Dr Aqua Dwipayana Motivasi Karyawan Kedepankan Orientasi pada Pelanggan

Dr Aqua Dwipayana bersama pemilik Swiss-Belhotel Pangkalpinang dan La Terrase Bistro, Hongky Listiyadhi. (Foto: J5NEWSROOM.COM)

J5NEWSROOM.COM, Pangkalpinang – Untuk menciptakan kultur pelayanan yang baik dalam sebuah organisasi atau perusahaan diperlukan adanya perubahan titik pandang dari yang berorientasi pada internal menjadi berperspektif pelanggan atau pengguna jasa. Apalagi bagi organisasi yang bergerak di bidang pelayanan terutama perhotelan.

Hal itu ditegaskan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana dalam lawatan di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dalam kehadiran di kota yang terkenal sebagai daerah penghasil timah terbesar di Indonesia, guna melaksanakan serangkaian silaturahim serta Sharing Komunikasi dan Motivasi, Dr Aqua Dwipayana masih menyempatkan diri memenuhi undangan sharing serupa di lembaga lain secara mendadak.

Sebagaimana halnya Senin 3 Juni 2024, di sela aktivitas yang padat, doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut masih sempat melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajaran unsur pimpinan dan karyawan Swiss-Belhotel Pangkalpinang dan dan La Terrase Bistro yang letaknya di depan Swiss-belhotel Jl. Jenderal Sudirman No. 65 Pangkalpinang.

Sharing bertajuk “Giving Service Excellent” itu digelar di Sriwijaya Ballroom Swiss-Belhotel Pangkalpinang. Dr Aqua Dwipayana mendapat undangan “dadakan” dari sahabatnya, pemilik Swiss-Belhotel Pangkalpinang dan La Terrase Bistro, Hongky Listiyadhi.

Bapak dua putri itu memberi rejeki kepada Dr Aqua Dwipayana. Mendadak meminta pembicara laris itu berbicara di depan karyawan hotel dan kafenya pada Senin 3 Juni 2024 malam. Mulai pukul 19.00 sampai selesai.

Undangan itu diterima Dr Aqua Dwipayana secara lisan dari istrinya Hongky, Endang Sri Hastuti. Seusai sharing di Yayasan Pembinaan Anak Cacat Pangkalpinang.

Dr Aqua Dwipayana yang senang berbagi itu langsung menyanggupi. Koordinasi dengan General Manager Swiss-Belhotel Pangkalpinang Firman terkait acara tersebut.

Bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu sangat berterima kasih atas amanah yang diberikakan Hongky kepadanya untuk  memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada puluhan karyawannya.

“Selama saya bisa, insya Allah undangan untuk menyampaikan sharing adalah rejeki dan amanah bagi saya. Meski dalam waktu yang mepet karena agenda pekan ini yang cukup padat dari satu provinsi ke provinsi lain, saya tetap berkomitmen memberikan yang terbaik kepada para karyawan sebagai upaya membangun spirit dan motivasi dalam bekerja,” ungkap Dr Aqua Dwipayana yang juga Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat ini.

Sebelumnya, Dr Aqua Dwipayana melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di lingkungan Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Pangkalpinang. Mantan Ketua Umumnya Endang Sri Hastuti yang mengundang motivator kawakan itu.

Menurut Dr Aqua Dwipayana, di era digital saat ini mempersyaratkan “soft skill” yang harus dikembangkan oleh setiap pemimpin di semua level organisasi atau lembaga. “Soft skill” menyentuh lima aspek yakni keterampilan berkomunikasi, kemampuan untuk bekerja secara tim, kemampuan manajemen waktu, membuat keputusan, serta kepemimpinan atau “leadership” yang kuat.

“Komunikasi menjadi hal yang sangat penting. Kemudian, komunikasi efektif dan memberi kepuasan paripurna kepada pelanggan adalah prasyarat mendasar hadirnya budaya pelayanan sebuah lembaga atau organisasi,” kata motivator laris yang telah memotivasi lebih dari dua juta orang baik di Indonesia maupun di puluhan negara ini.

Dalam pernyataannya, penulis buku super best seller Trilogi The Power of Silaturahim itu mengungkapkan amanah bekerja di sektor perhotelan dan pariwisata agar dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan menghargai semua orang sebagai bagian dari pelayanan paripurna atau “service excellence”. Sehingga semuanya merasa nyaman saat berkomunikasi.

“Dengan komunikasi yang nyaman, para tamu akan merasa sangat dihargai dan tidak ragu-ragu menyampaikan berbagai informasi yang sedikit banyak info yang disampaikan mereka bermanfaat buat manajemen hotel untuk terus meningkatkan kinerja terbaik,” kata Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat ini.

Pria dengan jejaring pertemanan sangat luas itu juga menegaskan bahwa bekerja dalam tim yang kompak akan membuat seseorang semakin meyakini bahwa tugas setiap manusia adalah selalu bersyukur dan berbagi kepada sesama. Mensyukuri karena dapat berkontribusi secara nyata kepada timnya.

