Puluhan Tenda Bazar dan Pohon di Tanjungpinang Tumbang Dihantam Angin Kencang

Salah satu tenda yang tumbang dihantam angin kencang di Tanjungpinang. (Foto: Net)

J5NEWSROOM.COM, Tanjungpinang – Cuaca ekstrem melanda Kota Tanjungpinang pada Sabtu (14/9/2024) dini hari. Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi sekitar pukul 04.00 WIB ITU mengakibatkan kerusakan di sejumlah lokasi, termasuk kawasan Taman Gurindam 12, Tepi Laut Tanjungpinang, tempat puluhan tenda bazar UMKM hancur.

Selain merusak tenda, cuaca buruk ini juga menyebabkan pohon-pohon tumbang di berbagai wilayah kota. Salah satu lokasi terdampak adalah sekitar Polresta Tanjungpinang, di mana tumbangnya pohon menghambat lalu lintas dan mengganggu mobilitas warga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungpinang, Muhammad Yamin, mengungkapkan bahwa laporan pohon tumbang mulai diterima sejak pagi. “Tim Reaksi Cepat BPBD bersama BPBD Provinsi Kepri dan sejumlah pihak, termasuk Babinsa, Babinkamtibmas, serta masyarakat, segera turun untuk evakuasi dan pembersihan,” jelas Yamin.

Beberapa titik yang terdampak antara lain Perumahan Panglima Pangkopwilham, Kelurahan Tanjungpinang Kota; Jalan Sukajaya, Kecamatan Tanjungpinang Timur; dan Jalan Raya Uban Km 14, Kecamatan Tanjungpinang Timur. Pohon tumbang juga terjadi di Jalan Kapiten, Kelurahan Sei Jang, Kecamatan Bukit Bestari.

Akibat cuaca ekstrem ini, kerusakan fasilitas umum dan pohon tumbang menimbulkan kerugian material yang signifikan serta mengganggu aktivitas warga. BPBD terus berupaya membersihkan dan memastikan keamanan jalanan agar aktivitas lalu lintas bisa kembali normal.

Editor: Agung