan yang Kokoh dalam Menjalani Kehidupan Sehari-hari”.

Ustadz Khairul Asman, S. Ag yang mamakai syal ‘Save Palestina’ itu mengungkapkan, Nabi Muhammad SAW sebelum menjemput perintah shalat, diperjalankan dari Masjid Haram di Makkah Saudi Arabia ke Masjid Aqsho di Palestina.

Ketua DKM Masjid Istiqomah Sei Panas Batam, Saparin (ketiga dari kanan) bersama dengan tokoh masyarakat Perumahan Nusa Jaya Batam. (Foto: J5NEWSROOM.COM)

“Rosulullah diperjalankan pada malam hari dari Masjid Haram ke Masjid Aqsho di Gaza Palestina, lalu diperjalankan ke Sidrotul Muntaha untuk bertemu Allah dan menerima perintah shalat lima waktu,” ujarnya.

BACA JUGA: Santri TPQ Masjid Istiqomah Galang Dana Palestina di Kompleks Nusa Jaya Batam

Ustadz Khairul Asman, S. Ag melanjutkan, dalam perjalanan yang hanya setengah jam dari Masjid Haram ke Masjid Aqsho di Palestina itulah yang kemudian dijadikan ‘senjata’ oleh Abu Jahal untuk menyerang Rosulullah sebagai orang yang tidak waras. “Karena saat itu, lama perjalanan dari Mekkah ke Palestina itu paling cepat tiga bulan,” tegasnya.

Sebelum menjemput perintah shalat lima waktu, lanjut Ustadz Khairul Asman, S. Ag, Rosulullah terlebih dahulu singgah di Masjid Aqsho. Karena itulah, kewajiban kita semua sebagai umat Islam untuk memperjuangkan keutuhan masjid bersejarah dan suci itu dari serangan zionis Israel.

Ustadz Khairul Asman, S. Ag berfoto dengan pengurus masjid dan tokoh Masjid Istiqomah Sei Panas Batam. (Foto: J5NEWSROOM.COM)

“Kita sebagai umat Islam adalah ibarat satu tubuh, jika ada satu anggota tubuh kita yang sakit, maka seluruh tubuh akan sakit. Begitu pula jika saudar kita di Palestina sakit, maka kita semua juga akan sakit,” paparnya seraya mengajak semua jamaah untuk berderma bagi warga Palestina.

BACA JUGA: Baznas Batam Gelar Khitanan Massal Gratis di Masjid Istiqomah Sei Panas Batam

Setelah menyimak tausiah, para jamaah pun diberi hidangan makan siang menu gulai kambing dan ayam serta menu-manu lezat lainnya. Ketua DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) Istiqomah Sei Panas Batam, Saparin kepada J5NEWSROOM.COM mengatakan, para peringatan Isra’ Mi’raj tahun ini, pihaknya mendapat bantuan dua ekor kambing dari anggota DPRD Kota Batam Partai Gerindra Ahmad Surya.

“Alhamdulillah, kita mendapat bantuan dua ekor kambing dari pak Ahmad Surya. Tidak hanya kambing, tapi juga dana untuk bumbu masaknya,” ujar Saparin sembari menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Ahmad Surya yang kembali mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Kota Batam itu.

Sementara itu, Bendahara DKM Masjid Istiqomah Sei Panas Batam Edy Darmansyah menambahkan, sepertinya Ahmad Surya mengetahui selera hidangan para jamaah Masjid Istiqomah, yaitu gulai kambing. “Seperti tahun lalu, pak Ahmad Surya juga membantu kambing, sepertinya beliau tahu selera jamaah Masjid Istiqomah,” ungkapnya.

Editor: Agung