Sekjen PBB Peringatkan Dunia Masuki Zaman Kekacauan

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres berbicara di markas PBB di New York, Rabu 7 Februari 2024. (Foto: voaindonesia)

J5NEWSROOM.COM, New York – Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, pada Rabu (7/2), menyampaikan penilaian yang serius terkait keadaan dunia.

Dunia sedang memasuki “jaman kekacauan”, kata dia. Satu hal yang secara dramatis hilang adalah “perdamaian dalam seluruh dimensinya”.

“Dewan Keamanan PBB, platform utama untuk perdamaian global, telah menemui kebuntuan karena perpecahan geopolitik. Ini bukan pertama kalinya Dewan Keamanan terpecah, tetapi ini adalah yang terburuk. Ketidakmampuannya menjalankan fungsinya kini semakin dalam dan semakin berbahaya,” kata Gutteres.

Gutteres menyampaikan pernyataan itu ketika berpidato dalam Sidang Umum PBB untuk memaparkan prioritasnya untuk tahun ini.

Dia meminta dilakukannya pembaruan bagi metode kerja Dewan Keamanan, supaya kesepakatan dapat dicapai meskipun para anggotanya mengalami perpecahan, dan memberikan kursi permanen bagi benua Afrika dalam dewan ini.

Dia juga meminta untuk “berdamai dengan planet ini” antara lain dengan mengurangi emisi sampai sebesar 45 persen pada 2030.

Sumber: voaindonesia.com
Editor: Agung