Hidup Sejati dengan Hidayah-Nya

Presiden Nusantara Foundation & Imam di Kota New York Amerika Serikat, Shamsi Ali Al-Kajangi. (Foto: Dok.Pri)

Oleh Shamsi Ali Al-Kajangi

SEMUA manusia di dunia ini merasa sedang menjalani kehidupannya. Dengan berbagai aktifitas dan kesenangan kemudahan (conveniences) hidup manusia terlena dengan zona nyamannya. Seolah semua terjamin dan pasti (taken for granted) dengan kehidupannya. Padahal jika kita mencoba menyelami lebih dalam lagi tentang hakikat kehidupan akan didapati betapa banyak di antara manusia yang sedang hidup dalam kepura-puraan.

Hidup kepura-puraan itu bisa dimaknai sebagai menjalani kehidupan dengan ketidak jujuran. Manusia berpura-pura kaya dengan harta dan dunianya. Tapi secara hakikat merana dengan kemiskinan. Manusia berpura-pura pintar. Tapi sejatinya sedang mengalami kebodohan yang menggelikan. Bahkan manusia berpura-pura beradab. Tapi menjalani kehidupan yang sangat biadab. Dan mereka tidak akan merasakan ketenangan hidup karena penuh dengan kebohongan (pada diri sendiri).

Hidup berpura-pura juga bisa dimaknai sebagai kehidupan yang tidak sejati. Merasa hidup tapi sejatinya mengalami kematian. Secara fisik dan material nampak hidup sehat dan kuat. Bahkan merasa dan dipandang sukses oleh banyak kalangan. Namun sejatinya mereka adalah “mayat-mayat” yang bergerak berjalan ke sana kemari di atas bumi ini.

Realita inilah yang disampaikan oleh Allah dengan sebuah penegasan dalam Al-Quran: “dan tidaklah mereka yang hidup sama dengan mereka yang mati” (Al-Quran, Fatir: 22).

Islam menyampaikan bahwa kehidupan yang sesungguhnya tidak sekedar hidup bahkan sehat dan kuat secara fisik. Tapi kehidupan yang mencakup tiga aspek dasar dari kehidupan manusia. Secara fisik kuat dan sehat. Secara akal tajam. Dan secara ruh (spiritual) sehat dan tajam. Ketika tiga aspek kehidupan ini hidup dan sehat maka itulah yang dikenal dalam Islam dengan “al-hayaah” (kehidupan). Dan manusia hanya akan menjadi manusia ketika ketiga hal ini hidup dan sehat.

Hidup hakiki seperti itulah yang diserukan Allah untuk dijaga. Sebagaimana firmanNya: “Wahai orang-orang yang beriman penuhi ajakan Allah dan RasulNya jika Dia (Allah/Rasulullah) mengajakmu kepada apa yang memberimu hidup”. (Al-Anfal: 24).

Yang Menghidupkan Itu Hidayah

Pertanyaan yang kemudian timbul adalah apa yang dimaksud dengan “apa yang memberimu hidup” pada ayat di atas? Para Ulama menyimpulkan bahwa “limaa yuhyiikim” atau yang memberi kehidupan yang dimaksud adalah “hidayah Allah dan RasulNya”. Keduanya terincikan dalam hadits: “saya tinggalkan dua hal untuk kalian yang jika kalian ikuti tidak akan tersesat selamanya. Kitab Allah dan Sunnahku”.

Urgensi hidayah bagi manusia sepenting hidupnya. Bahwa manusia sesungguhnya akan menyikapinya sebagaimana menyikapi hidupnya sendiri. Manusia akan melakukan segala hal untuk menyelamatkan hidupnya.

Bayangkan suatu ketika jika anda divonis kanker dengan level 4. Pastinya semua kepemilikan itu tiada lagi berguna. Yang berguna hanya yang dapat menyelamatkan hidup anda. Tapi pernahkah kita merasa bahwa segala hal dari hidup dunia kita ini tiada arti tanpa hidayah?

Sedemikian pentingnya hidayah untuk kehidupan sejati, setiap Muslim dituntut untuk meminta kepada Allah minimal 17 kali dalam Sholat-Sholat lima waktu: ya Allah tunjuki kami ke jalan lurus”. Kata “ihdina” (hidayah atau petunjuk) menjadi kunci utama dari doa yang diulang-ulang sepanjang hayat itu. Karena setiap insan Mukmin sadar hidup tanpa hidayah adalah kehidupan yang berpura-pura.

Itulah yang dipahami oleh para sahabat Rasulullah dan Ulama-Ulama Islam dan para pejuang Islam dengan keikhlasan. Abu Bakar rela menghabiskan harta kekayaannya untuk perjuangan Rasulullah karena sadar makna kehidupan sejati. Bilal dan Ammar rela menderita secara fisik dan batin karena tahu apa kehidupan yang hakiki.

Bukan seperti sebagian orang yang selalu mengukur kehidupan dengan nilai kesementaraan (dunia/materi) yang penuh dengan kebohongan dan tipu muslihat. Dan memburunya pula dengan berbagai tipu dan kebohongan. Percayalah orang seperti tak akan tenang dalam hidupnya. Dan lebih tragis lagi, penderitaan abadi menunggu di seberang sana.

Lalu apakah hidayah itu?*

NYC Subway, 20 Agustus 2024

Penulis adalah Putra Kajang di Kota New York Amerika Serikat. Naskah ini dikirim via japri oleh penulis ke J5NEWSROOM.COM, Selasa, 20 Agustus 2024