Simulasikan Invasi China, Taiwan Gelar Latihan Perang ‘Tanpa Skenario’

Seorang tentara mengibarkan bendera nasional Taiwan selama latihan militer tahunan Han Kuang di Taoyuan, Taiwan Utara, 26 Juli 2023. (Chiang Ying-ying/AP)

J5NEWSROOM.COM, Taiwan akan menyelenggarakan serangkaian latihan militer minggu depan yang akan mencakup pencegahan serangan terhadap bandara dan pelabuhan utama, serta menguji kemampuan pasukan untuk merespons skenario yang mirip dengan perkiraan invasi dari China.

Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan mengatakan bahwa latihan tahunan Han Kuang dan Wan An, antara 22 Juli dan 26 Juli, akan berfokus pada “latihan tempur tanpa skenario dan nyata.” Latihan ini akan mencakup latihan seperti berlindung di tempat dan peringatan latihan pertahanan udara.

Latihan ini dilakukan ketika China meningkatkan tekanan militer terhadap Taiwan, yang dipandang Beijing sebagai bagian dari wilayahnya. Beijing telah bertekad untuk menyatukan pulau yang diperintah secara demokratis itu dengan China, dengan cara paksa jika perlu.

Ketika Presiden Taiwan Lai Ching-te mulai menjabat pada bulan Mei, China melakukan latihan militer bergaya blokade di sekitar Taiwan, yang bertujuan untuk menguji kemampuannya untuk “merebut kekuasaan”. Beijing juga telah meningkatkan jumlah pesawat militer, kapal angkatan laut, dan kapal penjaga pantai yang beroperasi di dekat Taiwan.

Pada tanggal 11 Juli, kementerian pertahanan Taiwan mengatakan bahwa mereka mendeteksi 66 pesawat militer China yang beroperasi di sekitar pulau itu dalam waktu 24 jam, serangan mendadak terbanyak dalam satu hari pada tahun 2024.

Latihan Tanpa Skenario

Tidak seperti latihan Han Kuang di masa lalu, beberapa analis mengatakan bahwa latihan tahun ini akan lebih mendekati pertempuran yang sebenarnya karena pihak berwenang tidak akan mengumumkan skenario simulasi sebelum latihan.

“Latihan tahun ini adalah latihan tanpa skenario dan tujuannya adalah agar militer Taiwan dapat mengembangkan kemampuan untuk merespons dengan cepat dalam pertempuran yang sebenarnya,” ujar Su Tzu-yun, seorang pakar militer di Institut Penelitian Pertahanan dan Keamanan Nasional yang berbasis di Taipei, kepada VOA melalui telepon.

Dia mengatakan tujuan lain dari latihan ini adalah untuk meningkatkan moral pasukan dan kepercayaan publik terhadap kemampuan militer.

Selama segmen latihan tembak-menembak, kementerian pertahanan akan menguji kemampuan pertahanan pasukan pada malam hari untuk memastikan mereka dapat mengambil keputusan secara mandiri dan mengikuti aturan keterlibatan bahkan setelah kehilangan kontak dengan komando pusat.

“Ketika militer China meningkatkan kemampuan tempurnya di malam hari, pasukan Taiwan juga perlu memiliki kemampuan untuk siap bertempur kapan saja,” kata Chieh Chung, seorang peneliti militer di National Policy Foundation di Taiwan.

Karena militer China mungkin akan mencoba mengganggu komunikasi antara pasukan Taiwan melalui perang menggunakan perangkat elektronik dan informasi berskala besar, Chieh kepada VOA mengatakan penting bagi Taiwan untuk memastikan pasukannya “memiliki kemampuan dan kemauan untuk bertempur secara mandiri dalam pertempuran ketika mereka kehilangan kontak dengan komando pusat.”

Untuk mencegah pasukan China yang menyerang merebut infrastruktur penting di seluruh Taiwan, militer akan melakukan latihan anti-pendaratan di 12 bandara, pelabuhan, dan pantai di dekat pusat-pusat politik dan ekonomi utama.

Sebagai tanggapan, latihan tahun ini akan mencakup perbaikan landasan pacu, pemulihan kekuatan tempur, dan penanggulangan angkatan udara.

Su mengatakan bahwa latihan ini bertujuan untuk memastikan militer Taiwan mampu melakukan “pertahanan simultan di banyak titik” dan tidak hanya berkonsentrasi untuk mempertahankan satu infrastruktur tertentu.

“Latihan-latihan ini disimulasikan berdasarkan potensi invasi militer China, di mana pasukan China kemungkinan besar akan fokus untuk merebut bandara, pelabuhan, dan pantai di sekitar Taiwan,” katanya kepada VOA.

Sumber: voaindonesia.com
Editor: Saibansah