Dari Jayapura Dr Aqua Dwipayana Menyapa Teman-Teman se-Dunia

Dr Aqua Dwipayana saat akan terbang dari Yogyakarta ke Jayapura Papua. (Foto: J5NEWSROOM.COM)

J5NEWSROOM.COM, Jayapura – Setelah sekitar 3 tahun tidak ke Jayapura — terakhir bersama almarhum Letjen TNI Purn Dr (HC) Doni Monardo — Minggu malam (17/3/2024) dari Yogyakarta International Airport dengan transit di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, saya ke Jayapura, Papua.

Ada rasa syukur dan bahagia saat akan ke provinsi paling timur di Indonesia ini. Selain dari Jakarta butuh perjuangan ke sana dengan durasi penerbangan langsung sekitar 5,5 jam, juga sebelum mendarat di Bandara Sentani Jayapura melihat pemandangan danaunya yang indah.

Di samping itu saya membayangkan ketemu teman-teman di Papua. Mereka teman baik saya termasuk jenderal TNI yang paling paham tentang Papua, Mayjen TNI Izak Pangemanan. Pria berkarakter yang sebagian besar pengabdiannya di Papua ini sekarang menjabat Pangdam XVII/Cenderawasih.

Jadi sebelum terbang ke Papua, saya membayangkan hal-hal menyenangkan. Menemukan suasana baru yang berbeda situasi dan kondisinya dengan daerah lainnya di Indonesia.

Sebelumnya, saya telah bolak-balik ke Papua. Saat dua teman akrab saya bertugas di Papua yakni Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Purn George Elnadus Supit dan Kapolda Papua Komjen Pol Purn Boy Rafli Amar, saya mendapat amanah dari mereka hingga ke daerah-daerah tingkat II di Papua. “Blusukan” sampai ke pelosok. Melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada prajurit TNI dan Polri.

Akrab Berkomunikasi

Waktu itu saya ketemu dengan banyak warga asli Papua. Akrab berkomunikasi dengan mereka. Menyimak semua yang mereka sampaikan. Menarik sekali seluruh ceritanya.

Setiap saya menginformasikan ke teman-teman mau ke Papua, mereka umumnya berkomentar sama. “Jauh sekali. Saya belum pernah ke Papua. Bagaimana situasi di sana?” Ucap mereka senada.

Saya sangat bersyukur karena telah bolak-balik ke Papua. Mengeksplor semua rezeki dari TUHAN yang diberikan kepada provinsi ini. Menyenangkan sekali dan sangat membahagiakan. Alhamdulillah…

Selama di Papua saya tetap menyapa teman-teman se-dunia. Mereka tinggal selain di Indonesia, juga di mancanegara. Dengan mengirimkan beragam tulisan, video, dan foto-foto lewat WhatsApp. Mereka tergabung dalam Komunitas Komunikasi Jari Tangan.

Semoga semuanya selalu sehat dan bahagia bersama keluarganya dengan aktivitas masing-masing. Aamiin ya robbal aalamiin.

Dari Jayapura saya ucapkan selamat mensyukuri semua rezeki dari TUHAN dan menikmatinya dengan tetap berbagi kepada sesama.

Salam hormat buat keluarga.*

Editor: Agung