400 Atlet dari 35 Negara Adu Tangkas di Bintan Triathlon 2024

Para atlet mancanegara siap adu ketangkasan di event Bintan Triathlon 2024 di Kawasan Wisata Bintan Resorts, Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu-Minggu (1-2/6/2024). (Foto: Net)

J5NEWSROOM.COM, Bintan – Bintan Triathlon 2024 siap mengguncang Lagoi Bay di Kawasan Wisata Bintan Resorts, Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu hingga Minggu (1-2/6/2024).

Event yang digelar Bintan Resorts ini bekerja sama dengan Orange Room Pte Ltd, akan menjadi pesta olahraga yang spektakuler.

Sport tourism yang telah dilaksanakan 20 tahun di Pulau Bintan ini, menarik peserta dari 35 negara, termasuk Indonesia, Singapura, Malaysia, Australia, dan China. Sebanyak 400 atlet akan bersaing dalam beragam kategori perlombaan triathlon, menampilkan kecepatan dan ketahanan di tengah keindahan alam kawasan wisata pantai Bintan Resorts.

Rangkaian kegiatan dimulai Jumat (31/5/2024) dengan pengambilan race pack oleh peserta. Kompetisi resmi akan berlangsung pada Sabtu (1/6/2024) pagi di Pantai Lagoi Bay. Para triatlet Indonesia seperti Andy Wibowo, Inge Prasetyo, dan Chaidir Akbar akan turut serta dalam kompetisi kecepatan dan ketangguhan fisik ini, memberikan inspirasi dan semangat kepada peserta lainnya.

Jadwal lomba dimulai dengan pelepasan peserta kategori Enduro di garis start renang sejauh 1.500 meter, diikuti dengan sepeda 80 Km dan lari 20 Km, baik perseorangan maupun relay, menjadikannya kategori paling bergengsi bagi peserta berpengalaman. Kategori berikutnya adalah Olympic dan Sprint, yang menawarkan tantangan renang, sepeda, dan lari dengan jarak berbeda, memungkinkan partisipasi sesuai kemampuan dan target waktu masing-masing.

Pada Minggu (2/6/2024), acara akan semakin meriah dengan adanya kategori remaja (Youth) dan anak-anak (Kids Splash & Dash), bertujuan untuk menanamkan budaya berpartisipasi dalam olahraga dan menjalani gaya hidup sehat di kalangan anak-anak dan remaja.

Pendiri Trifactor, Elvin Ting, menyampaikan antusiasmenya dengan mengatakan, sangat gembira dapat menyambut para penggemar Trifactor Indonesia di Pulau Bintan yang menawan ini. “Luar biasa melihat begitu banyak anak muda berpartisipasi dalam edisi kali ini, menunjukkan masa depan yang cerah bagi perkembangan olahraga Triathlon,” ujarnya.

Semnatara itu, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Bintan, Arief Sumarsono, mengatakan ajang Bintan Triathlon 2024 bukan hanya sebuah perlombaan, tetapi juga sebuah perayaan kolaborasi dan dukungan dari berbagai sektor yang bertekad untuk mengembangkan pariwisata dan olahraga di Kabupaten Bintan. Serta untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif melalui partisipasi UMKM lokal, terutama di Kabupaten Bintan.

Dukungan luar biasa dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, dan Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Bintan, serta partisipasi aktif pemangku kepentingan seperti Bintan Resort Council dan sponsor seperti Herbalife Indonesia serta Zoot, tidak hanya memperkuat pelaksanaan sport tourism ini, tetapi juga meneguhkan komitmen bersama untuk mengembangkan pariwisata di Pulau Bintan.

“Serta meningkatkan perekonomian masyarakat dengan melibatkan banyak UMKM,” ungkapnya.

Chief Operating Officer (COO) Bintan Resorts, Abdul Wahab, menambahkan pihaknya terus melibatkan UMKM setempat dalam setiap kegiatan wisata, Bintan Triathlon kali ini menggandeng UMKM Bina Karya dari Desa Ekang Anculai, grup penjahit sebagai penyedia tas race pack bagi peserta, bekerja sama dengan UMKM Pioneer Sablon dari Desa Sebong Pereh di Kabupaten Bintan.

Selain perlombaan olahraga, Bintan Triathlon 2024 juga akan dimeriahkan dengan berbagai festival di Plaza Lagoi. Pengunjung dapat menikmati pertunjukan tari, musik kolintang, serta bazaar UMKM dalam suasana karnival yang semarak.

“Ini adalah kesempatan bagi wisatawan untuk merasakan keberagaman budaya dan kuliner lokal, sambil rekreasi dalam suasana festival olahraga di Pulau Bintan. Selain itu, pendaftaran untuk Bintan Marathon yang akan diadakan pada 26 Oktober 2024 akan dibuka secara resmi, bersamaan dengan pengumuman Tour de Bintan tahun 2025,” katanya.

Tidak hanya itu, CEO dari perusahaan media olahraga terkemuka, Wang Ye alias Kaka, menyoroti Bintan Resorts sebagai lokasi sport tourism yang ideal sepanjang tahun bagi atlet China. Bintan Marathon dan Tour de Bintan akan menarik peserta global, termasuk dari China, berkat keindahan alam Pulau Bintan dan fasilitas unggul di kawasan wisata Bintan Resorts, yang memperkuat daya tariknya sebagai destinasi sport tourism terkemuka di Pulau Bintan.

Editor: Agung