Resmi, Wapres AS Kamala Harris Ditetapkan Sebagai Kandidat Capres Partai Demokrat

Wakil Presiden AS Kamala Harris sesaat setelah turun dari pesawat untuk menghadiri kampanye di Atlanta, Georgia, pada 30 Juli 2024. (Foto: Reuters/Dustin Chambers)

J5NEWSROOM.COM, Wakil Presiden Kamala Harris secara resmi kini telah ditetapkan sebagai kandidat utama calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat. Penetapan ini dilakukan setelah lima hari pemungutan suara secara online dilakukan oleh para delegasi Konvensi Nasional Partai Demokrat yang berakhir pada Senin (5/8) malam.

Melalui pernyataan yang dirilis sebelum tengah malam, Partai Demokrat menyebut bahwa 99% delegasi telah memberikan suara mereka untuk Harris. Mereka akan mengesahkan hasil pemungutan suara tersebut secara resmi sebelum diadakannya konvensi partai pada akhir bulan ini di Chicago.

Penetapan ini pun lantas mengakhiri periode penuh gejolak di dalam Partai Demokrat; dipicu penampilan debat Presiden Joe Biden yang buruk, serta pengunduran dirinya dari kontestasi pilpres.

Harris adalah seorang putri imigran yang naik melalui jajaran politik dan penegak hukum di California untuk menjadi wakil presiden perempuan pertama dalam sejarah AS. Setelah empat tahun pascagagal mencalonkan diri untuk pertama kalinya sebagai presiden, kini ia berhasil meraih tiket pencalonannya. 

Sumber: voaindonesia.com
Editor: Saibansah