Bupati Natuna Tutup Musrenbang di Gedung Sri Serindit Batu Hitam

Bupati Natuna, Wan Siswandi menutup Musrenbang Kabupaten Natuna 2024. (Foto: Sandra/J5newsroom.com)

LAPORAN: Sandra

J5NEWSROOM.COM, Natuna – Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) tingkat Kabupaten Natuna, yang digelar selama 3 hari, sejak Selasa, 5 Maret 2024 sampai Kamis 7 Maret 2024, ditutup secara resmi oleh Bupati Natuna, Wan Siswandi. Kamis 7 Maret 2024, sore.

Dari hasil Musrenbang yang dilaksanakan di gedung Sri Serindit Batu Hitam itu, diperoleh kesepakatan 158 item program Pembangunan.

Bupati Natuna Wan Siswandi dalam sambutannya saat menutup kegiatan mengatakan, 158 program tersebut merupakan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Natuna Tahun 2025.

Adapun prioritas pembangunan di tahun 2025 yakni, peningkatan ekonomi daerah, pembangunan infrastruktur wilayah dan peningkatan sumber daya manusia.

Sementara itu anggaran yang dibutuhkan guna mewujudkan prioritas pembangunan tersebut adalah mencapai Rp2,7 triliun.

Dengan rincian, Rp80,3 miliar untuk peningkatan ekonomi, Rp1,2 triliun untuk infrastruktur, dan Rp1,3 triliun untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Seperti yang kita ketahui bersama apa yang kita rencanakan jarang bisa direalisasikan semuanya, namun kita harus tetap berusaha,” kata Bupati.

Pembangunan di Natuna tidak akan berjalan dengan lancar jika hanya mengharapkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD),karena APBD yang di dapat oleh kabupaten terbilang kecil, hanya mencapai kurang lebih satu triliun.

“Pembangunan di Natuna akan lambat jika hanya diselesaikan dengan APBD, oleh karena itu bantuan dari APBD Provinsi, dan APBN sangat diperlukan,” tambah Bupati.

Guna mendapatkan bantuan tersebut, pemkab Natuna mendatangi pemerintah Provinsi Kepri, kementerian, dan lembaga.

“Saya bersama Pak Wakil akan melakukan koordinasi dan kunjungan ke kementerian, setelah kami buka jalan kami harap kepala dinas melanjutkannya,” tutup Wan Siswandi.

Editor: Agung