Tim yang efektif, menurut Dr Aqua Dwipayana, mendorong setiap anggota tim untuk menjadi komplemen atau pelengkap bagi yang lainnya, sehingga tercipta irama kerja yang kompak dan harmonis. Dengan begitu seluruh targetnya bakal tercapai bahkan bisa melebihi.

“Kita bisa saja menjadi pribadi yang hebat dengan bekerja sendirian, tetapi kerja secara tim akan membuat diri kita sadar bahwa kita juga manusia yang membutuhkan pertolongan orang lain. Mari saling melengkapi kekurangan sehingga tercipta kerja sama yang jujur dan hebat dalam sebuah tim,” kata Dr Aqua Dwipayana yang hobi silaturahim ini.

Sekilas Swiss-Belhotel Pangkalpinang

Sebuah hotel modern di pusat kota yang sangat ideal baik untuk pelancong bisnis maupun rekreasi. Swiss-Belhotel Pangkalpinang terletak di pusat kota di Pulau Bangka Belitung, di pulau Bangka yang sangat indah.

Pulau ini dikenal dengan pantai pasir putihnya yang indah, ombak yang tenang dan batu-batu granit besar serta batu karang; dengan laut Cina Selatan di sebelah utara, pulau kembar Belitung, terkenal dengan diving dan snorkelingnya, hingga ke timur dan ke selatan Laut Jawa.

Sungai Rangkui mengalir melalui kota, dekat dengan hotel yang berada di pusat kawasan bisnis, makan, dan hiburan. Di sebelahnya, Heritage House of Lay abad ke-19 dengan dekorasi antik Cina yang indah, adalah bangunan terkenal dan menjadi landmark kota Belitung.

Memiliki 144 kamar dan suites dengan desain kontemporer, Swiss-Belhotel Pangkapinang dirancang sebagai hotel yang mempunyai fasilitas terbaik di kota dengan pelayanan yang luar biasa. Serta tersedia kolam renang outdoor untuk dewasa dan anak-anak, dilengkapi dengan pusat kebugaran dan spa yang dapat Anda nikmati selama Anda menginap.

Swiss-Belhotel Pangkalpinang dirancang dengan baik, didesain untuk menciptakan kenyamanan buat para pelancong bisnis dan pencinta pantai yang berkunjung ke kota ini. Hotel ini juga dilengkapi dengan kamar spesial untuk yang memiliki kebutuhan khusus.

Bersamaan dengan area parkir yang luas, hotel kami juga dilengkapi dengan kamera keamanan CCTV 24 jam dan akses Wi-Fi diseluruh area hotel.

Visi dan Misi

Menjadi grup manajemen hotel dan perhotelan internasional terkemuka dengan reputasi yang baik dalam hal komitmen terhadap manajemen dan pelayanan yang prima, serta semangat dan profesionalisme yang menjadi inti dari brand Swiss-Belhotel International.

Filosofi Kemitraan yang Unggul karena kami percaya untuk bekerja sama dengan para pemilik dan investor, membangun kemitraan untuk mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Pimpinan: Firman (General Manager).

Nilai-Nilai yang selalu ditekankan pimpinan: Kerja tim, jujur dan etos kerja yang baik

Swiss-Belhotel Internasional

Didirikan pada 1987 dan berkantor pusat di Hong Kong, Swiss-Belhotel International dikenal sebagai salah satu grup manajemen hotel dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Swiss-Belhotel International menyediakan keahlian profesional dan layanan manajemen untuk hotel, resor, dan hunian berlayanan.

Berperingkat di antara 125 perusahaan manajemen hotel internasional teratas di dunia, Swiss-Belhotel International dengan portofolio yang terus berkembang lebih dari 135 hotel, resor, dan proyek, mengelola properti di 19 negara termasuk Tiongkok, Indonesia, Malaysia, Filipina, Vietnam, Bahrain, Mesir, Irak, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Australia, Selandia Baru, dan Tanzania.

Selain Kantor Pusat Perusahaan Grup di Hong Kong, operasi Swiss-Belhotel International di seluruh dunia yang didukung oleh Kantor Operasi dan Pengembangan Grup/Regional di Shanghai (Tiongkok), Hanoi (Vietnam), Bangkok (Thailand), Jakarta dan Bali (Indonesia), Sydney (Australia), Auckland (Selandia Baru), dan Dubai (Uni Emirat Arab).

“Berkomitmen untuk Keunggulan dalam Layanan dan Manajemen”, Swiss-Belhotel International membangun kemitraan dengan pemilik properti sehingga tujuan dan sasaran mereka tercapai dan kesuksesan serta pertumbuhan Swiss-Belhotel International terus berlanjut.

Perpaduan unik antara profesionalisme perhotelan Swiss dan semangat serta layanan yang terinspirasi dari Asia inilah yang benar-benar membedakan Swiss-Belhotel International dari perusahaan manajemen hotel lainnya.*

Editor: Agung