Aldila Sutjiadi Melangkah ke Semifinal AS Terbuka

Petenis Aldila Sutjiadi bereaksi setelah berhasil memenangkan poin dalam pertandingan di ajang beregu putri melawan Thailand pada gelaran SEA Games Kamboja pada 9 Mei 2023. (Foto: Reuters/Cindy Liu)

J5NEWSROOM.COM, Petenis Indonesia Aldila Sutjiadi berhasil mengunci tiket babak semifinal ganda campuran dalam gelaran AS Terbuka 2024. Berpasangan dengan petenis senior asal India, Rohan Bopanna, Aldila berhasil mengalahkan unggulan keempat, Mathew Ebden dan Barbora Krecjikova lewat pertarungan super tiebreak 7-6 (4), 2-6, 10-7 dalam pertandingan pada Selasa (3/9) dini hari waktu Jakarta.

Pencapaian ini menjadi semifinal ketiga bagi Dila, panggilan akrab Aldila, dalam ajang Grand Slam. Sebelumnya pada 2023, Dila juga berhasil melangkah hingga ke babak semifinal di nomor ganda campuran dalam ajang Prancis Terbuka dan Wimbledon.

Pada AS Terbuka tahun ini, di nomor ganda putri, Dila yang berpasangan dengan petenis Jepang Ena Shibahara harus terhenti di babak kedua setelah takluk dalam pertandingan rubber set dari pasangan Tereza Mihalikova dan Olivia Nicholls 6-4, 5-7, 3-6.

Dengan berhasil melangkah ke semifinal, penampilan Dila di AS Terbuka menjadi yang terbaik dibandingkan tiga gelaran Grand Slam sebelumnya pada tahun ini. Pencapaian ini sekaligus dapat menjadi suntikan semangat bagi petenis berusia 29 tahun itu yang tengah berjuang menemukan pasangan yang cocok di nomor ganda putri yang menjadi spesialisasinya.

Dila, yang kini menduduki peringkat 42 dunia itu, mencatat hasil yang kurang menggembirakan di nomor ganda putri dalam ajang Grand Slam tahun ini. Di Australia Terbuka, ia langsung kandas di babak pertama. Performa membaik di Prancis Terbuka dan Wimbledon, di mana Dila mencapai babak kedua dan ketiga.

Begitupun di nomor ganda campuran, ia harus puas dengan finish di babak kedua pada ajang Australia Terbuka dan Wimbledon, serta tersingkir di babak pertama pada ajang Prancis Terbuka.

Di babak semifinal AS Terbuka nanti, Dila dan Bopanna akan menantang pasangan tuan rumah Donald Young dan Taylor Townsend, yang baru saja meraih gelar ganda putri dalam ajang Wimbledon.

Pertandingan semifinal tersebut akan digelar di Stadion Louis Armstrong pada Rabu (4/9) dini hari waktu Jakarta.

Sumber: voaindonesia.com
Editor: Saibansah