Kapal Ikan Raksasa Terbakar di Galangan PT BMS Tanjunguncang Batam

Penampakan kapal pascaterbakar di PT BMS Tanjunguncang pada Senin (19/2/2024) sore. (Foto: Irwan Hirzal/BTD)

J5NEWSROOM.COM, Batam – Kapal ikan berukuran besar yang tengah menjalani perbaikan di Galangan PT Batamitra Sejahtera (BMS) Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji Batam terbakar, Senin (19/2/2024) sore.

Kabakaran ini sempat membuat kawasan galangan kapal itu diselimuti asap hitam pekat. Bahkan, ketebalan asap membuat petugas pemadam kebakaran sedikit kesulitan untuk memadamkan api di atas kapal ikan itu.

Secara kasat mata dari luar kawasan perusahaan, kebakaran berpusat pada atas kapal. Meskipun api sudah tak terlihat lagi namun asap masih cukup tebal keluar dari bagian kapal yang terbakar.

Informasi yang didapat, kebakaran ini terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Api diduga berasal dari aktivitas pengelasan kapal yang berdekatan dengan boks penyimpanan ikan yang terbuat dari busa.

Api kemudian dengan cepat membesar ke seluruh haluan depan kapal dan boks-boks ikan tadi. “Itu kapal ikan dibeli dari luar (negeri) lagi perbaikan. Tadi ada yang ngelas rupanya percikan api las kena boks ikan yang ada busa itu, jadi terbakar lah,” ujar Bima, salah satu pekerja, yang saat ditemui baru keluar dari kawasan PT BMS.

Lanjutnya, saat kebakaran terjadi pekerja di dalam kawasan galangan itu sempat panik, namun tidak ada korban yang terbakar. “Korban terbakar belum ada nampak sih. Kapal itu besar makanya tak tahu kita ada korban tak di dalam. Api besar tadi,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Kapolsek Batu Aji, AKP Benny Syahrizal, membenarkan kejadian itu. Hanya saja, Kapolsek belum bisa memastikan penyebab kebakaran dan sejauh ini belum ada laporan atau temuan adanya korban di sekitar lokasi kejadian.

“Anggota masih di lapangan semua. Sejauh ini belum ada laporan ada korban,” kata AKP Benny.

Editor: Agung