Bertempur di ‘Dapil Neraka’, anggota DPRD Batam Udin P Sihaloho Pamit

Anggota DPRD Kota Batam dan Caleg PDIP Udin P Sihaloho. (Foto: Aldy/BTD)

J5NEWSROOM.COM, Batam – Anggota DPRD Kota Batam dan Caleg PDIP Udin P Sihaloho pamit. Setelah empat hari pasca pesta demokrasi Pemilu 2024 lalu, Udin telah mengetahui hasilnya. Dirinya gagal melenggang lagi ke gedung DPRD Kota Batam.

Padahal, Udin telah memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Memainkan pola kampanye positif dalam berdemokrasi, memaparkan visi-misi dan kerja nyata bagi caleg yang incumbment. Menampung dan merealisasikan aspirasi masyarakat, baginya lebih berintegritas ketimbang memainkan politik uang.

Tetapi, meski telah 15 tahun menjadi anggota DPRD Kota Batam, tetapi ‘bertempur’ di ‘dapil neraka’ tidaklah mudah, termasuk bagi Udin. Karena Udin harus bersaing dengan 8 orang petahana untuk 7 kursi yang tersedia.

“Saya bangga meskipun tidak berhasil duduk, saya berhasil mempertahankan integritas, pola saya berpolitik,” kata Udin P Sihaloho, melalui sambungan telepon, Minggu (18/2/2024).

Udin menambahkan, dirinya telah punya data yang membuatnya yakin dirinya gagal kali ini. “Saya kan punya data, dari data itu saya meyakini 99 persen tidak berhasil,” sambungnya, dengan nada tegar.

Lebih lanjut, Udin mengungkapkan rasa bangga dalam melewati proses demokrasi dengan menjujung tinggi sebuah nilai integritas. Walau Ia merasakan kekalahan dalam kontestasi politik. Akan tetapi Ia merasa bangga tampil sebagai petarung demokrasi.

“Masyarakat yang memlih saat ini, sepertinya lebih pragmatis, lebih mementingkan uang receh ketimbang visi dan misi serta kerja nyata yang telah dibuat,” ungkap legislator 3 periode ini.

Sebagai petarung politik, Udin yang juga dikenal akrab dengan para wartawan itu telah menyampaikan salam perpisahan dan pamit kepada para warga Batam di akun Facebook pribadinya. Pada postingan itu, selain ucapan terimakasih kepada konstituen yang mau datang ke TPS dengan ikhlas memilihnya, Udin juga mengucapkan rasa hormat dan kagum kepada konstituen yang menjaga integritas dan dewasa dalam berdemokrasi.

Berikut postingan Udin P Sihaloho di akun Facebook pribadinya;

Assalamm’ualaikum Wr…Wb…
Shaloom…, Semangat Pagi & Salam Sejahtera bagi Kita semua…

Bapak/Ibu yg Saya hormati, Pemilu sdh berjalan sesuai dgn waktunya, lelah, peluh bahkan materi yg digelontorkan tentunya juga sangat besar.

Tentu saja dalam perjalanannya ada perbedaan pilihan diantara Kita, namun demikian janganlah itu menjadikan Kita semua yg bersaudara putus hubungan.

Demikian juga dgn Saya, yg merupakan salah satu kontestan yg ikut berkompetisi, sejak Periode I, 2009 – 2014, 2014 – 2019, & 2019 – 2024.

Semua Saya lalui dgn baik sehingga menghantarkan Saya utk duduk di Lembaga Legislatif selama 15 Tahun.

Dalam menjalankan tugas, mengemban amanah & menjadi Aspirator masyarakat Batam, pasti ada kekurangan Saya dalam masa periode tsb, oleh sebab itu, pada kesempatan ini, Saya mohon dima’afkan atas segala kekurangannya.

Pada Pemilu 2024 ini, Saya juga sdh mengikutinya, sebagaimana dgn periode ²× sebelumnya, Saya bertekad utk tetap menjaga idealisme & teguh pada prinsip, utk tidak melakukan cara ²× yg tidak terpuji, bahkan pada Banner & Baliho Saya, selalu Saya tekankan utk menolak Politik uang.

Namun apa mau dikata, mungkin masyarakat Kita yg  pragmatis lebih mendominasi, sehingga ketika Akoe datang dgn Visi, Misi serta karya nyata yg sdh dirasakan pun dapat terlupakan dalam sekejap.

Tapi…, yach…, sudahlah.., toch ada juga yg tanpa dibayar pun, rela utk datang ke TPS, menggunakan hak suaranya, juga saksi ²× di TPS yg rela menjalankan

Namun apa mau dikata, mungkin masyarakat Kita yg  pragmatis lebih mendominasi, sehingga ketika Akoe datang dgn Visi, Misi serta karya nyata yg sdh dirasakan pun dapat terlupakan dalam sekejap.

Tapi…, yach…, sudahlah.., toch ada juga yg tanpa dibayar pun, rela utk datang ke TPS, menggunakan hak suaranya, juga saksi ²× di TPS yg rela menjalankan tugasnya, meski sampai subuh bahkan 24 jam tidak istirahat hanya utk mengawal suara.

Terima kasih Saya ucapkan buat Anda semua yg sdh mendukung & berkorban selama masa Pencoblosan kemarin, Saya salut & apresiasi atas keteguhan & pengorbanan Anda. Anda adalah seorang Pejuang Demokrasi.

Demikian pula dgn mereka ²× yg menggadaikan hak suaranya dgn recehan yg diterima, Akoe mau katakan, kalian adalah seorang pecundang…!!! Pengecut & ikut menciptakan pemimpin yg kalian pilih kelak berlaku curang & culas hanya karena berfikir utk pengembalian modal yg sdh dikeluarkan.

Akhirnya…, Saya juga mengucapkan selamat buat Saudara/i koe yg terpilih utk periode 2024 – 2029 ini.

Semoga kalian semua amanah dalam menjalankan tugas, sebab 5 tahun bukan waktu yg lama, bekerja & bersuaralah utk kepentingan rakyat yg sdh memilihmu.

Buat Rekan ²× yg menjabat di Periode 2019 – 2024, juga Para Pegawai maupun OPD mitra Komisi, terima kasih atas kebersamaan Kita selama ini, semoga karier yg baik & kesehatan senantiasa ada pada Kita semua…

Wass…

Udin P Sihaloho, SH.

Editor: Agung