Gempa 6,3 Skala Richter Guncang Papua Nugini

Gempa 6,3 skala Richter melanda Laut Bismarck, lepas pantai Papua Nugini (foto: ilustrasi).

J5NEWSROOM.COM, Papua Nugini – Gempa berkekuatan 6,3 skala Richter melanda Laut Bismarck, di lepas pantai Papua Nugini pada Kamis, kata Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Gempa bumi dangkal yang terjadi jauh dari daratan tidak menyebabkan peringatan tsunami atau laporan kerusakan langsung. Pusat gempa berada sekitar 224 kilometer di timur laut kota Madang, di pantai utara Papua Nugini.

Papua Nugini sering mengalami gempa karena terletak di “Cincin Api” seismik, yang merupakan area dengan aktivitas tektonik tinggi yang membentang di sepanjang Asia Tenggara dan cekungan Pasifik. Meskipun gempa di daerah dengan kepadatan penduduk rendah jarang menyebabkan kerusakan besar, mereka bisa memicu tanah longsor yang berbahaya.

Pada April 2023, gempa berkekuatan 7,0 skala Richter menewaskan sedikitnya tujuh orang di kawasan hutan Papua Nugini. Selain itu, pada September tahun lalu, gempa berkekuatan 7,6 skala Richter menewaskan 10 orang, merusak ratusan rumah, memutuskan jalan, dan menyebabkan pemadaman listrik di wilayah utara negara tersebut.

Sumber: voaindonesia.com
Editor: Saibansah