Dinas Kesehatan Gandeng BPJS Kesehatan Serahkan Sertifikat Universal Health Coverage Kabupaten Bintan 2024

Launching UHC di aula Bandar Seri Bentan Kabupaten Bintan. (Foto: Harjo/BTD)

J5NEWSROOM.COM, Bintan – Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan menggelar kegiatan penyerahan sertifikat Universal Health Coverage (UHC) Kabupaten Bintan Tahun 2024.

Predikat UHC ini tidak terlepas dari komitmen pemerintah daerah sebagaimana yang sering disampaikan Bupati Bintan Roby Kurniawan bahwa pelayanan kesehatan merupakan hak setiap warga masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Direksi Wilayah II BPJS Kesehatan Eddy Sulistijanto mengatakan, di Kabupaten Bintan sendiri sudah lebih dari 90% masyarakatnya terdaftar dalam BPJS Kesehatan sehingga program tersebut perlu diterapkan.

Pemerintah turut mendorong upaya peningkatan mutu layanan melalui penyediaan Fasilitas Kesehatan. Termasuk SDM kesehatan yang berkualitas, sehingga masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan yang bermutu dan memadai,” harapnya.

Bupati Bintan Roby Kurniawan menjelaskan, dalam rangka mewujudkan komitmen Pemerintah Kabupaten Bintan dalam menjamin pelayanan kesehatan maupun menjamin kesehatan dari setiap masyarakat maka terus dilakukan peningkatan kuota masyarakat yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Diketahui untuk total masyarakat yang terdaftar dalam BPJS Kesehatan dari tahun 2022 sebanyak 154.370 jiwa atau 91,10 persen. Kemudian pada tahun 2023 sebanyak 161.656 jiwa atau 93,35 persen dan pada tahun 2024 sebanyak 167.379 jiwa atau 96,66 persen yang artinya meningkat sebanyak 3000 jiwa.

“Launching UHC, adalah komitmen kita selama ini untuk memastikan jaminan pelayanan kesehatan bagi masyarakat terus berjalan. Selanjutnya komitmen tetap kit curahkan untuk meningkatkan serta memperkuat sarana dan prasarana medis khususnya di Rumah Sakit maupun di Puskesmas,” kata Roby, di Aula Bandar Seri Bentan, Selasa (25/6/2024).

Sebagai tindak lanjut dari UHC yang telah dicapai tentunya harus diimbangi dengan pelayanan kesehatan yang baik. Salah satu upaya yang telah dilakukan Pemerintah Daerah adalah PK akreditasi dengan hasil RSUD Bintan secara hebat berakreditasi Paripurna. Selanjutnya Puskesmas Teluk Sebong juga resmi berakreditasi Paripurna yang disusul Puskesmas Tanjung Uban terakreditasi Utama.

Disampaikan juga pada tahun 2024 ada 12 Puskesmas yang melakulan PK akreditasi dengan hasil 10 sertifikat dengan 4 sertifikat Predikat Paripurna dan 6 sertifikat Predikat Utama.

Editor: Agung