Khawatir Konflik Timur Tengah, Harga Minyak Justru Turun $1 Lebih

Meski konflik Timur Tengah dikhawatirkan akan meluas, harga minyak dunia justru turun lebih dari $1 per barel hari Kamis (1/8). (Foto: voaindonesia.com)

J5NEWSROOM.COM – Harga minyak dunia turun lebih dari $1 per barel hari Kamis (1/8) sementara pasokan global tampaknya tidak terpengaruh oleh kekhawatiran akan krisis Timur Tengah yang lebih luas setelah pembunuhan pemimpin Hamas di Iran. Investor sementara ini kembali berfokus pada kekhawatiran akan permintaan.

Harga minyak mentah berjangka Brent ditutup turun $1,32 menjadi $79,52 per barel, sedangkan minyak mentah West Texas Intermediate turun $1,60 menjadi $76,31.

Pada sesi sebelumnya, harga kedua minyak mentah itu melonjak sekitar 4% dipicu oleh kekhawatiran akan konflik yang lebih luas di Timur Tengah setelah tewasnya Ismail Haniyeh, menyusul terbunuhnya komandan militer paling senior Hizbullah di Beirut.

Namun begitu, para investor tetap mencermati gangguan apa pun, khususnya pada jalur pengiriman minyak, kata analis. Sejak meletusnya perang Israel dan Hamas, militan Houthi di Yaman yang didukung Iran telah menyerang kapal-kapal yang melewati Laut Merah. Akibatnya, kapal-kapal minyak memilih alternatif rute yang lebih panjang.

Pertemuan menteri-menteri dari negara-negara utama penghasil minyak OPEC+ memutuskan tidak akan mengubah kebijakan produksi minyak. Mereka juga akan tetap melaksanakan rencana untuk mulai menghentikan satu lapis pemotongan produksi mulai Oktober.

Sumber: voaindonesia.com
Editor: Dardani