Kritikus Israel Ilhan Omar Menangkan Pemilu Awal Partai Demokrat di Minnesota

Ilhan Omar, Anggota DPR AS dari Partai Demokrat, berbicara kepada para pendukungnya setelah mengumumkan kemenangannya dalam pemilihan pendahuluan Partai Demokrat di Minnesota di Nighthawks di Minneapolis, Minnesota, AS, 13 Agustus 2024. (Ben Brewer/REUTERS)

J5NEWSROOM.COM, Anggota DPR AS dari Partai Demokrat, Ilhan Omar, salah satu dari kelompok anggota DPR progresif yang dikenal sebagai “Squad” dan pengkritik keras tentang cara Israel melakukan perang di Gaza, telah memenangkan pemilihan pendahuluan di Minnesota.

Omar berhasil mempertahankan kursi Distrik ke-5 di wilayah Minneapolis dari mantan anggota Dewan Kota Minneapolis, Don Samuels, seorang liberal yang lebih sentris, yang juga ia kalahkan dengan selisih suara tipis pada pemilihan pendahuluan tahun 2022. Berbicara di hadapan para pendukungnya di Minneapolis, Omar menggaungkan sejumlah tema kampanye kepresidenan Harris-Walz.

“Kami menjalankan politik kebahagiaan,” katanya. “Karena kami tahu bahwa memperjuangkan tetangga adalah hal yang membahagiakan. Kami tahu bahwa adalah hal yang membahagiakan untuk memastikan bahwa perumahan adalah hak asasi manusia. Kita tahu bahwa memperjuangkan layanan kesehatan sebagai hak asasi manusia adalah hal yang membahagiakan. Kita tahu bahwa adalah hal yang membahagiakan untuk hidup di dunia yang damai dan adil.”

Omar terhindar dari nasib yang dialami oleh dua rekan sesama anggota Squad, yakni Cori Bush yang kalah dalam nominasi Partai Demokrat di Missouri minggu lalu dan Jamaal Bowman dari New York kalah dalam pemilihan pendahuluan pada bulan Juni.

Keduanya menghadapi penantang yang didanai dengan baik berikut jutaan dolar yang dikeluarkan oleh United Democracy Project, komite aksi politik besar yang berafiliasi dengan Komite Urusan Publik Israel Amerika, yang tampaknya melewatkan pemilihan di Minnesota.

Samuels telah mengkritik kecaman Omar terhadap penanganan pemerintah Israel atas perang Israel-Hamas. Meskipun Omar juga mengkritik Hamas, karena menyerang Israel dan melakukan penyanderaan, Samuels mengatakan bahwa Omar berat sebelah dan memecah belah. Dia juga menekankan masalah keamanan publik di Minneapolis, di mana seorang mantan polisi membunuh George Floyd pada tahun 2020.

Samuels mengatakan bahwa ia “sangat kecewa” dengan kekalahan tersebut.
“Apa yang saya harapkan adalah bahwa permainan di lapangan yang kuat dan perhatian terhadap orang-orang yang merasa terpinggirkan secara rinci akan mengalahkan keunggulan luar biasa dalam dolar,” katanya dalam sebuah wawancara. “Jelas uang lebih penting dalam politik daripada yang saya harapkan.”

Omar melaporkan telah mengumpulkan sekitar $6,2 juta. Samuels mengumpulkan sekitar $1,4 juta.

Omar akan menghadapi Dalia Al-Aqidi dari Partai Republik, seorang jurnalis Amerika keturunan Irak dan seorang Muslim sekuler yang menyebut Omar sebagai pro-Hamas.

Sementara itu, tokoh populis konservatif dan mantan pemain NBA Royce White mengalahkan veteran Angkatan Laut Joe Fraser dalam pemilihan pendahuluan di Minnesota untuk memperebutkan nominasi Partai Republik guna menantang Senator Amy Klobuchar dari Partai Demokrat pada bulan November mendatang.

Dan mantan jaksa federal Joe Teirab, yang didukung oleh mantan Presiden Donald Trump, Ketua DPR Mike Johnson sekaligus Komite Kongres Partai Republik Nasional, memenangkan pemilihan pendahuluan Partai Republik (GOP) untuk kursi Distrik ke-2 Minnesota yang dipegang oleh anggota Kongres dari Partai Demokrat, Angie Craig.

Lawannya, pengacara Tayler Rahm, memenangkan dukungan di konvensi distrik dengan dukungan dari kaum konservatif akar rumput. Meskipun Rahm mengumumkan pada bulan Juli bahwa ia menangguhkan kampanyenya dan akan menjadi penasihat senior untuk kampanye Trump di Minnesota, ia tetap masuk dalam daftar pemilih.

Teirab akan menghadapi Craig dalam apa yang diperkirakan akan menjadi pemilihan anggota DPR yang paling kompetitif di Minnesota pada bulan November.

“Hasil definitif malam ini mengirimkan pesan yang jelas bahwa Partai Republik bersatu dan siap untuk perubahan,” kata Teirab dalam sebuah pernyataan. “Kami siap mendukung kandidat yang akan memperkuat ekonomi kita, mengamankan perbatasan, dan memulihkan keamanan di komunitas kita.”

