Pertikaian Mereda, Grup Musik Oasis Reuni, Umumkan Tur Dunia

Anggota grup musik Oasis, gitaris Gem archer (dari kiri ke kanan), gitaris utama Noel Gallagher, basis Andy Bell dan vokalis utama Liam Gallagher berpose untuk awak media dalam konferensi pers di Hong Kong, pada 25 Februari 2006. (Foto: Reuters/Paul Yeung)

J5NEWSROOM.COM, Grup musik rock legendaris asal Inggris, Oasis, mengumumkan pada Selasa (27/8) bahwa mereka akan kembali bergabung untuk tur dunia yang akan dimulai di Inggris tahun depan, menyusul berakhirnya pertikaian selama 15 tahun antara dua saudara Liam dan Noel Gallagher.

Grup tersebut, yang berkontribusi membuat era Britpop pada tahun 1990-an dengan sejumlah lagu andalan mereka seperti “Wonderwall”, “Don’t Look Back In Anger” dan “Champagne Supernova,” mengumumkan di platform X bahwa mereka akan menggelar konser di Cardiff, Manchester, London, Edinburgh dan ibu kota Irlandia, Dublin.

“[Bunyi] senjata telah meredam. Bintang-bintang kini telah sejajar. Penantian lama akhirnya tuntas juga. Datanglah. [Konser] ini tidak akan disiarkan di televisi,” ujar Oasis seraya memberikan detail terkait tur mereka, menyusul spekulasi dan petunjuk yang beredar terkait reuni grup musik tersebut beberapa hari terakhir.

Oasis akan memulai tur dunia mereka dengan pertunjukkan selama dua malam di Stadion Principality di Cardiff, Wales, pada 4 Juli 2025, sebelum tampil dalam enam pertunjukkan di Heaton Park di kampung halaman mereka, Manchester.

Grup musik itu kemudian akan melanjutkan turnya ke Stadion Wembley di London pada 2 dan 3 Agustus, Stadion Murrayfield di Edinburgh, Skotlandia, pada 8 dan 9 Agustus sebelum berpindah ke Croke Park seminggu kemudian.

“Rencana kini tengah dibuat agar Oasis dapat menggelar konser di luar benua Eropa tahun depan,” tulis pernyataan grup musik itu.

Reuni tersebut akan berlangsung 30 tahun setelah album Oasis “(What’s the Story) Morning Glory?” yang dirilis pada 1995. Album tersebut laku secara komersial dan dipuja banyak kritikus.

Pertikaian antara Gallagher bersaudara mencapai puncaknya saat keduanya berkelahi di Paris saat festival Rock en Seine berlangsung pada 2009, di mana saat itu Liam mematahkan salah satu gitar milik Noel.

Kedua kakak beradik tersebut belum pernah tampil dalma satu panggung sejak grup musik mereka bubar, namun keduanya masih sering memaintkan beberapa lagu hits dari band mereka secara terpisah.

Sumber: voaindonesia.com
Editor: Saibansah