Craig mengeluarkan pernyataan yang menyebut Teirab sebagai “seorang pria yang baru-baru ini pindah ke distrik tersebut karena dia melihat peluang politik.”

“Dia adalah seorang pria yang telah menghabiskan waktu berbulan-bulan melakukan apa saja untuk memenangkan dukungan dari Partai Republik di Washington,” kata Craig. “Dan dia adalah seorang pria yang telah menjadikan misi hidupnya untuk mengambil kebebasan reproduksi dari keluarga dan menyerahkan keputusan tersebut kepada para politisi.”

Dalam pemilihan Senat AS, White – sekutu mantan ajudan Trump yang dipenjara, Steve Bannon, dan ahli teori konspirasi Alex Jones, mengejutkan banyak pengamat politik saat ia mengalahkan Fraser dalam konvensi partai untuk mendapatkan dukungan dari Partai Republik.

Komentar-komentar White di media sosial dikecam sebagai misoginis, homofobia, antisemit, dan tidak senonoh. Masalah hukum dan keuangannya, termasuk tunjangan anak yang belum dibayar dan pengeluaran kampanye yang dipertanyakan, termasuk $1.200 yang dihabiskan di sebuah strip club (kelab penari telanjang) di Florida setelah dia kalah dalam pemilihan utama melawan Omar pada tahun 2022. Dia berpendapat bahwa, sebagai orang kulit hitam, dia dapat memperluas basis partai dengan menarik pemilih kulit berwarna di wilayah Minneapolis-St. Paul dan orang lain yang kecewa dengan politik kemapanan.

Setelah kemenangannya, White mengatakan dalam sebuah unggahan di platform sosial X: “Ayo komunis… orang-orang akan datang.” Para pemimpin Partai Demokrat mengecamnya sebagai seorang ekstremis sayap kanan.

“Sementara penggunaan bahasa dan kebijakan Royce White berusaha untuk memecah belah warga Minnesota, Senator Amy Klobuchar fokus untuk menyatukan orang-orang untuk menyelesaikan sesuatu, dan dia secara konsisten berada di peringkat teratas sebagai salah satu legislator yang paling bipartisan dan efektif di Senat,” ujar Ken Martin, ketua Partai Demokrat negara bagian tersebut, dalam sebuah pernyataan. “Pilihan pada bulan November ini sangat jelas.”

Fraser mengatakan sebelumnya bahwa gaya dan pesan konfrontatif White tidak akan menarik kaum moderat dan independen yang dibutuhkan untuk melawan Klobuchar, yang sedang mengupayakan masa jabatan keempat.

Fraser mengatakan bahwa dia menawarkan pendekatan yang lebih mainstream, menekankan konservatisme fiskal, pertahanan yang kuat, kepemimpinan dunia, dan pemerintahan yang kecil. Fraser juga menyoroti pengalamannya selama 26 tahun di Angkatan Laut, di mana ia menjadi perwira intelijen dan menjalani tugas tempur di Irak.

Keduanya tidak memiliki sumber daya seperti yang dimiliki Klobuchar. White terakhir kali dilaporkan mengumpulkan $133.000, sementara Fraser mengumpulkan $68.000. Sementara itu, Klobuchar telah mengumpulkan sekitar $19 juta dalam siklus ini dan memiliki lebih dari $6 juta yang dapat digunakan untuk kampanye pemilihan umum.

Pertarungan lain antara Partai Republik yang mapan dan akar rumput terjadi di Distrik ke-7 Minnesota bagian barat. Anggota DPR dari Partai Republik yang didukung Trump, Michelle Fischbach, yang dianggap sebagai salah satu anggota Kongres yang paling konservatif, mengalahkan pengusaha kecil Steve Boyd.

Boyd maju dengan membawa isu agama dan menghalangi Fischbach untuk mendapat dukungan di konvensi distrik. Boyd dilaporkan menghabiskan $170.000, sementara Fischbach menghabiskan lebih dari $1 juta.

Di antara pemilihan pendahuluan legislatif pada hari Selasa (13/8), Partai Demokrat memilih mantan senator negara bagian Ann Johnson Stewart untuk menghadapi Kathleen Fowke dari Partai Republik dalam kontestasi yang akan menentukan tidak hanya partai mana yang mengendalikan Senat negara bagian, tetapi juga apakah Partai Demokrat akan mempertahankan kontrol “trifecta” (tiga jabatan tertinggi) mereka di kedua majelis dan kantor gubernur.

Partai Demokrat selama dua tahun terakhir menggunakan kekuasaan tersebut untuk meloloskan agenda ambisius yang membantu menempatkan Gubernur Tim Walz dalam radar Wakil Presiden Kamala Harris, sebelum ia memilihnya sebagai pasangannya.

Ini akan menjadi satu-satunya kursi Senat negara bagian dalam pemungutan suara bulan November nanti. Kursi di wilayah barat pedesaan Minneapolis telah dipegang oleh Kelly Morrison dari Partai Demokrat, yang akan menghadapi Tad Jude dari Partai Republik untuk memperebutkan kursi Distrik Kongres ke-3 Minnesota.

Sumber: voaindonesia.com
Editor: Saibansah